Connect with us

    Politik

    Elektabilitas Capres 2024: Prabowo Subianto Tertinggi, Anies Baswedan Tetap Stagnan

    Published

    on

    Elektabilitas capres 2024

    IndoJurnal – Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tertinggi dalam simulasi calon presiden (capres) 2024.

    Kondisi itu terjadi baik dalam simulasi 34 nama semi terbuka ataupun simulasi tertutup 10 nama, dan simulasi tertutup empat nama.

    Rilis ini disampaikan oleh LSI  dalam, Hasil Survei Nasional LSI: “Peta Elektoral Pilpres dan Antisipasi Putaran Kedua”, yang ditayangkan dari kanal YouTube Lembaga Survei Indonesia, pada Rabu, 3 Mei 2024.

    “Pak Prabowo sejak Januari 2023 sampai April itu terus mengalami penguatan,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan.

    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Dalam simulasi 34 nama semi terbuka, elektabilitas Prabowo mencapai 26,5 persen, diikuti dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 24,9 persen, lalu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 19,8 persen.

    Advertisement

    Lebih lanjut, pada simulasi tertutup 10 nama, elektabilitas Prabowo mencapai 28,3 persen, Ganjar sebesar 27,3 persen, dan Anies Baswedan 21 persen.

    BACA JUGA :  Gus Falah: PDI Perjuangan dan NU Dekat Struktural dan Kultural

    “Pak Ganjar cenderung mengalami penurunan atau pelemahan selama tiga atau empat bulan terakhir, sementara Pak Prabowo cenderung mengalami penguatan. Anies Baswedan mengalami sedikit penguatan dari Februari ke April, tetapi tidak setinggi Pak Prabowo,” kata Djayadi.

    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru

    Kemudian, dalam simulasi tertutup empat nama, Prabowo Subianto tetap unggul dengan elektabilitas mencapai 33,1 persen, Ganjar Pranowo 31,8 persen, dan Anies Baswedan 25,3 persen.

    “Puan Maharani 2,2 persen, 7,5 persen belum menjawab,” ucapnya.

    Djayadi menjelaskan bahwa survei dilaksanakan sebelum pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan.

    Advertisement

    Oleh karena itu, LSI masih memasukkan nama Puan Maharani ke simulasi tertutup empat nama.

    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!

    Survei elektabilitas Capres 2024

    Survei LSI dilakukan terhadap responden yang memiliki hak pilih, yakni yang sudah berusia di atas 17 tahun.

    BACA JUGA :  Mahfud MD Pilihan Brilian dari Koalisi Pengusung Ganjar Pranowo

    Sampel survei itu dipilih secara acak (multistage random sampling) dan melibatkan 1.220 responden. Data survei diambil pada 12-17 April 2023.

    Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dengan responden dilakukan secara tatap muka oleh pewawancara yang dilatih.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending