Connect with us

    Berita

    5 Kenangan di Stadion Persija Menteng, Rumah Si Macan Kemayoran

    Published

    on

    Stadion Persija Menteng

    IndoJurnal – Stadion Persija di Menteng punya kenangan tersendiri bagi warga Jakarta. Meski sudah dibongkar pada 2006, stadion ini terasa abadi bagi sebagian pecinta Persija.

    Stadion Menteng awalanya dibangun sebagai fasilitas perkomplekan mewah Menteng jaman Belanda. VIOS (Voorwarts Is Ons Streven) adalah klub yang bermarkas di stadion tersebut.

    VIOS adalah klub kuat VBO (Perkumpulan sepak bola orang Belanda di Batavia). Namanya tersohor ke seluruh penjuru Batavia karena memiliki fasiltas mewah pada masanya.

    Namun setelah Indonesia merdeka, VIOS bubar dan Stadion Menteng menjadi milik Persija sesuai dengan pemberian Presiden Soekarno.

    Selama bertahun-tahun, Menteng adalah rumah bagi Persija. Klub tersebut menggelar kompetisi internal, latihan, dan kegiatan lainnya di stadion ini.

    Advertisement

    Namun 2006, adalah akhir dari Menteng. Stadion tersebut dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta, yang notabene adalah pembina Persija, dan dijadikan taman.

    BACA JUGA: Survei Charta Politika: Presiden Jokowi Dukung Prabowo Subianto, Publik Kecewa

    Kenangan di Stadion Persija Menteng

    Lalu kenangan apa saja yang ada di Stadion Menteng? IndoJurnal merangkungnya dengan sangat singkat namun padat.

    BACA JUGA :  Ridwan Kamil Sosok Tepat untuk Ganjar dan Prabowo, Ini Alasannya!
    1. Kandang Persija Jakarta

    Persija menggelar pertandingan home, latihan, kompetisi internal, hingga kegiatan organisasi di stadion ini. Meski terbilang tak sebesar Stadio Utama Gelora Bung Karno, Menteng menjadi rumah yang nyaman bagi Persija.

    Pasalnya, semua kegiatan bisa dilakukan di lapangan ini, hal yang tak bisa dilakukan Persija setelah Menteng digusur.

    2. Kejayaan UMS

    Stadion Menteng menjadi salah satu stadion yang merekam kejayaan UMS pada era 1960an. Sebagai klub internal Persija, UMS kerap bertanding di stadion ini.

    Advertisement

    Pada 1960an, UMS menguasai kompetisi. Mereka bahkan menjadi pondasi kuat Persija pada 1964 yang juara PSSI tanpa terkalahkan.

    3. Festival musik alternatif

    Pada era 1990an, Stadion Menteng pernah menjadi tempat acara musik alternative. Era itu memang banyak band-band Jakarta yang membuat acara musik. Salah satu band ngetop yang manggung adalah Waiting Room.

    BACA JUGA :  Doa Ketika Turun Hujan dalam Bahasa Arab, Latin dan Maknanya
    BACA JUGA: Sejarah Pelita Jaya, Klub Raya dengan Sederet Bintang Kelas Dunia
    4. Tempat seleksi Persija U-18

    Menteng juga menjadi tempat seleksi Persija U-18 yang berlaga di Piala Soeratin. Beberapa pemain besar juga lahir dari tim Persija U-18 yang digodok di Menteng.

    5. Somay Hasan

    Di Stadion Menteng, ada tukang somay legendaris bernama Hasan. Ia datang sejak awal 1980an di Stadion Menteng. Somaynya enak dan rasanya khas. Tak heran pengurus dan bahkan pemain akrab dengannya.

    Kini, Hasan sudah tidak dagang di kawasan Menteng. Ia dagang di Bekasi sejak Covid-19 ‘menyerang’ karena pemasukan yang minim saat pandemi.

    Advertisement
    BACA JUGA: Wow! Aktor Ganteng Korea ini Jadi Inspirasi Dibalik Nama Asli Jennie BLACKPINK
    6. Kandang Pelita Jaya

    Stadion Menteng juga pernah menjadi kandang sementara Pelita Jaya di kompetisi Galatama. Mereka menggunakan Menteng menunggu proses Stadion Lebak Bulus milik mereka rampung.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending