Connect with us

    Politik

    Alasan dan Tips Memilih S2, Jangan Salah Pilih Program Studi

    Published

    on

    Memilih S2

    IndoJurnal – Setelah lulus S1 atau sarjana, apakah kamu ingin melanjutkan S2 atau magister? Jika ya, kamu memerhatikan beberapa hal dalam memilih memilih S2.

    Sekarang ini, setelah lulus S1, beberapa sarjana memutuskan untuk lanjut ke jenjang S2. Permasalahannya, beberapa orang yang ingin lanjut S2 terkadang bingung harus memilih S2 dengan program studi apa.

    Program magister atau S2 sendiri merupakan jenjang lanjutan dengan durasi biasanya satu hingga dua tahun. Adapun jenjang S2 biasanya punya fokus pendidikan atau program studi yang lebih spesifik.

    Jika kamu sudah memilih untuk masuk jenjang S2, tentunya kamu dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Tidak hanya itu, kamu pun diharuskan lebih fokus dalam belajar.

    Alasan mengambil S2

    Setidaknya ada beberapa alasan kenapa kamu harus mengambil program S2.

    Advertisement

    1. Punya nilai lebih

    Pencarian kerja untuk program S1 sudah semakin padat. Tentunya dibutuhkan nilai tambah salah satunya dengan mengambil S2. Dengan memilih S2 yang tepat, kamu bisa selangkah lebih maju daripada lulusan sarjana.

    2. Peningkatan intelektual

    Masih banyak orang yang enggan untuk maju S2 karena merasa tidak berbeda jauh dengan program S1. Pandangan itu keliru. Di S2, kamu akan belajar lebih fokus pada satu bidang.

    BACA JUGA :  7 Pilihan Kampus S2 Terbaik dengan Kelas Online untuk Karyawan

    Tidak hanya itu, kamu harus berpikir lebih mendalam dan holistik terhadap bidang tersebut. Sehingga, kamu pun punya intelektual lebih tinggi daripada lulusan S1.

    3. Punya kesempatan terlibat dalam penelitian

    Di program S2, kamu bisa lebih banyak terlibat dengan penelitian. Bukan tidak mungkin, penelitian kamu bisa membuat kamu semakin menanjak dalam karier.

    4. Memilih S2 = Investasi ilmu

    Di sini, kamu bisa berinvestasi agar bisa punya gaji lebih tinggi. Jika lulusan S1 memulai dari nol, S2 bisa lebih maju tahapannya dalam berkarier.

    Advertisement

    Sebut saja, dosen, manager, atau posisi strategis lainnya. Biasanya posisi-posisi tersebut membutuhkan lulusan yang punya ilmu setara S2, walaupun tidak selalu.

    5. Membanggakan orangtua

    Sebenarnya, hal ini bukanlah yang utama. Tujuan kamu S2 tentu bukan untuk orangtua. Namun, jika kamu berhasil lulus S2, orangtua kamu dipastikan akan bahagia karena keberhasilan anaknya dalam menempuh bidang studi.

    BACA JUGA: Rekomendasi Kuliah S2 Manajemen dan Rincian Estimasi Biaya!

    Tips memilih S2

    Dalam memilih S2 atau jenjang pascasarjana, kamu juga harus mempertimbangkan banyak hal. Sebab, hal ini juga menyangkut masa depan kamu dan keberlangsungan kuliah.

    BACA JUGA :  Info Ramadhan, Catat Jadwal Mudik Gratis untuk Warga Jawa Tengah

    Berikut ini adalah beberapa poin yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan kuliah S2.

    1. Finansial

    Bagi kamu yang ingin melanjutkan S2, faktor yang satu ini harus menjadi perhatian utama. Sebab, jenjang pascasarjana mengharuskan kamu merogoh kocek lebih dalam.

    Advertisement

    Namun, jika kamu terbentur biaya, masih ada cara yang lain yaitu mengajukan bantuan biaya pendidikan dengan mendaftarkan diri di program beasiswa.

    2. Memilih S2 yang kamu minati

    Usahakan pilihan jurusan magister kamu sejalan dengan tujuan di masa depan. Dengan mendapatkan gelar S2 ini, seharusnya bisa membantu kamu dalam menentukan dan memilih karier di masa depan.

    3. Fokus dengan tujuan

    Sejauh ini, banyak cerita yang membuat orang tidak melanjutkan atau menuntaskan pendidikan tinggi S2. Kamu sebaiknya menguatkan niat bahwa kuliah ini harus selesai. Oleh karena itu, pastikan kamu fokus dan tidak mudah goyah.

    4. Riset jurusan

    Kamu harus mulai meriset jurusan S2 sesuai tujuan. Jika kamu ingin berkarier di dunia akademik, pilihlah yang linier dengan studi sarjana.

    Jika di jalur nonakademik, kamu bisa memilih di luar studi sarjana kamu. Pilihlah yang mampu mendukung karier kamu.

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending