Connect with us

    Berita

    11 Persiapan Sekolah untuk Bantu Anak Hadapi Tantangan Baru

    Published

    on

    Persiapan Sekolah

    IndoJurnal – Saat mendekati waktunya masuk sekolah, penting bagi orang tua dan anak-anak untuk mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan yang matang akan membantu anak-anak merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan baru di lingkungan sekolah. 

    Baik untuk anak yang baru akan masuk sekolah, atau yang telah naik ke tingkat selanjutnya pada tahun ajaran baru ini, tetap perlu persiapan, ya. Yuk simak apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan!

    Persiapan masuk sekolah

    1. Bicara pada anak tentang sekolah

    Sebelum hari pertama sekolah, bicarakan dengan anak tentang apa yang diharapkan di sekolah dan jelaskan bahwa ini adalah pengalaman baru yang menyenangkan. Diskusikan kegiatan apa yang mungkin mereka lakukan dan tunjukkan dukungan serta kegembiraan.

    2. Membiasakan diri dengan jadwal bangun pagi

    Mendekati hari pertama sekolah, mulailah membangun kebiasaan bangun pagi. Sebagai persiapan agar anak-anak terbiasa dengan jadwal yang akan mereka hadapi di sekolah. Ini membantu mereka untuk tidak merasa terlalu kaget saat harus bangun lebih awal.

    3. Mengulang materi pelajaran

    Jika anak-anak telah belajar di tingkat sebelumnya, ulangi materi-materi yang telah mereka pelajari. Ini membantu mereka untuk tetap terhubung dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki sebelumnya.

    Advertisement

    4. Membeli perlengkapan sekolah

    Ajak anak membeli perlengkapan sekolah yang diperlukan, seperti tas, buku, alat tulis, dan peralatan lainnya. Pastikan mereka memiliki semua yang mereka butuhkan agar mereka siap untuk belajar.

    5. Persiapkan tas sekolah

    Bantu anak-anak mengatur tas sekolah mereka dengan rapi sebelum hari pertama sekolah. Ajarkan mereka untuk membawa hanya perlengkapan yang diperlukan agar tas tidak terlalu berat.

    6. Atur pola makan yang sehat

    Pastikan anak-anak mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ajari mereka tentang pentingnya buah-buahan, sayuran, dan sumber makanan lain yang seimbang untuk menjaga energi dan konsentrasi mereka di sekolah.

    BACA JUGA :  7 Rekomendasi Salep Alergi untuk Kulit Gatal, Tersedia di Apotek

    7. Membuat jadwal harian

    Sebagai persiapan sekolah, bantu anak-anak membuat jadwal harian yang mencakup waktu untuk belajar, bermain, dan istirahat. Ini membantu mereka mengatur waktu dengan efektif dan menghindari kelelahan.

    8. Mempersiapkan seragam sekolah

    Pastikan anak-anak memiliki seragam sekolah yang sesuai dan dalam kondisi baik. Cuci dan setrika seragam secara teratur untuk menjaga kebersihan dan penampilan yang rapi.

    Advertisement

    9. Membuat rutinitas tidur yang konsisten

    Bantu anak-anak untuk mengembangkan rutinitas tidur yang konsisten, jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah. Tentukan waktu tidur yang cukup untuk usia mereka dan pastikan mereka bisa tidur dengan nyaman.

    10. Persiapkan transportasi

    Jika anak-anak menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi untuk pergi ke sekolah, persiapan transportasi sangat penting. 

    Pastikan anak-anak mengenal rute dan jadwal transportasi yang mereka gunakan untuk pergi ke sekolah. Ajarkan mereka bagaimana menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dengan aman.

    Diskusikan juga pada anak tentang pentingnya keselamatan saat menggunakan transportasi. Ajarkan mereka untuk mematuhi aturan keselamatan dan tetap waspada selama perjalanan.

    11. Komunikasi dengan pihak sekolah

    Komunikasi yang baik antara orang tua, guru, dan sekolah sangat penting untuk mendukung perkembangan anak di sekolah. Hadirilah pertemuan orang tua yang diadakan oleh sekolah. Ini memberikan kesempatan untuk bertemu dengan guru dan mendapatkan informasi tentang perkembangan anak.

    Advertisement

    Selain itu, sering-seringlah menghubungi guru atau wali kelas anak, untuk mendapatkan pembaruan tentang perkembangan anak. Ini memungkinkan untuk membangun kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru.

    Baca Juga: Sudah Cair pada 30 Mei, Ketahui Cara Cek Penerima KJP 2023

    Persiapan matang akan membantu anak adaptasi

    Persiapan masuk sekolah merupakan langkah penting dalam membantu anak-anak menghadapi perubahan dan tantangan baru. Dengan melakukan persiapan, anak-anak dapat merasa lebih siap dan percaya diri saat memasuki sekolah.

    BACA JUGA :  8 Rekomendasi Hotel Murah di Bandung, Liburan Makin Hemat!

    Namun, setiap anak memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Jadi pastikan untuk menyesuaikan persiapan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing anak, ya!

    Sumber: Kidscape, Scholastic

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending