Connect with us

    Berita

    Bung Karno Jadi Alasan Ganjar Tolak Israel Main di Indonesia

    Published

    on

    Tolak Israel

    IndoJurnal, Semarang – Gelombang tolak Israel main di Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023 semakin ramai. Kini penolakan itu datang dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

    Sikap yang diambil Ganjar ini menjadi bentuk kesetiaannya pada amanat Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Memang pada masanya Soekarno adalah pemimpin yang dengan tegas mengecam penjajahan Israel terhadap Palestina.

    “Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces,” kata Ganjar pada Kamis (23/3/2023).

    Apalagi menurut Ganjar dirinya sudah terdidik sebagai kader PDI Perjuangan. Memegang teguh amanat Bung Karno untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina adalah sebuah landasan ideologi.

    “Jadi ya kita ikut amanat beliau. Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka” tegas Ganjar.

    Advertisement

    BACA JUGA: Ngeri! WNA di Bali Membuat Kampung Eksklusif di Ubud

    Lebih lanjut, Ganjar meminta untuk tidak mengorbankan apa yang sudah diperjuangankan oleh pendiri bangsa Indonesia. Ini sudah jadi komitmen dari Bung Karno untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

    BACA JUGA :  Wasekjen Demokrat Bandingkan 'Kejayaan' Jokowi dengan Ganjar di Jawa Tengah

    Ia meminta kepada penyelenggara Piala Dunia U-20 untuk melakukan komunikasi ke FIFA terkait kondisi sosial politik di Indonesia. Ganjar sendiri mengaku sudah membuka komunikasi dengan penyelenggara terkait penolakannya.

    “Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel,” ucap Ganjar.

    “Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” terangnya.

    Advertisement

    BACA JUGA: Penumpang Diduga Flu Burung, Terdeteksi di Bandara Soetta

    PDI Perjuangan Juga Tolak Israel

    Sikap Ganjar ini memang senada dengan PDI Perjuangan, partai yang menaunginya. Bentuk penolakan ini disampaikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Hamka Haq.

    “Ya penolakan terhadap Israel itu berdasarkan prinsip Bung Karno, bahwa Bung Karno tidak akan mengakui negara Israel sebelum memerdekakan Palestina,” ungkap Hamka beberapa waktu lalu.

    BACA JUGA :  PSI Sambut Positif Wacana Duet Ganjar - Anies di Pilpres 2024

    “Sampai sekarang prinsip itu dipegang oleh negara kita, termasuk oleh masyarakat luas,” lanjutnya.

    BACA JUGA: Dream Theater Manggung di Jakarta, Buruan Amankan Tiketnya!

    Advertisement

    PDI Perjuangan juga mengingatkan bagaimana dulu Presiden Soekarno pernah menolak memberikan visa kedatangan kepada delegasi Israel. Indonesia ketika itu memilih untuk membayar denda kepada Komite Olimpiade Dunia daripada menerima Israel.

    Bagi Presiden Soekarno tak ada yang lebih penting selain menghapuskan segala bentuk penjajahan dan kolonialisme di muka bumi. Sehingga tak ada tempat bagi Israel di bumi Nusantara. (IndoJurnal/Vitalis Yogi Trisna)

     

    Trending