Connect with us

    Berita

    7 Tempat Wisata Sejarah Megah di Indonesia, Siap Kamu Kunjungi

    Published

    on

    Wisata Sejarah

    IndoJurnal – Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya hingga sejarah dengan ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tanah Air sudah pasti memiliki berbagai tempat wisata sejarah yang menarik untuk kamu jelajahi. 

    Memang tidak ada yang lebih memikat daripada merenungkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Dari ribuan pulau yang tersebar pada seluruh nusantara, terdapat cerita-cerita lama yang menanti untuk kamu ketahui lebih dalam lagi. 

    Daftar Wisata Sejarah Nusantara

    Mengawali petualangan wisata sejarah dengan menjelajahi tempat bersejarah yang memukau di Indonesia, yang menjadi tempat-tempat warisan nenek moyang hidup dengan keindahan seni budaya berpadu dalam harmoni yang mengagumkan. Berikut adalah daftar destinasinya: 

    1. Candi Borobudur (Magelang, Jawa Tengah)

    Candi Borobudur merupakan salah satu karya seni budaya bersejarah paling ikonik di Indonesia. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini merupakan kuil Buddha terbesar dunia. 

    Berdiri pada abad ke-9, candi ini memiliki arsitektur yang megah dan berhias relief-relief yang menggambarkan cerita kehidupan Buddha.

    Advertisement

    Keindahan seni budaya yang terpancar dari Candi Borobudur membuatnya menjadi tempat yang luar biasa untuk mengagumi sejarah dan seni Indonesia.

    Wisata Sejarah

    Candi Borobudur. (Freepik)

    2. Candi Prambanan (Yogyakarta, Jawa Tengah)

    Tempat berikutnya masih berada pada wilayah jawa tengah yakni Candi Prambanan. Candi yang terkenal dengan arsitekturnya yang anggun dan candi utama untuk Trimurti Hindu: Brahma, Vishnu, dan Shiva.

    Kamu dapat menjelajahi kompleks candi ini dan merasakan keindahan seni Hindu yang kaya dan bersejarah.

    Salah satu cerita yang terhubung dengan Candi Prambanan yakni legenda Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bandawasa untuk mendirikan seribu candi dalam semalam.

    Kompleks candi ini terdiri dari seribu candi, dengan salah satu candi terbesar memiliki ketinggian mencapai 47 meter. 

    Selain sebagai tempat wisata, Candi Prambanan juga memiliki makna mendalam dalam pemujaan Dewa Siwa dan telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai situs warisan dunia.

    Advertisement

    3. Wisata sejarah Benteng Rotterdam (Makassar, Sulawesi Selatan)

    Warisan Belanda yang berada di Sulawesi selatan ini menjadi  saksi sejarah kolonial Belanda berlabuh. Benteng ini memiliki arsitektur yang kokoh dan terletak pada tepi pantai, memberikan pemandangan indah. 

    BACA JUGA :  Gegara Kedatangan Prabowo, Guntur Romli Pilih Cabut dari PSI

    Belanda mendirikan benteng ini pada abad ke-17. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks yang mencakup benteng, bangunan-bangunan bersejarah, dan lanskap yang menakjubkan selain sebagai daya tarik wisata.

    Saat ini, kamu dapat merasakan aura masa lalu dan menikmati fasilitas modern sekitar benteng ini, seperti kafe dan area piknik sambil mengeksplorasi sejarah yang kaya pada setiap sudutnya.

    4. Taman Sari (Yogyakarta, Jawa Tengah)

    Taman Sari, juga populer dengan nama  Taman Sari Keraton, adalah bekas kompleks keraton yang memiliki istana air yang megah. Terletak di Yogyakarta, tempat ini dahulu menjadi tempat rekreasi para sultan. 

    Kamu dapat menjelajahi istana air, gua, dan taman yang indah yang merupakan bagian penting dari sejarah Jawa. Pada area ini kamu juga dapat berswafoto yang estetik yang menjadikan hal terpenting yang harus kamu abadikan.

    Advertisement

    5. Gereja Katedral (Jakarta)

    Selanjutnya, mengulas tentang Gereja Katedral yang menjadi salah satu tempat bersejarah penting di Jakarta. Bagi penduduk Jakarta, Gereja Katedral bukanlah hal yang asing.

    Konstruksi megah ini pertama kali dimulai pada tahun 1807, saat Pastor Nelissen diangkat menjadi pengawas Hindia Belanda oleh Paus Pius VII. 

    Pastor Nelissen, yang bersemangat dalam menyebarluaskan ajaran agama Katolik di Jakarta, memimpin pembangunan gereja ini sebagai bagian dari upaya misi agama tersebut.

    Gereja Katedral Jakarta menjadi bukti sejarah yang mencengangkan tentang perkembangan agama Katolik di ibu kota Indonesia.

    Wisata Sejarah

    Gereja Katedral Jakarta.

    6. Klenteng Sam Po Kong (Semarang, Jawa Tengah)

    Klenteng Sam Po Kong juga merupakan salah satu pilihan yang sangat disarankan bagi kamu yang mencari pengalaman wisata sejarah yang unik.

    Bangunan klenteng ini memadukan unsur arsitektur Cina dan elemen lokal, oleh karenanya sering dikenal sebagai “Gedung Batu” karena bahan konstruksinya yang terbuat dari batu. 

    Advertisement

    Awalnya, klenteng ini digunakan sebagai tempat peristirahatan oleh Sam Poo Tay Djien atau Laksamana Cheng Ho, seorang pelaut terkenal yang sering melakukan pelayaran jauh.

    BACA JUGA :  Cara Memilih Sneakers yang Pas Buat Gaya Asikmu Tiap Hari

    Klenteng ini menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang Cheng Ho dan menawarkan wawasan mendalam tentang sejarah dan budaya yang kaya di wilayah ini.

    7. Wisata sejarah Keraton Surakarta (Solo, Jawa Tengah)

    Keraton Surakarta menjadi tempat yang patut dikunjungi bagi yang ingin merasakan pesona bangunan keraton yang sangat khas.

    Terletak cukup dekat dengan Keraton Yogyakarta, perjalanan dari satu keraton ke keraton lainnya hanya memerlukan waktu 1 hingga 2 jam. Meskipun mirip dengan Keraton Yogyakarta dalam banyak hal. 

    Keraton Surakarta memiliki pesona dan karakteristik uniknya sendiri yang membuatnya menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

    Advertisement

    Jika kamu telah mengunjungi Keraton Yogyakarta, menginjakkan kaki ke Keraton Surakarta akan memberikan perspektif yang lebih mendalam tentang kebudayaan dan sejarah Jawa.

    Demikian, wisata sejarah yang bisa kamu jelajahi dan mendapatkan keindahan budaya Indonesia. Jadi, siap untuk menjelajahi keindahan budaya dan sejarah Indonesia?

    Dapatkan pengalaman yang mendalam dengan mengunjungi tujuh tempat bersejarah yang luar biasa ini dan nikmati kekayaan warisan Indonesia yang tak ternilai harganya.

    Tips Jalan-jalan ke Lokasi Wisata Sejarah

    Sebelum berangkat, buatlah rencana perjalanan yang matang. Pilih destinasi sejarah yang ingin kamu kunjungi, tentukan durasi perjalanan, dan buat jadwal yang mencakup waktu kunjungan ke berbagai situs bersejarah.

    Lakukan penelitian tentang destinasi sejarah yang kamu tuju. Ketahui sejarah, budaya, dan nilai-nilai penting yang terkait dengan tempat tersebut.

    Kamu bisa membaca buku, mencari sumber online, atau berbicara dengan lokal yang mengetahui sejarah daerah tersebut.

    Advertisement

    Pastikan untuk membawa peralatan yang diperlukan, seperti peta, panduan wisata, dan aplikasi ponsel yang berguna untuk wisatawan. Ini akan membantu menjelajahi situs-situs sejarah dengan lebih efisien.

    Selama kunjunganmu, ingatlah untuk menghormati situs bersejarah tersebut. Jangan merusak atau merusak properti, dan ikuti aturan dan regulasi yang berlaku.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending