Connect with us

    Berita

    8 Olahraga Anak TK ini Bantu Tingkatkan Bonding dengan Ortu

    Published

    on

    Olahraga Anak TK

    Indojurnal – Olahraga merupakan kegiatan fisik yang baik dilakukan oleh berbagai kalangan usia. Termasuk bagi anak usia dini yang masih duduk dibangku TK.

    Pasalnya olahraga berperan dalam membantu perkembangan fisik mereka. Bahkan soal aspek sosial, emosional, kemampuan kognitif dan motoriknya.

    Kira-kira apa saja jenis olahraga anak TK? Mari cari tahu selengkapnya disini!

    Ragam pilihan olahraga anak TK

    Sebelum memulai aktivitas fisiknya, pastikan olahraga anak TK yang dipilih tergolong aman dan menyenangkan. Kemudian dorong anak agar mau berpartisipasi saat berolahraga ya.

    Berikut daftar pilihan olahraga anak TK:

    Advertisement

    1. Berlari dan berjalan

    Berlari dan berjalan adalah aktivitas fisik yang mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Salah satu contohnya berkeliling komplek sembari menghirup udara segar di pagi hari.

    2. Melompat

    Gerakan melompat dapat memperkuat otot dan sendi anak. Sebab massa tulang dan otot si kecil secara perlahan akan bertambah.

    Agar kegiatan melompat kian menyenangkan, coba taruh benda di tempat yang cukup tinggi dari badan anak. Kemudian ajak anak untuk melompat dan mencoba meraih benda tersebut.

    3. Bersepeda

    Olahraga anak TK yang satu ini, bisa menguatkan otot kaki sekaligus melatih keseimbangan tubuh. Termasuk menjaga berat badan lantaran metabolisme tubuh meningkat.

    4. Berenang

    Berenang punya segudang manfaat baik bagi kesehatan anak lo. Yakni dapat melatih sistem pernapasan, menguatkan tulang dan otot serta menjaga kesehatan jantung.

    Advertisement

    Bukan cuma itu, berenang bisa membantu tubuh lebih rileks, meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri anak. Selain di kolam luas, kegiatan renang juga bisa dilakukan di kolam ban kok.

    5. Yoga

    Yoga tidak hanya dapat diikuti oleh kalangan usia dewasa saja. Pasalnya kini telah menjamur kelas yoga untuk usia anak-anak.

    BACA JUGA :  Johny G Plate, Politisi Nasdem di Kabinet Indonesia Maju

    Dan bila kamu tidak menguasai yoga, mintalah bantuan instruktur untuk mendampingi kegiatan yoga bersama anak. Nantinya instruktur akan membantu memilih pose yoga yang mudah diikuti oleh anak-anak.

    Olahraga Anak TK

    Seorang anak sedang olahraga yoga. (Freepik)

    6. Bermain bola

    Bermain bola membantu anak tetap fokus dan mengasah kemampuan motorik kasarnya. Selain menendang ke gawang, kamu juga bisa mengajak anak untuk mencoba melempar bola ke ring.

    Olahraga anak TK yang satu ini, tidak selalu harus dilakukan di lapangan besar. Kamu juga bisa melakukannya di teras menggunakan gawang atau ring basket kecil.

    7. Monkey bar

    Monkey bar merupakan permainan memanjat dan bergelantung di tiang dan tangga khusus. Permainan ini baik untuk meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi dan mengoptimalkan pertumbuhan tubuh si kecil.

    Advertisement

    Jangan khawatir untuk mencarinya, karena permainan ini cukup mudah ditemukan. Selain di lingkungan TK, monkey bar kerap ditemukan di taman-taman umum, kok.

    8. Gimnastik

    Kegiatan gimnastik sudah bisa diikuti sejak usia anak TK. Bagi fisiknya, gimnastik bisa menguatkan jantung, koordinasi, fleksibilitas dan keseimbangan.

    Keuntungan lainnya adalah rasa percaya diri dan sikap disiplin anak yang kian meningkat. Meski gimnastik identik dengan wanita, nyatanya olahraga ini bisa diikuti oleh pria juga lo.

    Baca Juga: Tertarik Les Bahasa Mandarin, Ini 4 Pilihan Tempat Kursusnya!

    Jadi kira-kira olahraga apa yang bakal kamu lakukan bersama anak, nih?

    Oh ya, pastikan olahraga dilakukan dengan porsi tepat. Alasannya agar anak tidak terlalu kelelahan dan malah enggan untuk melakukannya lagi di kemudian hari.

    Disamping berolahraga, pastikan makanan yang dikonsumsi anak kaya akan nutrisi. Misalnya rutin menyantap sayur, buah dan susu.

    Advertisement

    Dengan begitu kesehatan tubuh dan pola hidup sehat anak pun tetap terjaga. Nilai plus lainnya olahraga bersama baik untuk meningkatkan bonding dengan anak.

    BACA JUGA :  6 Ide Menu Bekal untuk Anak TK yang Sehat dan Praktis

    Selamat mencoba ya!

    Sumber: Berbagai Sumber

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending