Connect with us

    NEWS

    Erick Thohir Tunggu Restu ‘Orang Tua’ Sebelum Maju di Pilpres

    Published

    on

    Erick Thohir Tunggu Restu

    IndoJurnal – Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan masih menunggu persetujuan dari ‘orang tua’ sebelum terlibat dalam Pilpres 2024.

    Nama Erick Thohir masuk dalam daftar kandidat cawapres pendamping Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Erick bahkan mengibaratkan posisinya saat ini layaknya seseorang yang sedang jatuh cinta.

    “Harus mendapatkan izin dari orang tua, bukan?” kata Erick di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (16/8/2023).

    Ia mengungkapkan, ‘orang tua’ yang dimaksud adalah partai-partai koalisi yang pendukung setiap kandidat presiden. Seperti diketahui, Prabowo Subianto mendapat dukungan Partai Gerindra, PAN, PKB, dan PBB.

    Sementara itu, Ganjar Pranowo diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Perindo, serta Partai Hanura. “Seperti halnya dalam keluarga, ada bapak dan ibu. Koalisi juga terdiri dari beberapa partai,” ujar Erick.

    Advertisement

    Erick Thohir Masih Cermati Dinamika Koalisi

    Erick juga mengungkapkan bahwa ia akan mengamati perkembangan koalisi. Ia tidak merasa telah diajukan oleh salah satu partai politik sebagai calon wakil presiden dalam Pilpres 2024 mendatang.

    “Ketika koalisi terbentuk, masing-masing partai akan mengusulkan nama, dan kita akan melihat bagaimana prosesnya, ” kata Erick. Ia menjelaskan, ada mekanisme yang harus diikuti.

    Sebagaimana yang telah diketahui, PAN sedang melakukan komunikasi dengan Partai Gerindra, PKB, dan Partai Golkar untuk menjagokan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto meyakini bahwa Prabowo akan memilih Erick Thohir sebagai pasangan cawapres. Alasannya, elektabilitas Erick Thohir yang terus menunjukkan tren positif dalam berbagai lembaga survei.

    Yandri menjelaskan, apabila berbicara mengenai potensi peluang kemenangan, pilihan paling rasional menurut PAN adalah Erick Thohir.

    Advertisement

    Sebab, Erick saat ini menduduki puncak survei. Ia meyakini, tujuan bergabungnya empat partai besar dalam koalisi adalah demi kemenangan.

    BACA JUGA: Survei Politik: Sosok Erick Thohir Bikin Prabowo dan Ganjar Melesat

    Relawan Jokowi Sebut Erick Thohir Sebagai Salah Satu Kandidat Cawapres

    Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) mengakui telah menerima informasi bahwa calon wakil presiden cawapres untuk Prabowo Subianto semakin mengerucut.

    Ada dua nama yang muncul setelah Partai Golkar dan PAN resmi bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dipimpin oleh Gerindra dan PKB.

    “Posisi cawapres Prabowo semakin mengerucut pada dua nama, yakni Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka,” kata Ketua Umum ABJ, Michael Umbas, Minggu (13/8/2023).

    Umbas menjelaskan bahwa PAN akan memberi tawaran pada Erick Thohir. Sementara itu, Golkar akan mengajukan Gibran. Namun semuanya masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

    Advertisement

    Dia juga mengatakan bahwa PKB akan menawarkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan ia menduga Cak Imin juga bisa mendukung Gibran.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending