Connect with us

    Berita

    Demi Perbaikan Sepak Bola Indonesia, PSSI Jalin Kerja Sama dengan JFA

    Published

    on

    Kerjsama PSSI - JFA

    IndoJurnal – PSSI melakukan kerja sama dengan Japan Football Association (JFA) dan ada tiga poin penting yang menjadi dasar kerja sama tersebut.

    Adalah Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden JFA Tashima Kohzo yang menandatangai Nota Kesepahaman (MoU) antara dua federasi tersebut.

    Penandatanganan MoU antara PSSI dan JFA dilaksanakan di Prince Takamado Memorial JFA YUME Field, Chiba, Jepang pada Senin (22/5/2023).

    BACA JUGA: Demi Pendidikan Anak-anak, TNI Sulap Pendopo jadi Taman Baca di Perbatasan Papua

    3 Poin penting kerjasama PSSI-JFA

    Berikut 3 poin yang disepakati dalam kerja sama tersebut:
    1. Pengembangan tim sepak bola putri.
    2. Sepakat mendorong dilakukannya benchmarking manajemen timnas.
    3. Masalah perwasitan.

    Seperti diketahui, Jepang punya catatan prestasi yang bagus dalam mengembangkan tim putri. Tidak hanya senior, tapi juga di kelompok umur U-16, U-19, dan U-20 yang bahkan mampu menjadi juara dunia.

    “Saya sudah meminta ada pelatih yang didatangkan dari Jepang, untuk bekerja sama dan bisa melatih di Indonesia,” ujar Erick dari laman PSSI.

    Advertisement
    BACA JUGA: TGB Ungkap Fakta Soal Pembangunan Jalan di Era Jokowi, Anies Baswedan Kurang Data?

    Selain itu, PSSI dan JFA juga sepakat mendorong adanya benchmarking dalam hal manajemen Timnas. Tujuannya adalah agar ada masukan tentang bagaimana timnas Indonesia dikembangkan.

    Benchmarking dilakukan antara liga-liga di Indonesia dengan liga yang digelar di Jepang, termasuk J-League. Lalu juga masalah perwasitan yang menjadi salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian.

    Karena itulah PSSI menggandeng JFA agar bisa memberikan bantuan kepada perwasitan dengan mengirimkan wasit-wasit terbaik Jepang ke Indonesia.

    BACA JUGA: West Bandits Solo Alami Kesulitan Finansial, IBL Terus Berupaya Carikan Solusi

    “Kita akan menggunakan wasit Jepang. Kita sedang tunggu nama-namanya. Dengan jalan ini kita berusaha perwasitan kita akan semakin baik,” ucap Erick.

    Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itupun berharap kerja sama dengan JFA bisa bermanfaat bagi sepak bola Indonesia.

    Advertisement

    “Ini adalah bagian pembangunan sepakbola Indonesia yang kita inginkan. Dengan liga yang berkualitas kita dapat menciptakan pemain dan tim nasional yang berkualitas juga.” tukasnya.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending