Connect with us

    Berita

    5 Mukjizat Nabi Musa yang Tertulis dalam Kitab Suci Al-Qur’an

    Published

    on

    Mukjizat Nabi Musa

    IndoJurnal – Nabi Musa AS adalah salah satu dari 25 nabi dan Rasul yang menerima wahyu langsung dari Allah SWT.

    Sang nabi tentunya harus menyampaikan apa isi wahyu tersebut pada kaumnya. Namun, hal menarik dari cerita para nabi adalah mukjizat atau keajaiban yang mereka dapatkan, termasuk pula mukjizat Nabi Musa.

    Nabi Musa lahir saat Firaun berkuasa. Sang istri menemukan Musa kecil pada tepian sungai Nil. Lantas, Musa pun dibesarkan sebagai putra Firaun.

    Nabi Musa AS termasuk dalam kelompok lima nabi dan rasul yang disebut ‘ulul ‘azmi, yaitu mereka yang memiliki keteguhan hati yang luar biasa dalam menyampaikan risalah Allah SWT meski selalu berhadapan dengan keengganan dan kekerasan dari umatnya.

    Dalam ceritanya, Allah SWT mengutus Musa AS sebagai nabi dan memerintahkannya untuk membebaskan kaum Bani Israel dari perbudakan Mesir.

    Advertisement

    Mukjizat Nabi Musa tertulis dalam Al-Qur’an

    Alquran menyebutkan berbagai keajaiban pada Nabi Musa AS sebagai bukti kekuasaan Allah SWT. Salah satu mukjizat yang sangat menakjubkan adalah ketika tongkat Nabi Musa AS berubah menjadi ular yang ganas, kemudian kembali menjadi tongkat seperti semula. 

    Selain itu, Allah SWT juga memberikan keajaiban lain berupa tangan Nabi Musa yang bisa berubah menjadi putih bersinar, menunjukkan kekuasaan-Nya. Berikut mukjizat Nabi Musa AS lainnya yang menjadi bukti kuasa Allah SWT:.

    1. Mampu membelah lautan

    Nabi Musa AS memperoleh mukjizat membelah Laut Merah, menciptakan jalan bagi kaum Bani Israel untuk melintas dengan selamat. Ini menjadi salah satu bukti nyata atas kekuasaan dan perlindungan Allah SWT dalam melindungi umat-Nya.

    Mukjizat Nabi Musa

    Ilustrasi Nabi Musa membelah lautan. (Shutterstock)

    2. Tongkat yang berubah menjadi ular

    Dalam kisah yang tertulis pada Alquran saat pertemuan dengan Firaun, Nabi Musa AS berhadapan dengan para penyihir Firaun. Para penyihir melemparkan tongkat yang bisa berubah menjadi ular.

    BACA JUGA :  FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Yakin Siap?

    Ajaibnya, tongkat Nabi Musa juga berubah menjadi ular besar yang menelan semua tongkat para penyihir, yang secara otomatis memenangkan perlombaan sihir.

    3. Membuat tangan menjadi putih

    Keajaiban nabi Musa AS berikutnya adalah tangan yang berubah menjadi putih terjadi saat sang nabi sedang berdakwah tentang kebesaran Allah SWT kepada Firaun. Namun, Firaun menolak dan menantang Nabi Musa untuk membuktikan kebenaran dakwahnya. 

    Advertisement

    Allah SWT kemudian memberikan mukjizat dengan mengubah tangan Nabi Musa yang hitam akibat terbakar sinar matahari menjadi putih bercahaya.

    Ini menjadi bukti yang menakjubkan atas kebenaran dan kekuasaan Allah SWT dalam memperkuat risalah Nabi Musa As.

    4. Batu yang dapat mengeluarkan air 

    Mukjizat lainnya dari Nabi Musa AS yang ada dalam Alquran adalah batu yang bisa mengeluarkan air. Allah SWT memberi keajaiban ini ketika Nabi Musa AS berada dalam perjalanan melintasi padang pasir dan kekurangan air.

    Allah SWT lalu memerintahkan Nabi Musa AS untuk memukul batu dengan tongkatnya. Lantas, batu itu memancarkan air melimpah yang mencukupi kebutuhan air mereka. Mukjizat ini tercatat dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 60.

    Baca Juga: Memahami 4 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Secara Rutin

    5. Dapat berbicara langsung kepada Allah SWT

    Kisah ini tertulis dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 143. Nabi Musa AS bermunajat agar Allah SWT menampakkan diri-Nya, tetapi Allah SWT menjawab bahwa tidak ada yang dapat melihat-Nya secara langsung.

    Advertisement

    Sebagai tanda kebesaran-Nya, Allah menampakkan diri-Nya pada gunung yang tiba-tiba hancur berkeping-keping. Nabi Musa AS terkejut dan jatuh pingsan, tetapi setelah sadar, ia lantas bertaubat kepada Allah.

    Tanda kebesaran Allah SWT

    Itu tadi beberapa mukjizat Nabi Musa AS yang menjadi tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Dari kisah Nabi Musa AS, kamu bisa mengetahui bahwa Allah SWT akan selalu memberi perlindungan pada umat-Nya yang percaya akan keesaan-Nya. Semoga bermanfaat.

    BACA JUGA :  Niat Zakat Fitrah untuk Istri dan Anak, Serta Waktu Pembayaran
    Sumber: Balitteknologikaret, Kemenag

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending