Connect with us

    Berita

    Biografi Kaesang Pangarep, Anak Presiden yang Dikenal Mandiri

    Published

    on

    Biografi Kaesang Pangarep

    IndoJurnal – Aktif di media sosial membuat nama Kaesang melambung cepat. Kini, dia tengah meniti karier memasuki dunia politik. Seperti apakah biografi Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi yang juga terkenal mandiri dalam berbisnis.

    Kaesang Pangarep lahir di Solo, 25 Desember 1994. Dia adalah bungsu dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

    Kaesang menempuh pendidikan dasar di SD 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Kemudian ia melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP 1 Surakarta.

    Setelah SMP, Kaesang melanjutkan SMA di Singapura, yaitu Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureate. Semasa masih di Singapura dia melanjutkan kuliah di Singapore University o Social Sciences (SUSS) jurusan marketing dengan peminatan komunikasi.

    Selepas lulus kuliah, Kaesang lebih banyak berkutat di media sosial sembari membangun kerajaan bisnisnya.

    Advertisement

    Bisnis Kaesang Pangarep

    Biografi Kaesang Pangarep tidak lengkap tanpa membicarakannya bisnisnya. Walaupun mandiri dalam menjalankan bisnis, Kaesang tetap tidak bisa dilepaskan dari statusnya sebagai putra presiden. Sebab, harus diakui bisnisnya menjulang saat ayahnya menjadi presiden.

    Di bawah bendera PT Harapan Bangsa Kita atau Hebat, Kaesang merangsek dan mengacak-ngacak peta bisnis kuliner di Indonesia. Mari kita lihat apa saja merek di bawah Hebat.

    1. Sang Pisang

    Merek ini dibangun bersama pebisnis muda asal Makassar bernama Ansari Kadir pada 2017. Menu utama yang ditawarkan adalah penganan berbahan dasar pisang, antara lain nugget pisang, pisang roll, ice banana, dan minuman topping pisang. Sang Pisang kini sudah ada di 25 kota di Indonesia dengan 73 gerai.

    2. Mangkokku

    Bisnis selanjutnya, sekaligus salah satu yang cukup populer adalah Mangkokku. Usaha makanan berupa ricebowl ini dibangun Kaesang bersama sang kakak, Gibran Rakabuming, chef Arnold Poernomo, dan juga pengusaha kuliner Randy Kartadinata pada 2019 lalu.

    BACA JUGA :  Prabowo Subianto akan Bertemu Gibran Rakabuming, Terkait Pilpres atau Pilgub DKI?

    Pada November 2020, startup kuliner ini mendapat pendanaan pertamanya (seed funding) senilai US$2 juta atau setara Rp29 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. Sekarang sudah ada 56 gerai di 16 kota di Indonesia.

    Advertisement
    Kaesang Pangarep

    Kaesang Pangarep dikenal sebagai sosok pengusaha muda,

    3. Chili Pari

    Usaha kuliner ini sudah ada sejak Desember 2010. Di sini, Kaesang menyediakan layanan katering untuk berbagai acara. Menu masakan yang disajikan berfokus pada resep makanan tradisional Jawa. Bisnis itu juga merupakan hasil kerja sama dengan sang kakak sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

    4. Madhang

    Aplikasi ini merupakan kolaborasi bersama Universitas Dian Nuswantoro untuk menghubungkan usaha kuliner rumahan dengan pembeli. Usaha ini juga menjadi upaya Kaesang untuk memandirikan ibu-ibu rumah tangga yang bisa memasak. Sayangnya aplikasi ini sudah tidak beroperasi.

    5. Sang Javas

    Kaesang juga masuk ke bidang produksi kaus. Bisnis ini dimulainya pada Agustus 2017. Lucunya, pelanggan Sang Javas memiliki panggilan ‘Kecebong’. Sayangnya, bisnis ini sudah tidak beroperasi. padahal, brand ini sudah banyak berkolaborasi denagn merek lokal lainnya.

    6. Hompimpa gamers

    Kaesang terkenal juga dengan kesukaannya bermain game. Oleh karena itu, dia pun melirik bisnis hiburan mainan yang berbentuk board game.

    Mereknya dia namai Hompimpa Gamers. Merek ini sendiri punya makna mengedepankan budaya nusantara. Sayangnya usaha yang potensial ini ternyata tidak berkembang dengan baik. Kaesang pun menutup usahanya.

    7. Markobar

    Bisnis ini merupakan bisnis yang paling populer. Dengan menjual produk martabak ini, Markobar berhasil menarik perhatian para penggemar kuliner. Markobar sendiri adalah singkatan dari Martabak Kota Barat yang telah ada sejak 1996.

    Advertisement

    8. PT Panca Mitra Multiperdana

    Kaesang mengakuisisi delapan persen saham perusahaan yang bergerak di bidang makanan beku berbasis udang.

    BACA JUGA :  Survei Indikator: Publik Pilih Presiden yang Sejalan dengan Jokowi

    9. Pemilik saham Persis Solo

    Kaesang menjadi salah satu pemilik klub Persis Solo karena kepemilikan sahamnya yang mencapai 40 persen di klub kebanggaan kota Solo ini. Dia pun menjadi Direktur Utama Klub sepakbola ini.

    Karena kesuksesannya di bidang bisnis, Kaesang pernah masuk ke dalam daftar 40 under 40 Fortune Indonesia. Daftar ini sendiri berisikan 40 orang yang belum genap 40 tahun tetapi punya pengaruh di Indonesia.

    Baca Juga: Biografi Erick Thohir, Berawal dari Pengusaha Kini Jadi Menteri

    Masuk ke dunia politik

    Bicara biografi Kaesang Pangarep, yang terbaru adalah keputusannya untuk masuk ke dunia politik. Setelah sukses di berbagai bidang bisnis, Kaesang mulai melirik peluang menjadi wakil rakyat. Seakan mengikuti jejak bapak dan kakaknya, Kaesang memutuskan untuk maju pada Pilkada Depok 2024.

    Pria yang menikahi Mantan Putri Indonesia DIY Erina Gudono ini padahal pernah mengaku ogah masuk ke politik karena gajinya kecil. Hal ini pernah terlontar kepada Deddy Corbuzier dalam podcastnya pada 2021 lalu.

    Advertisement
    Kaesang Pangarep

    Baliho PSI yang mendukung Kaesang Pangarep sebagai calon walikota Depok.

    Menurut Gibran, Kaesang tertarik untuk terjun ke dunia politik kemungkinan karena intensitas yang sering dalam berbagai kegiatan terutama terkait perkembangan pembangunan kota dalam berbagai kegiatan di Solo.

    Kaesang mendapatkan dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk maju ke Pilkada Kota Depok 2024. Dalam berbagai kesempatan, Kaesang juga mendapatkan rumor bahwa PDIP tertarik juga untuk meminangnya.

    Sumber : Kompas.id, Tempo, Okezone, Big Alpha

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending