Connect with us

    Berita

    Ganjar Pranowo Kembali Beri Isyarat, Golkar Gabung Koalisi?

    Published

    on

    Ganjar Pranowo

    IndoJurnal – Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, akan segara mengumumkan partai politik pendukung baru yang akan mengusung dirinya dalam Pemilu 2024.

    “Soal partai yang mengusung, partainya yang mana, kami tunggu dalam dua hari ini akan mendapatkan beritanya,” ujar Ganjar dalam konferensi pers di Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan Ganjar Presiden 2024, Jakarta Pusat pada Kamis (6/1/2023).

    Ia mengatakan bahwa pengumuman resminya akan disampaikan dalam dua hari terhitung sejak hari ini.

    Tidak hanya itu, ia sempat menyinggung terkait ada partai “kuning” yang merapat mendukungnya pada pencalonan Pilpres 2024. Ganjar yang sedang mengunjungi Manado, Sulawesi Utara, pada Kamis (18/5/2023) justru menjelaskan hidangan yang dinikmati di Manado itu.

    “Nasi kuningnya, ya, pasti merapat. Campur roa dikit, roanya kan merah tadi,” kata Ganjar kepada wartawan sembari jalan sehat di Kompleks Mega Mas, Manado, Sulawesi Utara.

    Advertisement
    Baca Juga: Kota Ende, Saksi Perjuangan Bung Karno dan Lahirnya Pancasila

    Sinyal Golkar Merapat ke Koalisi PDI Perjuangan

    Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memberikan sinyal bahwa partai berwarna kuning akan bergabung dengan koalisi bakal capres Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

    BACA JUGA :  Lanjut Kuliah S2 di UI, Simak Informasi Syarat dan Harganya!

    Hal ini disampaikan Puan usai Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023. Adapun sinyal terkait partai kuning akan bergabung diketahui melalui blus kuning yang dipakai Puan dengan balutan blazer hitam.

    “Pakai baju kuning,” celetuk Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco yang berdiri di samping Puan saat disinggung awak media terkait adakah partai lain yang ingin dipikat.

    Hal ini langsung menuai gelak tawa dari Puan, Dasco, Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk F Paulus, dan awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan

    “Ini tanda-tanda,” kata Puan sembari tertawa.

    Advertisement

    Menurut Puan, dinamika politik saat ini sangat dinamis karena setiap partai politik (parpol) masih melakukan penjajakan.

    “Sekarang dinamika di lapangan masih sama-sama kita jalanin masing-masing, seperti Gerindra masih bersilaturahim dan berkomunikasi ke mana, NasDem, Golkar. Semua parpol, saya liat saat ini masih menjajaki untuk bisa bersama-sama menuju 2024,” tambahnya.

    BACA JUGA :  7 Tahap Menggunakan Aplikasi Perpanjangan STNK

    Untuk itu, ia berharap agar dinamika politik harus tetap dilakukan bersama-sama dan dilaksanakan secara bergotong royong, rukun, bergembira, dan tanpa menimbulkan kontroversi yang membuat masyarakat gundah.

    Saat ditanya lebih lanjut terkait partai kuning, Puan enggan menjelaskan partai mana yang dimaksud. Sebab, ada beberapa partai yang memiliki unsur kuning, seperti Golkar, Gerindra, Hanura, dan lainnya.

    Baca Juga: 5 Idol K-Pop Hiatus tapi Keluar dari Grup, Siapa Saja Mereka?

    “Bisa semua, memang begitulah namanya strategi, rahasia ya, tidak boleh dikasih tahu, tapi seperti Pak Dasco bilang hari ini kuning,” lanjut Puan.

    Advertisement

    Ia tak mempersoalkan apabila partai kuning bergabung dengan PDIP di 2024. Tidak hanya itu, Puan mengungkapkan semua partai dapat bergabung dengan koalisinya demi membentuk kekuatan bersama.

    Di sisi lain, Lodewijk mengatakan Golkar saat ini masih menjalani silaturahim dan berkomunikasi dengan PDI Perjuangan.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending