Connect with us

    Gaya Hidup

    Catat, Ini 7 Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Kulit

    Published

    on

    Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

    IndoJurnal – Bekas jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang terjadi pada sebagian besar orang. Selain mengganggu, bekas jerawat juga dapat memperburuk kondisi kulit. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menggunakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. 

    Sebab jika tidak segera mendapatkan penanganan, bekas jerawat bisa menjadi permanen alias tidak bisa hilang.

    Berbeda dari skincare lainnya, produk perawatan wajah untuk bekas jerawat memiliki kandungan dan formula khusus yang membantu mengatasi permasalahan kulit tersebut.

    Inilah mengapa, kamu harus mengetahui permasalahan kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan produk skincare. 

    Pilihan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Berjerawat

    Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat secara khusus memiliki kandungan dan formula yang mampu menghilangkan noda hitam hingga kemerahan karena jerawat.

    Advertisement

    Sekarang ini, kandungan pada skincare juga dapat membantu mencerahkan, meratakan warna kulit, hingga menjaga kesehatan kulit wajah. 

    Agar tidak salah pilih, berikut beberapa rekomendasi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa menjadi pertimbangan:

    1. AVOSKIN Your Skin Bae Serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

    Serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed dari AVOSKIN merupakan produk skincare lokal yang telah resmi terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.

    Serum ini dikembangkan khusus untuk mengatasi bekas jerawat dengan menggabungkan bahan aktif Alpha Arbutin sebanyak 3% dan ekstrak alami dari Grapeseed. 

    Menurut penelitian dari Institute of Chemical Technology Mumbai dalam International Journal of Pharmaceutical Research, Alpha Arbutin memiliki kemampuan menghambat aktivitas tirosinase dan melanosom sehingga berperan dalam mencerahkan kulit dan menghilangkan noda akibat jerawat. 

    Advertisement

    Dengan begitu, serum ini bekerja efektif untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi dan merawat kesehatan kulit wajah.

    2. Whitelab A-Dose Of Glowing Serum

    Rekomendasi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah Whitelab A-Dose+ Glowing Serum. Produk skincare ini mengandung bahan yang khusus untuk mengatasi bekas jerawat.

    Misalnya, Arbutin 2%, Chromabright Molecule, Niacinamide 2%, Hyalu Complex-10, dan Marine Collagen. 

    Serum ini membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan mengurangi bercak gelap bekas jerawat serta peradangan. Keberadaan Chromabright Molecule dalam formulanya tidak hanya mencerahkan kulit, tetapi juga memberikan perlindungan dari sinar UV yang merugikan kulit. 

    Dengan kombinasi bahan tersebut, serum ini efektif dalam mengatasi permasalahan kulit seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi, perbedaan warna kulit, serta menjaga kelembaban kulit.

    Advertisement

    3. Axis-Y Dark Spot Correcting Glow Serum

    Pilihan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat satu ini mengandung niacinamide sebagai bahan dasarnya. Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mengatasi bintik hitam dan meningkatkan warna kulit yang tidak merata. 

    Selain itu, kandungan squalene dalam serum ini membantu menjaga kelembaban kulit dan meredakan bekas jerawat. Begitu pula dengan niacinamide yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

    Semua kandungan tersebut efektif untuk meningkatkan ketahanan kulit, tekstur kulit yang lebih baik, serta mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada berbagai jenis kulit.

    4. AVOSKIN Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

    Serum Salicylic Acid 2% + Zinc dari AVOSKIN adalah pilihan produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat selanjutnya.

    Serum ini mengandung Salicylic Acid dan Zinc dengan peran sebagai eksfoliator yang membantu membersihkan sel kulit mati dalam pori-pori dan mengontrol produksi minyak pada kulit. 

    Advertisement

    Penelitian dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan bahwa Salicylic Acid efektif dalam mengobati jerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat sehingga mengurangi jerawat dan peradangan.

    Dengan penggunaan rutin, serum ini dapat membantu kulit menjadi lebih bersih dan bebas dari bekas jerawat.

    5. Lacoco Dark Spot Essence

    Lacoco Dark Spot Essence memiliki kandungan utama dari buah mulberry, licorice, ekstrak wortel, dan bahan aktif seperti glycolic acid (AHA) 5%, salicylic acid (BHA) 1%, gluconolactone (PHA) 2%, dan tranexamic acid 2%. Kombinasi ini membantu mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat dengan efektif. 

    Salicylic acid membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak, sedangkan glycolic acid memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang bisa membantu memperbaiki penampilan kulit.

    Produk ini juga dapat membantu meminimalkan bekas jerawat dan merangsang pertumbuhan kolagen untuk kulit yang lebih sehat.

    Advertisement

    6. Wardah Lightening Serum Ampoule

    Wardah Lightening Serum Ampoule merupakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengandung niacinamide untuk menghilangkan bekas jerawat.

    Serum ini memiliki tekstur cair yang mudah meresap dalam kulit. Studi dalam British Journal of Dermatology menyebutkan bahwa niacinamide dapat mengatasi kondisi hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit setelah empat minggu penggunaan. 

    Tak hanya itu, bahan tersebut juga membantu menyamarkan bintik-bintik gelap, garis halus, kerutan, dan tanda penuaan lainnya. Dengan Wardah Lightening Serum Ampoule, kamu dapat memiliki kulit yang lebih cerah dan bersinar.

    7. ERHA AcneAct Post Acne Spot Serum

    Rekomendasi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat terakhir adalah ERHA AcneAct Post Acne Spot Serum. Serum ini mengandung 5% Niacinamide, 3% Tranexamic Acid, dan PAD (Potassium Azeloyl Diglycinate) sebagai kandungan utamanya. 

    Kombinasi dari bahan-bahan ini akan membantu mencerahkan kulit, meredakan noda hitam dan kemerahan akibat jerawat. Selain itu, kandungan tersebut juga menjaga kesehatan kulit dengan tambahan Calamine.

    Advertisement

    Jadi, itulah beberapa pilihan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu pilih. Produk tersebut memiliki berbagai kandungan aktif yang efektif dalam memberikan perawatan terbaik untuk kulit kamu.

    Menariknya lagi, semua produk perawatan wajah ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. Dengan rutin menggunakan produk skincare yang tepat, kamu dapat memiliki kulit yang lebih bersih, cerah, dan sehat.

    Tips Memilih Skincare untuk Bekas Jerawat

    Memilih produk skincare yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat memerlukan perhatian khusus. Carilah produk dengan bahan pencerah. Sebab, bekas jerawat seringkali berupa hiperpigmentasi atau perubahan warna pada kulit.

    Pilih produk yang mengandung bahan-bahan pencerah kulit seperti asam kojic, asam ascorbic (vitamin C), niacinamide, atau arbutin.

    Bahan-bahan ini dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

    Selain itu, kamu juga bisa memilih produk dengan bahan eksfoliasi. Produk skincare yang mengandung bahan-bahan eksfoliasi seperti asam salisilat atau asam glikolat dapat membantu menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati yang dapat membuat bekas jerawat terlihat lebih menonjol.

    Advertisement

    Eksfoliasi juga dapat merangsang regenerasi sel kulit baru.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending