Connect with us

    Berita

    Cetak Sejarah! Tim Bola Basket Putri Raih Medali Emas SEA Games 2023

    Published

    on

    Tim Bola Basket Putri

    IndoJurnal – Tim bola basket putri cetak sejarah meraih medali emas pertama secara sempurna, menyapu bersih semua laga dengan kemenangan di SEA Games 2023, di Morodok Techo National Stadium, Kamboja pada Minggu (14/5/2023).

    Pelatih Timnas Bola Basket Putri Lin Chin-Wen yang berasal dari China mengatakan kesuksesan tersebut tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan.

    “Kami berlatih tanpa henti karena memang tidak ada liga untuk putri di Indonesia. Kami juga melakukan uji coba ke Taiwan,” ujar Lin Chin-Wen.

    Semangat dan motivasi para pemain berbeda dengan tahun lalu (SEA Games 2021 Vietnam). Mereka solid hingga bisa menampilkan permainan terbaik mereka,” tambahnya.

    BACA JUGA: Atalia Praratya Gabung Golkar, Ridwan Kamil: Memang Memiliki Kapasitas

    Pada laga terakhir, Skuad Merah Putih mengalahkan Singapura dengan skor 86-39. Kemenangan itu membuat Indonesia kokoh pada puncak klasemen dengan 12 poin, hasil dari enam kemenangan beruntun.

    Advertisement

    Sementara itu, Kapten Tim Henny Sutjiono mengatakan meski sudah memastikan medali emas, mereka tetap tampil maksimal melawan Singapura.

    “Kami ingin menyempurnakan emas dengan kemenangan sempurna. Kami terus berlatih dan semoga kemenangan ini bisa terus berlanjut pada SEA Games berikutnya dan kami juga ingin bersaing di Asian Games (Hangzhou, China),” ujar Henny.

    BACA JUGA: Dari Masa ke Masa, Pelatih Timnas Indonesia di Ajang SEA Games

    Perjalanan tim bola basket putri Indonesia di SEA Games 2023

    Skuad Merah Putih memenangi semua pertandingan yang menggunakan format setengah kompetisi.

    Dalam perjalanannya, Skuad Merah Putih membuka laga dengan kemenangan atas Vietnam pada Selasa (9/5) dengan skor 67-62.

    Satu hari setelahnya, timnas menang tipis atas Thailand 70-69. Pada Kamis (11/5), giliran Malaysia yang menjadi korban ketangguhan Indonesia dengan mengunci kemenangan 85-57.

    Advertisement
    BACA JUGA: Singgung Anies Baswedan, Jubir PSI: Berhenti Gunakan Istilah Non-Pribumi!

    Indonesia kemudian mengalahkan tim kuat Filipina dengan skor 68-89. Lalu kemarin, menang melawan tuan rumah Kamboja dengan skor 100-54.

    Emas ini menjadi sejarah karena untuk kali pertama akhirnya tim putri ndonesia bisa menjadi yang terbaik dalam pesta olahraga terakbar di ASEAN.

    Prestasi terbaik Indonesia sebelumnya adalah meraih tiga perak, masing-masing pada SEA Games 1991 di Filipina, 2015 di Singapura, dan 2021 di Vietnam.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending