Connect with us

    Berita

    Butuh Rekomendasi Universitas Islam di Jakarta? Ini Pilihannya

    Published

    on

    Universitas Islam di Jakarta

    IndoJurnal – Kamu hendak mencari universitas Islam di Jakarta? Tentunya kamu tidak ingin sembarangan pilih. Untuk itu, sebaiknya kamu mencoba untuk mencari tahu universitas Islam apa saja yang ada di Jakarta.

    Sebagai Ibu Kota negara dan pusat bisnis di Indonesia, Jakarta secara tidak langsung menjadi pusat dari berbagai bidang. Salah satunya pendidikan. Beberapa universitas Islam di Jakarta bahkan menjadi favorit mahasiswa.

    Tips memilih universitas

    Bagi kamu yang akan lulus SMA atau SMK dan hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, sebaiknya memang mempertimbangkan beberapa hal.

    Sebab, jenjang universitas akan menjadi bekal untuk melanjutkan hidup di masa yang akan datang. Bagi kamu yang tidak lulus seleksi universitas negeri pastinya juga harus segera memilih kampus swasta.

    Dengan biaya yang lebih tinggi, tentunya kamu tidak bisa main-main. Untuk itu, kamu harus tahu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk berkuliah di mana.

    Advertisement

    1. Cari informasi yang lengkap

    Di era internet sekarang ini, kamu bisa lebih mudah melakukan riset soal kampus favorit kamu, tak terkecuali universitas Islam di Jakarta. Kamu bisa mencari tahu soal jurusan, fasilitas, biaya, dan prestasinya. Carilah info dengan detail

    2. Tujuan kuliah

    Kalau kamu mau kuliah, sebaiknya tentukan juga tujuannya. Kamu bisa mencari kampus sesuai dengan karakternya, apakah kuat di praktek atau di teori. Hal itu kamu bisa cari tahu dari kurikulumnya.

    3. Buat pilihan universitas

    Kamu harus membuat urutan daftar universitas. Hal ini untuk memberikan kamu prioritas berdasarkan berbagai macam variabel, misalnya harga, jurusan, akreditasi, fasilitas, jarak, dan lainnya.

    4. Perhatikan reputasi

    Kamu tentunya tidak ingin kuliah di sembarang kampus bukan? Kamu bisa melihat berdasarkan reputasinya sesuai dengan akreditasinya. Ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihan.

    BACA JUGA :  Siapa Cawapres Ganjar Pranowo? Ini Kekurangan dan Kelebihan Ridwan Kamil, Sandiaga Uno dan Erick Thohir

    5. Lokasi

    Lokasi adalah hal yang penting juga. Sebab, lokasi akan memengaruhi biaya hidup dan kenyamanan belajar kamu. Kalau terlalu jauh berarti kamu harus kos, jika tidak kos berarti ada biaya transportasi atau waktu tempuh di jalan.

    Advertisement

    6. Fasilitas

    Ada fasilitas apa saja di kampus? Fasilitas di sini bukan berarti harus mewah, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan. Walaupun demikian, fasilitas yang standar bisa juga membuat kamu berhasil asal dibarengi dengan niat kuat belajar. Dan, fasilitas juga menentukan biaya kuliah kamu juga.

    7. Realistis

    Kamu tetap harus berpikir realistis. Jika kamu ingin tetap kuliah dengan di sebuah universitas, sesuaikan juga dengan kemampuan finansial kamu dan kemampuan belajar kamu.

    Rekomendasi universitas Islam di Jakarta

    Lalu, di mana sajakah universitas Islam di Jakarta yang bisa dipilih? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi universitas Islam di Jakarta.

    1. Universitas Al Azhar Indonesia

    Bicara soal universitas Islam di Jakarta, nama Al Azhar tidak boleh dilupakan. Universitas yang berada di daerah Kebayoran Baru Jakarta ini punya 6 fakultas dan 16 program studi yang sudah terakreditasi. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Al Azhar Indonesia.

    Di sini kamu bisa memilih Teknologi Informasi dan Komunikasi, jaringan mitra strategis, pengetahuan keislaman, keahlian manajemen, kepemimpinan, keahlian kewirausahaan, dan program bahasa.

    Advertisement

    2. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

    Universitas yang dikenal dengan Uhamka ini ada di daerah Jakarta Timur. UHamka ini punya visi menjadi yang terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

    Uhamka sendiri punya berbagai penghargaan dan sertifikasi yang menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi.

    Universitas Islam di Jakarta

    Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

    3.  Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

    Universitas Islam di Jakarta ini berdiri pada 1963  dan berada di Jakarta Pusat. Mereka mempunyai motto, Kampus Nusantara, Kearifan Lokal, Kualitas Global. Di Unusia, seluruh program studi berbasiskan Islam dan menggabungkan dengan kearifan lokal.

    BACA JUGA :  5 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba yang Tak Kalah Menawan

    4. Universitas Ibnu Chaldun

    Universitas ini terletak di Jakarta Timur dengan fokus pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan Islam. Di UIC, kamu bisa memilih beragam program studi di bidang teknologi informasi, bisnis, dan sastra.

    5. Universitas Islam Jakarta

    Universitas Islam Jakarta berlokasi di Jakarta Timur. Kampus ini punya misi menghasilkan mahasiswa yang kuat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni yang mengedepankan basis Islam. Di sini, teknologi informasi adalah program studi yang menjadi unggulannya.

    6.  Universitas YARSI

    Universitas ini berada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. YARSI ini kuat dalam bidang kedokteran karena YARSI sendiri merupakan kepanjangan dari Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia. Di sini, kamu bisa memilih Fakultas Kedokteran, Ekonomi, Hukum, Teknologi Informasi, dan Psikologi.

    Advertisement
    Baca Juga: 9 SD Unggulan dan Favorit di Jaktim Menurut BAN-S/M, Catat!

    Kenapa harus Universitas Islam?

    Ada beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di Universitas Islam. Inilah yang keuntungannya.

    • Lingkungan kampus lebih agamis membuat kamu yang mencari lingkungan religius bisa lebih tenang dalam menimba ilmu.
    • Dengan basis Islam, kamu akan mendapatkan banyak ilmu agama juga dalam kurikulumnya.
    • Kamu bisa lebih kaya dalam ilmu pengetahuan yang terintegrasi dengan agama.
    • Secara tidak langsung, kamu pun bisa membentuk akhlak yang islami.
    • Bisa mondok menjadi salah satu keuntungan. Karena beberapa universitas Islam menawarkan asrama atau fasilitas pondok pesantren. Jadi kamu bisa belajar ilmu pengetahuan umum di pagi hari, dan malam hari bisa menjalani kegiatan santri.
    Sumber: Berbagai Sumber

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending