Connect with us

    Berita

    Deretan Stadion Terbesar di Indonesia, JIS Ada di Urutan Teratas

    Published

    on

    Stadion Terbesar di Indonesia

    IndoJurnal – Indonesia memiliki puluhan stadion sepak bola yang tersebar di berbagai penjuru wilayah Tanah Air. Adanya stadion itu bukan cuma berfungsi menjadi sarana gelaran olahraga nasional maupun internasional seperti sepak bola.

    Seiring berjalannya waktu, stadion juga kerap diperuntukan untuk perhelatan di luar olahraga yang melibatkan kehadiran banyak orang. Stadion juga bisa digunakan mulai dari pertemuan besar kampanye hingga konser musik.

    Pembangunan stadion di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak tahun 1920-an di Malang, Jawa Timur.

    Perkembangan stadion di Indonesia juga terus mengalami kemajuan dari masa ke masa mulai dari infrastruktur hingga peningkatan kapasitas daya tampung.

    Dengan peruntukan yang juga beragam, kapasitas di stadion terus mengalami peningkatan. Bahkan hingga saat ini Indonesia memiliki sejumlah stadion terbesar dengan kapasitas tampung hingga puluhan ribu orang.

    Advertisement

    JIS terbesar di Indonesia

    Berdasarkan data yang dihimpun, status stadion terbesar di Indonesia saat ini dipegang oleh Jakarta International Stadium (JIS). Stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu memiliki daya tampung sebesar 82.000 orang.

    JIS menyandang status stadion terbesar di Indonesia seiring dengan rampungnya proses pembangunan di tahun 2022.

    Dengan kapasitas yang dimiliki, JIS otomatis mengalahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan yang punya kapasitas 76.000 orang.

    JIS dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan di bulan September 2019 hingga April 2022. Baru pada 24 Juli 2022 stadion ini resmi dibuka dan langsung menggeser posisi SUGBK sebagai stadion dengan kapasitas terbesar di Indonesia.

    BACA JUGA :  Indonesia Batal jadi Tuan Rumah, FIFA Bahas Kanjuruhan Bukan Israel

    Sebelum JIS dinobatkan menjadi stadion terbesar di Indonesia, Stadion Utama Gelora Bung Karno sempat menyandang status tersebut.

    Advertisement

    Diresmikan pada bulan Juni 1962 stadion itu mengambil nama Ir. Soekarno yang menjabat sebagai Presiden di periode itu. Di awal pembangunannya, SUGBK memiliki kapasitas 110.000 penonton.

    Namun seiring dengan renovasi yang dilakukan, kapasitas SUGBK menurun kapasitasnya menjadi 77.193 di tahun 2017.

    Ada fakta menarik selama SUGBK berdiri, stadion ini sempat berganti nama menjadi Stadion Utama Gelora Senayan sebagai upaya de-Soekarnoisasi  pada masa Orde Baru Presiden Soeharto di tahun 1984.

    Kemudian pada 2001, Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengembalikan nama Stadion Utama Gelora Bung Karno.

    Stadion ketiga yang menjadi stadion terbesar di Indonesia adalah Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya. Diresmikan pada 6 Agustus 2010, stadion yang ada di Kecamatan Pakal, Surabaya ini memiliki kapasitas 55.0000 penonton di awal peresmiannya.

    Advertisement

    Namun, ketika renovasi pada 2019–2020 untuk kepentingan Piala Dunia U-20 2023, Stadion Gelora Bung Tomo mengalami pengurangan kapasitas menjadi 46.806 penonton.

    Stadion Terbesar di Indonesia lainnya adalah Stadion Jatidiri, Semarang. Kapasitas Stadion Jati Diri meliputi 45.000 penonton.

    Sejatinya kapasitas Stadion Jatidiri sama dengan Stadion Harapan Bangsa di Aceh, hanya saja kondisi Jatidiri lebih aktual dan layak setelah direnovasi.

    BACA JUGA :  Pembuatan SKCK Offline, Berapa Lama? Simak Ulasannya

    Stadion Jatidiri pertama kali dibuka pada 1991 lalu dorenovasi dan kembali bisa digunakan mulai 2022 lalu. PSIS Semarang menjadi klub yang rutin menggunakan Stadion Jatidiri.

    Baca Juga: Rekor Baru! 10 Pemain Aboard Timnas Indonesia di FIFA Mathday
    Stadion Terbesar di Indonesia

    Stadion Batakan, salah satu yang terbesar di luar Pulau Jawa.

    Stadion di luar Pulau Jawa

    Selanjutnya ada Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Stadion ini mulai dibangun tahun 2010 hingga akhirnya diresmikan pada 2017.

    Stadion Batakan berkapasitas 40.000 penonton dan direncankan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena sejumlah pertimbangan tertentu.

    Advertisement

    Jajaran stadion terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Stadion Palaran yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion yang dibangun untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008 ini diresmikan pada 18 Juni 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    Di awal pembangunannya stadion ini sempat disebut bisa menampung penonton sebanyak 67.075 orang. Tapi data teranyar menyatakan bahwa kapasitas Stadion Palaran hanya sebanyak 35.000 penonton.

    Meski menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia, tapi saat ini kondisi Stadion Palaran cukup mengkhawatirkan.

    Selepas PON stadion ini jarang digunakan, selain karena lokasinya yang tidak mudah dijangkau, kapasitas yang terlalu besar belum cocok dengan klub Kaltim.

    Sumber: Berbagai Sumber

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending