Connect with us

    Berita

    Dahsyat! Kepercayaan Masyarakat ke Jokowi Capai 81,4 Persen

    Published

    on

    Kepercayaan Jokowi

    IndoJurnal – Hasil survei Indometer menunjukkan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 81,4 persen, dengan 9,6 persen di antaranya menyatakan sangat puas.

    “Di tengah tingginya tingkat kepuasan publik yang menembus 81,4 persen, Jokowi menjadi faktor penentu dalam Pilpres 2024,” ungkap Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Lonard SB, dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Selasa (20/6/2023).

    Menurut Leonard, tetap tingginya tingkat kepuasan publik, bahkan mencapai rekor tertinggi di atas 80 persen, merupakan fenomena yang baru terjadi pada masa Jokowi. Pada pemerintahan sebelumnya, ketika masa jabatan dua periode akan berakhir hanya separuh yang merasa puas.

    Berbeda dengan para pendahulunya, Jokowi tidak bersikap diam dan berpangku tangan dalam kontestasi untuk memilih pemimpin nasional berikutnya. Jokowi mendorong sejumlah tokoh untuk maju, baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

    BACA JUGA :  Gerinda Bersiap Usung Kaesang Jadi Walikota Surakarta

    “Jokowi tidak ingin legasi pembangunan yang telah diletakkannya dirusak oleh sosok yang tidak dapat dipercayainya,” tutur Leonard.

    Advertisement
    Baca Juga: Singgah ke Bakmi Pak Pele, Presiden Jokowi Bikin Warga Kaget

    Faktor Jokowi di Pilpres 2024

    Lebih lanjut, Leonard berpandangan bahwa para bakal calon presiden maupun bakal calon wakil presiden yang ingin berlaga pun harus memperhitungkan faktor Jokowi.

    “Tingginya tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi menjadi tantangan tersendiri ketika ingin menawarkan program kepada publik,” ujar Leonard.

    Dalam survei tersebut, hanya 17,8 persen yang merasa tidak puas dengan kinerja Jokowi, dan di antaranya sebesar 1,0 persen yang menyatakan tidak puas sama sekali. Sisanya menjawab tidak tahu/tidak jawab sebanyak 0,8 persen.

    Survei Indometer dilakukan pada 5-10 Juni 2023 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia, yang dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling). Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,98 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    BACA JUGA :  Niat Sholat Taubat dan Tata Caranya, untuk Dapat Ampunan Allah
    Sumber: Antara News

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending