Connect with us

    NEWS

    Fadli Zon Optimis ‘Suara Parlemen’ Berikan Perspektif Baru bagi ASEAN

    Published

    on

    Fadli Zon suara parlemen. (DPR)

    IndoJurnal – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR Fadli Zon memastikan rekomendasi perwakilan Parlemen se-ASEAN terwakili dalam pesan yang akan disampaikan dalam agenda ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting.

    Masing-masing dari rekomendasi tersebut, ungkapnya, diharapkan dapat memberikan perspektif baru untuk menghadapi tantangan di kawasan ASEAN.

    “Saya harap kita bisa mempresentasikan rekomendasi yang deliberatif,” kata Fadli saat mengawali Parliamentary Preparatory Meeting untuk ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (9/5/2023).

    “Dari sudut pandang kita (sebagai parlemen) adalah berupaya menyelesaikan tantangan guna menjaga komunitas ASEAN,” lanjutnya

    Memperoleh kepercayaan sebagai Ketua Rapat Persiapan, dirinya ingin para perwakilan parlemen se-ASEAN berpartisipasi penuh.

    Advertisement
    BACA JUGA: Gerindra Terus Menanjak, NasDem Terancam Gagal ke Senayan

    Baginya, partisipasi ini akan melahirkan kolaborasi antar Parlemen ASEAN. Diharapkan, dampaknya akan menjadi vital demi mewujudkan kesatuan dan sentralitas ASEAN.

    “Kami sudah menerima beberapa masukan dari sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, Singapura, Laos, Kamboja, dan Thailand. Kami pun juga menerima inisiatif pesan AIPA yang lebih ringkas dari DPR,” imbuh Politisi dari Partai Gerindra tersebut.

    Usai bersama menyelesaikan finalisasi pesan AIPA, ia mengungkapkan apreasiasi atas dukungan seluruh perwakilan Parlemen se-ASEAN yang hadir.

    “Izinkan saya menyampaikan apresiasi yang tulus untuk semua dukungan, kontribusi, dan partisipasi yang tak ternilai,” tutup Fadli.

    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Mendorong pertumbuhan ekonomi ASEAN

    Sebagai informasi, melalui estafet keketuaan ASEAN yang dipercayakan saat ini, Indonesia sedang berupaya memperkuat posisi ASEAN sebagai kawasan yang stabil dan damai.

    Advertisement

    Di mana, salah satunya, diwujudkan dengan mendorong adanya partisipasi inklusif dan pertumbuhan ekonomi kawasan yang berkelanjutan.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Sosok Tepat untuk Ganjar dan Prabowo, Ini Alasannya!

    Selaras dengan tema ASEAN ke-42 bertajuk ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’, Presidensi AIPA turut bertemakan ‘ ‘Responsive Parliaments for Stable and Prosperous ASEAN’.

    Dengan tema tersebut, setiap parlemen ASEAN memiliki semangat yang sama menyampaikan pesan dan aksi mengenai integrasi regional, pembangunan komunitas, serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending