Connect with us

    Berita

    Dengan Fasilitas Mewah, Ini 5 Kampus Termahal di Indonesia

    Published

    on

    Kampus Termahal di Indonesia

    IndoJurnal – Fasilitas yang lengkap menjadi tolok ukur biaya kuliah di Indonesia. Kebanyakan hal itu dimiliki kampus swasta. Tak heran, deretan kampus termahal di Indonesia selalu ditempati oleh kampus swasta.

    Biaya kuliah di universitas swasta memang lebih mahal karena ketiadaan subsidi dari pemerintah. Guna bersaing dengan kampus negeri, kampus swasta menonjolkan kelengkapan fasilitas. Namun, hal tersebut dikompensasi dengan biaya yang lebih tinggi.

    Deretan Universitas Termahal di Indonesia

    Sejauh ini kampus termahal di Indonesia ini masih berkutat di pulau Jawa. Wajar saja, karena infrastruktur dan turunannya untuk menyelenggarakan pendidikan tersedia lebih banyak.

    Namun, bukan berarti kampus di luar jawa berkualitas buruk. Ini hanya permasalahan fasilitas saja. Selain itu, karena minat yang besar berkuliah di Jawa, biaya pun juga ikut meningkat.

    Berikut ini adalah daftar kampus termahal di Indonesia yang bisa menjadi pilihan kamu.

    Advertisement

    1. Swiss German University (SGU)

    Swiss German University adalah universitas swasta yang berada di kawasan Serpong. SGU yang berdiri pada 2000 merupakan universitas internasional pertama di Indonesia dengan lisensi akademik yang diakui hukum Indonesia.

    Kampus ini sendiri merupakan upaya bersama antara Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria. Fokusnya adalah pengetahuan dan teknologi. Di sini ada jurusan teknik industri, teknik mekatronika, rekayasi farmasi, teknologi pangan, biomedis, teknologi informasi, administrasi bisnis internasional dan lainnya.

    Kalau kamu tertarik masuk ke sini, siapkan Rp 24 juta sampai Rp 30 juta untuk uang semesterannya. Sedangkan untuk uang pangkalnya berkisar di Rp 58,5 juta.

    Uang masuk yang mahal ini dikompensasi dengan fasilitas berkelas, mulai dari dosen asing, menggunakan pengantar bahasa inggris, dan pakai kartu akses khusus.

    Sedangkan untuk fasilitas, kamu akan mendapatkan fitness dan Gym, lapangan indoor badminton, tennis, futsal, squash, kolam renang ukuran olympiade, whirpool, dan tenis meja.

    Advertisement

    2. Universitas Pelita Harapan

    Kampus termahal di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Pelita Harapan (UPH). Kampus yang terletak di Karawaci, Tangerang ini memang telah lama terkenal dengan universitas yang punya fasilitas keren.

    Prodi di UPH merupakan prodi-prodi yang bisa dikatakan terbaik. Mulai dari arsitektur, bioteknologi, matematika terapan dan aktuaria, perhotelan, desain komunikasi visual, dan lainnya.

    Untuk bisa berkuliah di situ, kamu harus menyiapkan uang kuliah sebesar Rp 190 Juta sampai Rp 300 juta sampai lulus. Ini juga menyesuaikan dengan jurusannya.

    3. Universitas Trisakti

    Salah satu universitas swasta tertua di Jakarta ini, Trisakti juga termasuk kampus termahal di Indonesia. Jika kamu ingin berkuliah di sini, kamu harus menyiapkan biaya sekitar Rp 131,5 juta sampai Rp 606 juta sesuai prodi hingga lulus.

    Beberapa fakultas yang bisa kamu pilih di sini antara lain Fakultas Ekonomi dan bisnis, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Arsitektur, dan masih banyak lagi.

    Advertisement

    4. Universitas Bina Nusantara

    Siapa yang tidak kenal Binus? Universitas yang terkenal dengan jurusan komputer ini, ternyata juga salah satu yang termahal di Indonesia. Biaya kuliah di sini tidak main-main.

    Menyesuaikan dengan jurusannya, biaya kuliah di universitas ini berkisar Rp 21 juta sampai Rp 75 juta per semester. Lumayan juga bukan? Tak heran, Binus masuk ke dalam daftar kampus termahal di Indonesia.

    Fasilitas yang disediakan untuk menunjang studi mahasiswa adalah perpustakaan di dalam dan di luar ruangan, lab resto and kitchen, mocup room seperti kamar hotel JW Marriot untuk jurusan Hotel Management dan layanan karier, relasi alumni, serta pengembangan bisnis.

    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan

    5. Universitas Tarumanagara

    Universitas yang bersebelahan dengan Trisakti ini juga termasuk kampus termahal di Indonesia. Dengan akreditasi A, kamu harus menyiapkan uang Rp 100 juta sampai Rp 290 juta untuk berkuliah sampai lulus di sini.

    Namun, di sini kamu bisa mengincar beasiswa agar bisa mengurangi beban SPP saat berkuliah. Jadi, kamu tetap bisa sukses dan nyaman berkuliah di sini jika kamu benar-benar mampu menunjukkan prestasi.

    Advertisement

    Untar menyediakan beragam prodi yang bisa kamu pilih, mulai dari arsitektur, teknik sipil, hukum, psikologi, dan lainnya.

    Tentunya masih banyak lagi kampus termahal di Indonesia yang tidak masuk ke daftar ini. Namun, yang jelas, kampus mahal ini menyesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Tujuannya, mahasiswanya mampu berkuliah dengan serius untuk bisa berprestasi di masa depan.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News
    Advertisement

    Trending