Connect with us

    Politik

    7 Penyebab Keringat Berlebihan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius!

    Published

    on

    Penyebab Keringat Berlebihan

    IndoJurnal – Jangan sepelekan keringat berlebihan, karena bisa jadi penyebab dari kondisi ini adalah penyakit serius. 

    Berkeringat sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Ketika beraktivitas atau berada dalam suhu yang panas, kelenjar keringat akan mengeluarkan cairan untuk mendinginkan tubuh.

    Namun, beberapa orang mengalami keringat berlebihan yang melebihi respons alami tubuh. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang akan kita bahas dalam artikel ini. 

    Waspadai Penyebab Keringat Berlebihan

    Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi penyebab seseorang berkeringat berlebihan:

    1. Faktor Genetik

    Salah satu penyebab keringat berlebihan yang umum adalah faktor genetik. Beberapa orang mewarisi kecenderungan untuk mengeluarkan keringat lebih banyak daripada orang lain. 

    Advertisement

    Jika salah satu dari orang tua kamu juga mengalami keringat berlebihan, kemungkinan kamu juga akan mengalami kondisi serupa.

    2. Suhu Lingkungan yang Tinggi

    Suhu lingkungan yang tinggi adalah salah satu penyebab keringat berlebihan yang paling umum. Ketika suhu sekitar meningkat, tubuh berusaha untuk mendinginkan diri dengan mengeluarkan lebih banyak keringat. 

    BACA JUGA :  Sinopsis Forecasting Love and Weather: Balutan Cinta dan Komedi

    Ini adalah respons alami untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mencegah overheating.

    3. Stres atau Kecemasan

    Ketika kita merasa stres atau cemas, tubuh menghasilkan hormon stres seperti adrenalin. Hormon ini dapat merangsang kelenjar keringat untuk mengeluarkan lebih banyak keringat. 

    4. Olahraga dan Aktivitas Fisik

    Ketika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang intens, tubuh akan berkeringat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Aktivitas fisik dapat meningkatkan laju metabolisme dan menghasilkan panas dalam tubuh.

    Advertisement

    Hal inilah yang menyebabkan kelenjar keringat bekerja lebih keras untuk mendinginkan tubuh.

    5. Efek Samping Obat-obatan

    Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang dapat meningkatkan produksi keringat dalam tubuh. Misalnya, beberapa obat anti-depresan, obat-obatan penurun tekanan darah, dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kondisi tertentu.

    Baca Juga: Duet Airlangga Zulhas Menguat, Pengamat Sebut Pilihan Rasional

    6. Makanan dan Minuman Tertentu

    Konsumsi makanan dan minuman tertentu juga dapat menjadi penyebab keringat berlebihan. Contohnya, makanan pedas, kafein, dan alkohol dapat merangsang kelenjar keringat kita untuk mengeluarkan lebih banyak keringat. 

    BACA JUGA :  Mau Beralih ke Premium? Begini Cara Upgrade Akun DANA

    Jika kamu mencurigai makanan atau minuman tertentu sebagai pemicu keringat berlebihan, cobalah mengurangi konsumsinya dan perhatikan perubahan yang terjadi.

    7. Kondisi Medis Tertentu

    Ada beberapa kondisi medis atau penyakit yang bisa jadi penyebab keringat berlebihan. Salah satunya adalah hiperhidrosis. Ini merupakan kondisi di mana seseorang mengalami keringat berlebihan tanpa pemicu yang jelas. 

    Advertisement

    Kondisi medis lain yang juga bisa jadi penyebab adalah menopause, hipertiroidisme, dan diabetes.

    Itulah beberapa penyebab keringat berlebihan yang perlu diketahui. Karena kondisi tiap orang berbeda, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter untuk tahu penyebab pastinya, ya.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending