Connect with us

    Politik

    Apa Pemutih Kulit Alami? Coba 10 Bahan ini, Sudah Terbukti Efektif

    Published

    on

    Apa Pemutih Kulit Alami

    IndoJurnal – Jika kamu bertanya-tanya, apa pemutih kulit alami yang efektif? Ada beberapa bahan yang bisa kamu coba.

    Seperti beras, bengkuang, madu, lemon, dan masih banyak lagi. Berbagai bahan tersebut mengandung senyawa yang dapat memberi efek cerah pada kulit.

    Lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini, ya!

    Apa Pemutih Kulit Alami?

    1. Beras

    Beras mengandung senyawa ferulic acid dan allantoin yang memiliki kemampuan melindungi kulit dari kerusakan dan memberikan efek pencerahan. 

    Air cucian beras yang mungkin sering kamu abaikan memiliki manfaat penting. Ketika kamu mencuci beras, jangan segera membuang air bekas cucian beras tersebut. 

    Advertisement

    Simpan air tersebut dalam sebuah wadah, biarkan mengendap, dan gunakan endapan yang terbentuk sebagai masker wajah. 

    Proses ini dapat membantu merawat kulit dengan alami dan memberikan cahaya alami pada wajah.

    2. Teh Hijau

    Bahan pemutih kulit alami selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau telah lama terkenal memiliki kemampuan untuk melindungi kulit wajah. 

    Selain sebagai agen anti-aging, teh hijau juga memiliki potensi memutihkan kulit. Tak hanya untuk minuman, kamu dapat memanfaatkan sisa kantong teh bekas dengan mengoleskannya pada kulit. 

    Polifenol yang terdapat dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari. 

    Advertisement

    Teh hijau merupakan pilihan alami untuk merawat kulit dan memberikan kilau pada kulit wajah.

    3. Bengkuang

    Jika kamu ingin tahu apa pemutih kulit alami, bengkuang adalah jawabannya. Bengkuang kaya akan vitamin C dan B1, senyawa ini membantu dalam memutihkan dan mencerahkan kulit. 

    Tidak mengherankan jika banyak produk pemutih kulit mengandung bengkuang sebagai bahan utamanya. 

    Manfaat bengkuang bagi kulit telah terkenal secara luas, dan penggunaannya dapat membantu mencapai kulit yang lebih cerah dan sehat.

    BACA JUGA :  Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

    4. Lemon

    Lemon mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang efektif dalam melawan radikal bebas yang dapat membuat kulit terlihat kusam. 

    Advertisement

    Buah ini juga terkenal sebagai pencerah alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. 

    Selain itu, lemon memiliki kemampuan mengatasi kekusaman pada kulit terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 

    Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan berseri, lemon dapat jadi bahan pemutih kulit alami yang sekaligus merawatnya.

    5. Madu

    Madu terkenal sebagai pelembap dan antibiotik alami untuk kulit yang juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. 

    Selain itu, madu memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat dan tanda-tanda penuaan pada kulit. 

    Advertisement

    Penggunaan madu secara teratur pada kulit dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit, membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati, dan memberikan kilau alami pada wajah. 

    Apa Pemutih Kulit Alami

    Ilustrasi pemutih kulit alami. (Freepik)

    6. Yogurt

    Apa pemutih kulit alami yang mudah didapat? Yogurt adalah salah satunya. Yogurt merupakan bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa dalam merawat dan mencerahkan kulit wajah. 

    Kandungan Vitamin B5 dalam yogurt membantu mengurangi bintik-bintik hitam akibat jerawat serta berperan penting dalam memberikan efek pencerahan pada kulit wajah. 

    Asam laktat dan kalsium yang terdapat dalam yogurt berfungsi untuk melembapkan kulit wajah dan menjaganya tetap sehat dan terawat. 

    Penggunaan yogurt sebagai perawatan kulit secara teratur dapat membantu mencapai kulit yang lebih bersih, cerah, dan segar.

    7. Kulit Jeruk

    Kulit jeruk mengandung jumlah Vitamin C yang lebih tinggi daripada daging buahnya. 

    Advertisement

    Vitamin C, sebagai antioksidan, memiliki peran penting dalam memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas. 

    Vitamin C pada kulit jeruk juga berperan sebagai agen pencerah alami yang dapat mengatasi kekusaman kulit akibat paparan sinar matahari. 

    BACA JUGA :  Survei LSN: Non Muslim Cenderung Tolak Anies Baswedan

    Menggunakan kulit jeruk sebagai bagian dari perawatan kulit dapat membantu memperbaiki dan mencerahkan kulit secara alami, memberikan kulit wajah tampilan yang lebih segar dan cerah.

    8. Kedelai

    Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang berdampak positif sebagai pencerah kulit, antioksidan, serta agen anti-penuaan dini. 

    Tidak hanya itu, kedelai juga memiliki kemampuan melindungi kulit dari kekusaman dan kerusakan yang terjadi akibat paparan sinar UVB matahari. 

    Advertisement

    Sebagai cara alami memutihkan kulit, kamu dapat menghaluskan kedelai dengan menggunakan blender, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. 

    Oleskan pasta kedelai pada kulit, biarkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air.

    9. Cuka Apel

    Cuka apel mengandung asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi bercak hitam dan membantu meredakan jerawat. 

    Proses memutihkan kulit secara alami dengan cuka apel dapat kamu lakukan dengan mengencerkan cuka apel menggunakan air dengan perbandingan 1:1. 

    Oleskan larutan ini ke kulit, biarkan selama 2–3 menit, lalu bersihkan dengan berkumur atau bilas. 

    Penggunaan cuka apel secara teratur, sekitar 1–2 kali sehari, dapat membantu mencapai kulit yang lebih cerah dan bersih.

    Advertisement

    10. Lidah Buaya

    Lidah buaya mengandung aloin, senyawa yang memiliki kemampuan sebagai pemutih kulit alami dengan cara menghambat produksi melanin. 

    Sebagai metode alami untuk memutihkan kulit, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya murni sebelum tidur, dan bilas dengan air hangat keesokan paginya. 

    Itulah pembahasan mengenai apa pemutih kulit alami dan bahan-bahan yang bisa kamu coba. Lakukan perawatan yang rutin agar hasilnya optimal, ya!

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending