Connect with us

    Politik

    5 Negara Penghasil Kacang Almond Terbesar di Dunia, AS Teratas

    Published

    on

    Kacang Almond Berasal Dari

    IndoJurnal – Enak dan cocok jadi camilan sehat kala diet, dari mana sih kacang almond berasal? Cari tahu jawabannya, yuk!

    Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang populer dan sering ada dalam berbagai masakan dan makanan ringan. Kacang ini memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang renyah. 

    Selain itu, kacang almond juga terkenal kaya nutrisi yang baik, karena mengandung lemak sehat, serat, vitamin E, dan mineral seperti magnesium dan mangan. 

    Dari Mana Kacang Almond Berasal?

    Kacang almond berasal dari pohon badam, yang memiliki nama ilmiah Prunus dulcis. Pohon almond dulunya adalah jenis tanaman liar sebelum dikembangkan menjadi tanaman budidaya. 

    Konon, pohon almond telah ada sejak lama di Yunani, tepatnya 6.000 tahun Sebelum Masehi. Ini adalah salah satu tanaman asli yang berasal dari Timur Tengah.

    Advertisement

    Tinggi pohon almond adalah sekitar 4 sampai 10 meter. Pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan lingkungan sekitarnya. 

    Pohon ini tumbuh dengan baik di musim panas dan musim dingin, dan membutuhkan perawatan yang baik agar dapat menghasilkan buah dengan kualitas terbaik.

    BACA JUGA :  Giliran AHY yang Kejar Anies Untuk Segera Umumkan Cawapres
    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan

    Negara Penghasil Almond Terbesar di Dunia

    Produksi kacang almond di dunia sangat signifikan, dan beberapa negara memiliki peran penting dalam hal ini. Berikut adalah lima negara penghasil almond terbesar di dunia:

    1. Amerika Serikat

    Amerika Serikat berada di urutan teratas sebagai negara penghasil almond terbesar di dunia. California, salah satu negara bagian di Amerika Serikat, merupakan daerah utama penghasil almond di negara tersebut. 

    Setiap tahunnya, Amerika Serikat menghasilkan sekitar 2.002.742 ton almond. Kacang almond yang berasal dari Amerika Serikat diekspor ke berbagai negara lain. Baik dalam bentuk utuh, dikupas, atau diproses menjadi produk lain.

    Advertisement

    2. Spanyol

    Spanyol menempati posisi kedua sebagai negara penghasil almond terbanyak. Dengan luas lahan lebih dari 500.000 hektar, Spanyol mampu memproduksi sekitar 202.339 ton almond setiap tahunnya. 

    Beberapa daerah yang menjadi pusat penanaman almond di Spanyol adalahCatalonia, Valencia, Aragon, Murcia, dan Andalusia. 

    Baca Juga: Kota Ende, Saksi Perjuangan Bung Karno dan Lahirnya Pancasila

    3. Iran

    Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa Iran merupakan negara penghasil almond terbesar ketiga di dunia. Dengan produksi sekitar 147.863 ton almond setiap tahunnya, Iran memiliki peran penting dalam pasokan almond global. 

    BACA JUGA :  5 Manfaat Kacang untuk Kesehatan, Nutrisi yang Bernilai Tinggi

    Kacang almond yang berasal dari Iran berpusat di daerah barat laut Iran seperti Tabriz. Almond lokal di Iran dikenal dengan nama amygdaluscommunis dan diekspor ke berbagai negara seperti India.

    4. Syria

    Syria sebelumnya merupakan negara penghasil almond terbesar di dunia. Namun ketidakstabilan politik membuat peringkatnya turun. Meskipun demikian, Syria masih menghasilkan sekitar 88.841 ton almond setiap tahunnya. 

    Advertisement
    Baca Juga: 5 Idol K-Pop Hiatus tapi Keluar dari Grup, Siapa Saja Mereka?

    5. Italia

    Italia merupakan negara penghasil almond terbesar kelima di dunia. Dengan produksi sekitar 74.584 ton almond setiap tahunnya, Italia memiliki lahan seluas lebih dari 58 ribu hektar untuk menanam almond. 

    Itulah pembahasan mengenai kacang almond berasal dari mana, dan negara penghasil kacang almond terbesar di dunia. Semoga menginspirasi!

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending