Connect with us

    Berita

    5 Vitamin ini Jadi Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Ampuh

    Published

    on

    Cara Mengatasi Rambut Rontok

    IndoJurnal, Jakarta – Mengonsumsi makanan bernutrisi merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok yang baik. Pasalnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh otomatis bakal meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

    Ada lima jenis kandungan makanan yang dapat membantu mengatasi rambut rontok. Berikut uraiannya:

    1. Protein

    Mengonsumsi makanan kaya akan protein seperti daging, ikan, kacang-kacangan, susu dan telur dapat membantu memperkuat rambut. Hal ini dikarenakan rambut memiliki protein keratin sehingga kuat dan elastis.

    Kandungan protein tadi bakal membantu produksi keratin dalam tubuh meningkat. Ini serupa dengan produk perawatan rambut berprotein seperti keratin, kolagen dan protein gandum.

    2. Vitamin A

    Advertisement

    Bila seseorang kekurangan vitamin A, maka rambutnya akan mudah rapuh dan rontok. Maka itu vitamin A diperlukan sebagai pemelihara sel-sel dalam tubuh, termasuk rambut.

    Vitamin A bisa didapatkan dari konsumsi makanan seperti kentang, bayam, wortel, mangga dan pepaya. Namun bila mengonsumsi vitamin A berlebihan malah dapat menyebabkan kerusakan rambut.

    BACA JUGA: Persija Melawan Persib, The Jakmania Boleh Nonton di Stadion

    3. Vitamin E

    Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Dimana vitamin E berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga bisa memperkuat rambut.

    Hal ini dikarenakan kuatnya kandungan antioksidan pada vitamin E. Beberapa makanan bervitamin E adalah alpukat, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

    Advertisement
    BACA JUGA: Menyikapi Polemik Tolak Israel, Partai Demokrat Terbelah

    4. Omega 3

    Lemak esensial ini diyakini dapat membantu kerontokan rambut. Sebab omega 3 bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

    Makanan yang kaya akan omega 3 adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan seperti salmon, tuna dan minyak ikan. Omega 3 juga bisa didapatkan melalui suplemen, namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

    BACA JUGA :  Cara Membuat Apple ID, Hanya dengan 8 Tahapan
    BACA JUGA: Piala Dunia U-20: Pemain Terbaik Tidak Selalu Jadi Bintang Dunia

    5. Zat Besi

    Seperti diketahui kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Ternyata dari penyakit anemia itulah berbagai risiko kerontokan dan terhambatnya pertumbuhan rambut muncul.

    Advertisement

    Maka itu zat besi berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel dalam tubuh, termasuk rambut. Zat besi bisa didapatkan dari asupan seperti daging merah, hati, kacang-kacangan dan sayur hijau.

    Selain asupan makanan, cara mengatasi rambut rontok lainnya dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat. Sesuaikan dengan jenis rambut dan kondisi kulit kepala agar mendapatkan hasil yang optimal. (IndoJurnal/Dian Ardiahanni)

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending