Connect with us

    Berita

    Apa Itu Jerawat Nodul? Ini Penyebab dan Langkah Perawatannya

    Published

    on

    Apa Itu Jerawat Nodul

    IndoJurnal – Apa itu jerawat nodul? Jenis jerawat ini termasuk dalam kategori yang lebih parah dan seringkali lebih menyakitkan daripada jerawat biasa.

    Memiliki bentuk yang lebih besar, meradang, dan terletak lebih dalam di bawah kulit, jerawat ini memang berbeda dari jerawat biasa.

    Kamu bisa mengenalinya karena jerawat tersebut dapat muncul sebagai benjolan keras dan terasa nyeri saat disentuh. Jerawat tersebut seringkali tidak memiliki “pus” yang sebenarnya dapat kamu pencet seperti jerawat biasa.

    Jerawat Nodul dan Sederet Penyebabnya

    Penting untuk disadari, jerawat nodul muncul karena peradangan yang dalam di dalam folikel rambut dan kelenjar minyak di bawah kulit. Beberapa faktor yang dapat memicu jerawat jenis ini meliputi:

    1. Keturunan

    Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam kecenderungan seseorang untuk mengalami jerawat ini. Jika ada riwayat jerawat jenis tersebut dalam keluarga, kamu mungkin lebih berisiko mengalami masalah ini.

    Advertisement

    2. Perubahan Hormon

    Perubahan hormon, misalnya selama masa remaja, menstruasi, kehamilan, atau penggunaan kontrasepsi hormonal, dapat memengaruhi produksi minyak kulit dan memicu jerawat tersebut.

    3. Asupan Makanan

    Meskipun bukti ilmiah terbatas, beberapa studi mengaitkan konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi (makanan yang cepat meningkatkan kadar gula darah) dengan jerawat.

    4. Penggunaan Skincare yang Tidak Cocok

    Produk perawatan kulit yang tidak cocok untuk jenis kulit kamu atau yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori juga dapat menjadi penyebab jerawat ini.

    Gejala-gejala Jerawat Nodul

    Berikut ini adalah beberapa gejala jerawat  ini yang harus kamu perhatikan:

    • Benjolan besar dan keras di bawah kulit
    • Nyeri atau rasa sakit saat kamu menyentuhnya
    • Kemerahan dan peradangan di sekitar benjolan
    • Tidak ada “pus” yang dapat kamu pencet
    BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Jerawat dengan Efektif, Harus Konsisten!

    Pengobatan Jerawat Nodul

    Pengobatan jerawat nodul seringkali memerlukan perhatian medis, karena jenis jerawat ini cenderung lebih sulit membaik dengan perawatan sendiri di rumah. Dokter kulit biasanya akan merekomendasikan perawatan atau pengobatan berikut ini:

    2. Obat Minum

    Dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan antibiotik oral atau isotretinoin (Accutane) untuk mengobati jerawat nodul yang parah. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah jerawat baru muncul.

    Advertisement

    1. Obat Oles

    Dokter dapat meresepkan krim atau salep yang mengandung bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, atau retinoid untuk mengurangi peradangan dan mengontrol produksi minyak.

    3. Injeksi Steroid

    Dokter dapat memberikan injeksi steroid langsung ke dalam jerawat di kulitmu untuk mengurangi peradangan dan membantu benjolan mengempis lebih cepat.

    4. Terapi Cahaya

    Terapi cahaya seperti terapi cahaya biru atau terapi cahaya merah dapat membantu mengurangi peradangan dan merangsang penyembuhan kulit.

    Cara Pencegahan Jerawat Nodul

    Meskipun tidak ada jaminan bahwa kamu dapat mencegah jerawat sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat membantu mengurangi risiko munculnya jerawat:

    1. Perawatan Kulit yang Tepat

    Pertama-tama, gunakan produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulitmu dan hindari produk yang dapat menyumbat pori-pori.

    Advertisement

    2. Tidak Memencet Jerawat

    Selanjutnya, hindari memencet jerawat, yang ternyata malah bisa memperburuk peradangan dan menyebabkan bekas luka.

    3. Mengonsumsi Makan Sehat

    Kemudian, batasi konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi dan mulailah memilih makanan sehat yang kaya serat, buah, dan sayuran.

    4. Berkonsultasi dengan Dokter

    Yang terakhir, jika kamu memiliki riwayat jerawat nodul atau mengalami masalah kulit yang serius, konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan yang sesuai.

    BACA JUGA :  11 Taman Unik yang Bisa Kamu Temukan di Kebun Raya Bogor

    Selain itu, apabila mengalami jerawat nodul, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit yang berpengalaman.

    Sebagai tambahan, dokter dapat meresepkan pengobatan yang tepat dan memberikan saran mengenai perawatan kulit yang sesuai untuk mengatasi masalah ini.

    Ingatlah bahwa pengobatan jerawat nodul memerlukan waktu, dan konsistensi dalam merawat kulit sangat penting.

    Advertisement
    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending