Connect with us

    Olahraga

    Final Piala AFF U23 2023, Timnas Kalah Adu Penalti dari Vietnam

    Published

    on

    Final Piala AFF U23

    IndoJurnal – Timnas Indonesia U23 kalah dari Vietnam melalui drama adu penalti yang berakhir 5-6 pada partai final Piala AFF U23 yang berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

    Pada awal pertandingan Indonesia memperoleh sebuah peluang pada menit keenam, ketika umpan silang dari Alfreandra Dewangga dapat ditangkis oleh kiper Vietnam.

    Pada menit ke-12 aksi ‘solo run’ Beckham Putra mampu melewati empat pemain Vietnam, tapi Beckham gagal melepaskan tembakan akurat dan melebar di sisi kanan gawang Vietnam.

    Umpan silang dari Haykal di sisi kanan gagal dijangkau oleh Abdulrahman pada menit ke-17. Tim Garuda Muda terus menekan Vietnam, hasilnya pada menit ke-19 sepakan kaki kiri dari Dewangga masih mampu di blok oleh pertahanan Vietnam.

    Pada menit ke-25, Indonesia memperoleh peluang melalui tendangan bebas setelah Beckham Putra dihentikan pemain Vietnam Nguyen Ngoc Thang. Namun, sepakan Rifky yang mengincar tiang dekat mampu ditangkis kiper Vietnam Quan Van Chuan.

    Advertisement

    Vietnam memperoleh peluang emas pada menit ke-30 setelah tembakan gelandang Nguyen Minh Quang membentur tiang gawang. Nguyen Minh Quang yang mencoba mengejar bola liar dijegal oleh Dewangga di dalam kotak penalti.

    Sepakan penalti Nguyen Quoc Viet di sisi kanan mampu ditangkis dengan mudah oleh penjaga gawang Ernando Ari.

    BACA JUGA :  4 Wakil Indonesia Bertarung di Hari ke-2 Kejuaraan Dunia BWF

    Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong terus mendikte permainan melalui serangan-serangan di dua lini sektor sayap. Namun hingga peluit akhir babak pertama berbunyi skor bertahan 0-0.

    Pada awal babak kedua, lemparan ke dalam Robby Darwis mampu disepak oleh Beckham Putra namun masih mampu diblok pemain Vietnam.

    Tim Garuda Muda terus menyerang melalui skema tendangan sudut, sundulan Ferarri pada menit ke-48 masih melebar jauh di sebelah sisi kanan gawang Vietnam.

    Advertisement

    Sepakan tendangan bebas Ramadhan Sananta di tiang dekat hampir membuat Indonesia unggul pada menit ke-54, namun sepakannya ditangkis oleh kiper.

    Aksi tembakan dari pemain Vietnam Nguyen Minh Quang pada menit ke-70 masih melebar dari gawang Ernando Ari. Tembakan dari luar kotak penalti Sananta pada menit ke-75 masih digagalkan tiang gawang.

    Pada menit ke-80 sepakan dari jarak dekat Nguyen Minh Quang masih mampu dengan mudah ditangkap oleh Ernando. Menit ke-81 melalui umpan terobosan Beckham, sepakan Haikal masih belum mampu menembus gawang Vietnam.

    Hingga peluit babak kedua berakhir tidak ada peluang tercipta dan skor bertahan seri 0-0.

    Pada menit ke-110 Indonesia mendapat peluang melalui Sananta namun gagal untuk mengecoh kiper. Bola liar yang didapat Frengky disepak masih melenceng dari tiang gawang.

    Advertisement
    BACA JUGA: Melaju ke Babak 16 Besar, Rehan/Lisa Tantang Peringkat 1 Dunia

    Berakhir dengan Adu Penalti

    Hingga perpanjangan waktu berakhir tidak ada peluang berbahaya yang dihasilkan oleh kedua tim. Pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

    BACA JUGA :  EA vs 2K, Persaingan Baru dalam Merebut Pasar Gim Sepak Bola

    Pada babak adu penalti Indonesia membuka keunggulan melalui sang kapten Dewangga, 1-0. Sepakan Nguyen Duc Viet mampu menyamakan kedudukan untuk Vietnam, 1-1.

    Arkhan Fikri mampu menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-1. Sepakan Dinh Xuan Tien mampu menyamakan kedudukan 2-2. Tembakan Frengky membawa Indonesia kembali unggul 3-2.

    Kemudian Le Nguyen Hoang menyamakan kedudukan 3-3. Sepakan dari Kelly ke pojok kanan gawang membawa Indonesia unggul 4-3. Tran Nam Hai membawa Vietnam menyamakan kedudukan 4-4.

    Sananta mampu menyarangkan bola dan membuat tim Garuda Muda kembali memimpin 5-4. Luong Duy Cuong kemudian menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

    Advertisement

    Sepakan dari Ernando mampu digagalkan Quan Van Chuan dan kemudian tembakan Thai Ba Dat mampu mengelabui Ernando yang membuat adu penalti itu berakhir dengan 6-5 untuk kemenangan Vietnam.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending