Connect with us

    Berita

    Cek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, Begini Caranya!

    Published

    on

    Cek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. (BPJS)

    IndoJurnal – Ternyata kamu bisa cek nomor kepesertaan BPJS Kesehatan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP.

    Sebagai informasi, nomor kepesertaan BPJS Kesehatan memiliki fungsi yang cukup penting. Selain cek kepersetaan, bisa juga untuk membayar iuran, cek tagihan, hingga penggunaan ke fasilitas kesehatan (faskes).

    Tapi bukan perkara gampang bisa mengingat deretan angka kartu BPJS Kesehatan. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.

    Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor kepesertaan BPJS Kesehatan melalui NIK KTP kamu.

    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru

    Cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP

    1. SMS
    • Ada layanan SMS Gateway agar memudahkan peserta mendapatkan informasi melalui SMS alias pesan singkat melalui HP. Caranya hanya tinggal ketik NIK (spasi) nomor dan kirim ke nomor 087775500400.
    2. Aplikasi Mobile JKN
    • Kamu juga bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan lewat NIK dengan mengunduh mobile JKN di Google Play Store ataupun App Store. Tinggal buka aplikasi dan login, lalu pilih menu peserta dan pilih kartu yang kamu gunakan.
    3. WhatsApp
    • Kamu juga bisa menyediakan layanan melalui Whatsapp alias Pandawa. Untuk nomor Pandawa, kamu bisa tanyakan ke kantor cabang BPJS terdekat.
    4. Call Center
    • Selain itu, peserta juga bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan dengan mengecek nomor kepesertaan kamu melalui call center 24 jam BPJS Kesehatan di nomor 165.
    5. Kantor Cabang Terdekat
    • Cara ini dilakukan jika ingin mengetahui nomor kepesertaan melalui NIK dengan cara offline. Kamu bisa mendatangani kantor cabang terdekat.
    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Apa Itu BPJS Kesehatan

    BPJS Kesehatan adalah sebuah program asuransi kesehatan nasional di Indonesia yang memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia dan penduduk asing yang tinggal di Indonesia.

    BACA JUGA :  Mahasiswi Ingin 3 Periode, Jokowi: Tidak Diperbolehkan Konstitusi

    Program ini didirikan pada tahun 2014 dan dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengelola program-program jaminan sosial di Indonesia.

    Advertisement

    Jaminan ini memberikan akses ke layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, termasuk layanan rawat jalan, rawat inap, operasi, pelayanan gawat darurat, perawatan gigi, dan layanan kesehatan jiwa.

    Program ini didanai oleh kontribusi dari pemerintah, pengusaha, dan peserta yang terdaftar.

    Peserta BPJS Kesehatan membayar iuran bulanan yang tergantung pada tingkat penghasilan mereka, dengan iuran yang lebih rendah diberikan kepada peserta yang kurang mampu.

    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!

    Dalam program ini, peserta memiliki kebebasan untuk memilih fasilitas kesehatan yang akan mereka gunakan, dari faskes tingkat pertama hingga faskes rujukan tingkat lanjutan.

    Dengan adanya program BPJS Kesehatan, diharapkan seluruh warga negara Indonesia dapat memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau

    Advertisement

    Sehingga nantinya dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending