Connect with us

    Berita

    11 Cara agar Bisa Cepat Tidur, Selamat Tinggal Insomia!

    Ingin cepat tidur? Cobalah cara ini agar kesehatanmu tetap terjaga.

    Published

    on

    Cara Agar Cepat Tidur

    IndoJurnal – Di zaman modern ini, semakin banyak orang yang sulit untuk tidur. Tak sedikit juga yang mencari bantuan dari tenaga medis untuk mencari cara agar cepat tidur.

    Tekanan dan stres menjadi salah satu faktor kenapa masalah ini muncul. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa seharusnya tidur antara 7-9 jam setiap malamnya.

    Namun, data menunjukkan bahwa sekitar 30% orang dewasa di seluruh dunia mengalami insomnia setiap tahunnya.

    Ada juga sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Sleep menemukan, konsumsi alkohol sebelum tidur justru membuat sulit untuk memasuki tahap tidur yang penting bagi pemulihan tubuh.

    Namun, dalam mengatasi kesulitan tersebut perlu diingat juga bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang yang berbeda-beda.

    Advertisement

    Beberapa cara yang bisa dilakukan

    Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara agar cepat tidur dengan alami.

    Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association juga menunjukkan bahwa teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan kualitas tidur.

    Berikut ini adalah beberapa cara cepat tidur yang bisa dilakukan oleh kamu:

    1. Menggunakan aromaterapi

    Minyak esensial seperti lavender atau peppermint dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres, sehingga memudahkan kita untuk tidur.

    Caranya, teteskan beberapa tetes minyak esensial tersebut ke dalam diffuser atau kain lap dan letakkan di sekitar kasur.

    Advertisement
    2. Mendengarkan musik meditasi

    Musik meditasi memiliki irama yang lambat dan tenang. Ini dapat membantu menenangkan pikiran dan mempercepat proses deep sleep.

    Pilihlah musik yang sesuai dengan selera dan dengarkan dengan volume yang lembut.

    3. Melakukan stretching ringan

    Melakukan stretching ringan sebelum tidur dapat membantu meredakan ketegangan pada tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

    BACA JUGA :  Tempat Jogging di Jakarta yang Asik buat Kamu Coba, Ada di Sini

    Untuk itu, cobalah melakukan gerakan yoga sederhana seperti child’s pose atau happy baby pose.

    4. Menggunakan teknik acupressure

    Kamu bisa mencoba teknik acupressure untuk mengatasi masalah insomnia. Teknik ini menggunakan cara dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh untuk meredakan ketegangan dan memperlancar aliran darah.

    Advertisement

    Titik-titik tersebut dapat ditekan dengan jari atau menggunakan alat khusus seperti bola pijat. Cobalah menekan titik-titik pada telapak kaki atau tangan sebelum tidur.

    5. Menghindari konsumsi makanan berat

    Makanan berat yang mengandung banyak lemak atau karbohidrat sehingga membuat pencernaan menjadi lambat dan sulit untuk tidur.

    Sebaiknya hindari makan makanan berat beberapa jam sebelum tidur dan pilihlah makanan yang lebih ringan seperti buah-buahan atau salad.

    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno
    6. Mengatur pencahayaan

    Pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup dapat mengganggu kenyamanan tidur. Oleh karena itu, cobalah mencari pencahayaan yang pas.

    Atur pencahayaan kamar agar lebih tenang dan nyaman. Gunakan lampu yang lebih lembut atau tambahkan tirai yang lebih tebal.

    Advertisement
    7. Mengonsumsi suplemen melatonin

    Melatonin merupakan hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur dan bangun tubuh.

    Konsumsi suplemen melatonin dapat membantu mempercepat proses dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

    8. Melakukan latihan pernafasan

    Bernafas dengan dalam dan teratur dapat membantu memperlancar aliran darah dan menenangkan pikiran. Salah satu latihan pernafasan yang dapat dilakukan adalah teknik 4-7-8.

    Caranya, kamu harus mengambil napas dalam-dalam selama 4 detik, tahan nafas selama 7 detik, dan keluarkan nafas secara perlahan selama 8 detik. Ulangi teknik ini sebanyak 3-4 kali sebelum tidur.

    BACA JUGA :  Bintang Terbesar Ini di Angkasa Ternyata Mengalahkan Matahari
    9. Menjaga suhu kamar

    Suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu kenyamanan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sleep Medicine Reviews, suhu ideal untuk tidur adalah sekitar 18-21 derajat Celsius.

    Advertisement

    Selain itu, penggunaan selimut yang tipis dan ringan juga dapat membantu mengatur suhu tubuh dan membuat kita merasa lebih nyaman.

    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!
    10. Membaca buku

    Cobalah untuk membaca buku setelah berada di kasur. Cara ini dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres.

    Namun, buku yang dibaca sebaiknya bukanlah buku yang terlalu menarik atau seru, karena hal tersebut justru dapat membuat kita semakin sulit untuk menutup mata.

    Pilihlah buku yang ringan dan santai, seperti buku tentang alam atau buku cerita yang menenangkan.

    11. Minum Teh Chamomile

    Teh chamomile memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan memudahkan kamu untuk beristirahat.

    Advertisement

    Selain itu, teh chamomile juga mengandung senyawa flavonoid dan asam fenolat yang dapat membantu meningkatkan kualitas istirahatmu.

    Minumlah satu atau dua cangkir teh chamomile sebelum tidur agar membantu istirahat malammu dengan nyenyak.

    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru

    Itulah beberapa cara agar cepat tidur yang bisa kamu lakukan. Namun yang harus dipahami, cara ini mungkin tidak berhasil untuk sebagian orang karena kebutuhan yang berbeda-beda.

    Jika masalah ini tidak kunjung mereda atau bahkan semakin parah, ada baiknya kamu segera meminta bantuan tenaga medis. Bisa saja, kesulitan ini karena ada masalah lainnya di dalam tubuh.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement
    Advertisement

    Trending