Connect with us

    Berita

    3 Stadion Bersejarah di Indonesia yang Kini Hanya Tinggal Kenangan

    Published

    on

    Stadion di Indonesia

    IndoJurnal – Stadion sepak bola di Indonesia kini sedang menjamur, meski bukan stadion besar dan sifanya adalah mini stadium.

    Tapi tahukah kamu, kalau ada beberapa stadion di Indonesia yang sudah tidak ada dan diruntuhkan. Peran stadion bagi sepak bola adalah vital. Jika tidak ada staudion, ya tidak ada pertandingan sepak bola.

    Maka dari itu, stadion adalah sentra pertandingan sepak bola agar bisa dinikmati oleh orang banyak yang mencari hiburan dari cabor ini.

    Sayangnya, tidak semua nasib stadion ataupun lapangan sepak bola masih berdiri tegak hingga saat ini.

    Bahkan ada yang hilang entah ke mana, padahal stadion tersebut memiliki kenangan dan sejarah bagi perjalanan sepak bola Indonesia.

    Advertisement
    BACA JUGA: Wow! Aktor Ganteng Korea ini Jadi Inspirasi Dibalik Nama Asli Jennie BLACKPINK

    Sebut saja ada Stadion IKADA di Jakarta. Stadion tersebut adalah rumah bagi Persija dan Timnas Indonesia. Stadion yang berada di kawasan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dirubuhkan karena akan dibangun Monumen Nasional alias Monas.

    Ada juga yang harus rela berganti sarana dari olahraga ke sarana transportasi. Meski hanya berganti sarana, namun tetap saja sejarahnya hilang dengan sendirinya.

    BACA JUGA: Sejarah Pelita Jaya, Klub Raya dengan Sederet Bintang Kelas Dunia

    Lalu lapangan dan stadion lain apa saja yang sudah runtuh?

    1. Stadion Persija Menteng, Jakarta

    Stadion Menteng, begitu warga Jakarta menyebutnya. Stadion yang sudah dibangun pada 1926 itu kini sudah tidak ada jejaknya.

    Berada di kawasan elite Menteng, stadion bernama resmi Stadion Persija ini dulunya ada milik klub VIOS. Namun setelah kemerdekaan, presiden Soekarno memberikannya kepada Persija.

    Menteng harus hilang karena digusur oleh Pemprov DKI Jakarta pada 2006. Hal ini membuat Persija kehilangan rumah yang dijadikan sebagai kantor, latihan tim profesional, dan tempat kompetisi internal Persija.

    Advertisement
    2. Sanggraha Pelita Jaya Lebak Bulus, Jakarta

    Stadion milik Pelita Jaya ini juga sudah digusur karena dijadikan Depo untuk MRT. Padahal, di stadion inilah Pelita Jaya sempat bermarkas.

    Pada era 2000an awal, stadion ini identik dengan Persija Jakarta. Stadion ini juga menjadi rumah bagi PSJS Jakarta Selatan dan sempat digunakan Persijatim Jakarta Timur dan Persitara Jakarta Utara.

    BACA JUGA: Survei Charta Politika: Presiden Jokowi Dukung Prabowo Subianto, Publik Kecewa
    3. Lapangan Cilentah, Bandung

    Ini lapangan merupakan lapangan lama Persib Bandung. Saat masih era 1930an, Persib yang merupakan bond sepak bola lokal harus bermain di pinggiran karena tengah kota dikuasi VBBO yang merupakan klub dari kalangan Eropa-Belanda.

    Persib bermain di pinggiran kota Bandung, seperti Ciroyom dan Tegalega, selain di Cilentah. Konon, Lapangan Cilentah adalah lapangan pertama Persib saat berdiri. Namun, lapangan ini hilang entah ke mana dan tak ada lagi yang tahun keberadaannya.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending