Connect with us

    NEWS

    Bertemu Anwar Ibrahim, Anies Baswedan Bicara Soal Toleransi

    Published

    on

    Anies Baswedan

    IndoJurnal – Bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyebut bahwa Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim merupakan inspirasi bagi dirinya dan banyak orang lainnya.

    “Pak Anwar Ibrahim adalah inspirasi bagi kita semua, juga untuk diri saya,” kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

    “Dia adalah pemimpin para pelajar, pemimpin para pemuda, pemimpin Malaysia, dan kisahnya juga terdengar di seluruh Indonesia. Kami mengikuti dan sangat bangga terhadap beliau dan kepemimpinan beliau,” lanjut Anies.

    Hal itu disampaikan-nya saat melangsungkan pertemuan dengan Anwar Ibrahim di Putrajaya, Malaysia, Kamis (12/10/2023).

    Dalam akun media sosialnya, Anies menuturkan bahwa pertemuan dengan Anwar Ibrahim berjalan dengan suasana yang hangat.

    Advertisement

    “Suasana berbincang yang amat hangat, isi perbincangan beliau yang luas wawasan, hikmahnya mendalam, dan pengalamannya kaya. Kami larut dalam perbincangan yang melampaui jatah waktu. Selalu mengesankan,” tulis Anies dalam Instagram resminya @aniesbaswedan.

    Pada pertemuan tersebut, Anies menuturkan bahwa Indonesia dalam 25 tahun terakhir tengah menjalani transformasi, di mana reformasi sendiri dilakukan sejak tahun 1998.

    “Saya melihat, ini (Indonesia dan Malaysia) adalah dua negara yang memiliki populasi Muslim dalam jumlah besar dan mempraktikkan demokrasi, mempraktikkan toleransi,” kata Anies

    “Saya tidak bisa memikirkan kata lain, selain melanjutkan jalan untuk mewujudkan keadilan bagi semua agar transformasi ini terus berjalan,” tuturnya.

    Menurut dia, Indonesia dan Malaysia dapat terus mendorong Asia Tenggara untuk dikenal di tingkat global sebagai kawasan yang menjalankan demokrasi dengan baik.

    Advertisement

    “Dunia dapat melihat kita di sini, di Asia Tenggara, kita bisa mengatakan bahwa ini adalah dua negara yang dengan penduduk mayoritas Muslim, mempraktikkan demokrasi untuk memberikan kesetaraan untuk mewujudkan kemakmuran,” kata Anies.

    Sementara itu, Anwar Ibrahim dalam akun media sosialnya mengatakan dirinya dan Anies sejalan bahwa diperlukan kerja sama di berbagai bidang untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan Malaysia.

    “Kami juga senada bahawa wujud keperluan untuk memperkukuhkan lagi hubungan antara kedua-dua negara meliputi pelbagai kerja sama,” tulis Anwar Ibrahim dalam Instagram resminya @anwaribrahim_my, Kamis (12/10/2023).

    Anies Baswedan Memiliki Keunggulan Diplomasi

    Pengamat komunikasi politik Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai bahwa bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan sebagai sosok bakal capres yang memiliki keunggulan dalam berdiplomasi.

    “Di antara para calon presiden yang akan mengikuti kontestasi Pilpres 2024, yang punya visi hubungan diplomasi luar negeri yang bagus salah satunya Mas Anies,” kata Kunto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

    Menurut dia, diperlukan pemimpin yang kreatif dan memiliki kemahiran dalam berdiplomasi di tengah dinamika global saat ini, khususnya kondisi perekonomian yang cenderung mengalami stagnasi.

    Advertisement

    “Ketika dunia penuh dengan ketidakpastian, stagnasi perekonomian global, maka pemimpin-pemimpin yang piawai dalam berdiplomasi menjadi sangat penting untuk pembangunan dan keberhasilan sebuah negara,” ujarnya.

    Untuk itu, dia menilai Anies yang memiliki keahlian dalam berkomunikasi sangat menunjang keberhasilan dalam suatu diplomasi.

    “Dengan network (jaringan) Mas Anies yang cukup luas di luar negeri menjadi salah satu kunci pembangunan atau keberhasilan negara. Pada saat situasi sulit seperti sekarang, salah satu kuncinya adalah kepiawaian dalam diplomasi,” kata Kunto.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending