Connect with us

    Berita

    Blunder soal Israel, Ganjar Pranowo Memang Hendak Dikorbankan?

    Published

    on

    Ganjar Pranowo

    IndoJurnal, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi sosok yang paling disorot setelah dirinya menolak Israel tampil di Piala Dunia U-20 2023.

    Pengamat politik yang juga Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando, menanggapi sikap Ganjar ini sebagai sebuah blunder. Ade merasa heran dengan alasan politis PDI Perjuangan itu kenapa tiba-tiba harus menolak Israel.

    “Tampaknya Ganjar bersikap begitu bukan karena dia mengikuti ujaran nuraninya. Coba kita pikir apa alasan yang menyebabkan dia berkomentar Piala Dunia U-20,” ucap Ade saat berbicara di Cokro TV pada Rabu (29/3/2023).

    “Itu kan seperti tak ada hujan tak ada angin tiba-tiba saja ganjar bicara begitu. Dia mengucapkan penolakan itu setelah beberapa hari sebelumnya PDIP dan PKS yang memboikot Israel,” terang Ade.

    Ade kemudian menduga Ganjar mendapatkan instruksi dari pimpinan PDI Perjuangan. Namun arahan ini tidak diberikan kepada tokoh partai berlambang banteng lainnya.

    Advertisement
    BACA JUGA: Menentukan Besar Pajak Penghasilan, Gini Cara Hitungnya

    “Mengapa Ganjar yang harus menyatakan sikap, padahal itu jelas akan menyakiti banyak pendukungnya sendiri?,” kata Ade.

    Menurut Ade ada dua jawaban dari sikap penolakan Ganjar terhadap Israel. Pertama karena sang gubernur hendak diuji loyalitasnya kepada partai dan kedua karena Ganjar memang hendak dikorbankan.

    “Kita semua sudah tahu bagaimana Ganjar punya banyak musuh di lingkaran PDIP. kalau Ganjar disenangi di PDIP, dia seharusnya sudah sejak kapan hari dicalonkan jadi presiden,” ungkap Ade.

    BACA JUGA: Harga Paket Internet Murah, Mulai dari 150 Ribu Rupiah

    “Seluruh indikator elektabilitasnya menunjukkan dia adalah kader PDIP yang besar peluangnya yang menang dalam pilpres. Masalahnya ada terlalu banyak elit partai yang tidak berkenan,” lanjutnya.

    BACA JUGA :  Bertemu Tokoh Agama di Lampung, Ganjar Bahas Soal Toleransi

    Kalau memang benar ada skenario membuat Ganjar Pranowo blunder, menurut Ade bisa dilihat dari bagaimana popularitasnya setelah penolakan Israel. Kalau memang menurun, sebaiknya PDI Perjuangan menyiapkan ccalon lain.

    Advertisement
    FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

    FIFA sendiri sudah membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Mereka akan segera mencari negara pengganti untuk menjadi tuan rumah.

    BACA JUGA: 3 Keutamaan Surat Al Baqarah, Umat Muslim Wajib Paham! 

    Sebelumnya Presiden Joko Widodo sudah meminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk bertemu dengan FIFA. Pertemuan yang diadakan di Doha, Uni Emirates Arab, tidak merubah keputusan FIFA.

    Namun sejumlah kabar berhembus menyebut kalau Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Alasannya karena Peru mundur karena alasan ekonomi negaranya yang sedang fokus pada penanganan bencana. (IndoJurnal/Vitalis Yogi Trisna)

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending