Connect with us

    Politik

    Gibran Potensial Jadi Cawapres Prabowo, Gerindra Angkat Bicara

    Published

    on

    Cawapres Prabowo

    IndoJurnal – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa belum ada pembicaraan internal di partainya ihwal probabilitas Wali Kota Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

    “Di kita (Partai Gerindra) belum ada pembicaraan-pembicaraan mengenai itu,” kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (24/5/2023).

    Hal tersebut disampaikannya menanggapi pembicaraan di publik terkait kedekatan Gibran dengan Prabowo, yang mencetus sejak pertemuan kedua tokoh politik itu di Angkringan Omah Semar Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat (19/5/2023).

    Meskipun demikian, menurut Dasco, tidak ada larangan untuk menyandingkan sosok tertentu sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) sejauh tidak melanggar atau bertentangan dengan aturan perundangan yang berlaku.

    Adapun pada Maret lalu, Mahkamah Konstitusi menerima permohonan uji materi (judicial review) yang diajukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait persyaratan batas usia minimal capres dan cawapres adalah 40 tahun sebagaimana termaktub dalam Pasal 169 huruf (q) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

    Advertisement

    “Nah, dinamika yang ada di masyarakat pada saat ini adalah beberapa nama, termasuk tadi disampaikan adalah Mas Gibran, dan tadi kalau pertanyaannya adalah judicial review ya kita nanti lihat saja hasilnya bagaimana,” ucapnya.

    BACA JUGA :  6 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah agar Traveling Lebih Hemat
    BACA JUGA: Persebaya Tantang Bali United, Panaskan Mesin!

    Penentuan cawapres harus berdasarkan kesepakatan Gerindra dan PKB

    Dasco pun menegaskan bahwa penentuan bakal cawapres akan diputuskan oleh Prabowo bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, sebagaimana kesepakatan kerja sama politik yang dijalin kedua partai itu.

    “Kami sudah sampaikan berulang kali bahwa sudah ada kesepakatan atau kontrak kerja sama politik antara Gerindra dan PKB, di mana kemudian capres dan cawapres ditentukan oleh Pak Prabowo dan Pak Muhaimin,” tuturnya.

    BACA JUGA: Cawapres Anies, Din Syamsuddin Sebut 2 Nama

    Termasuk, lanjut dia, apabila Muhaimin berkehendak untuk diduetkan mendampingi Prabowo pada Pilpres 2024 maka harus dilangsungkan pembicaraan oleh kedua belah pihak guna menentukan keputusan bersama.

    “Apa yang disampaikan Pak Muhaimin itu monggo disampaikan juga berdua kepada Pak Prabowo, kan bahwa kemudian di media disampaikan bahwa Pak Muhaimin bersedia menjadi cawapres Pak Prabowo tentu dalam pembicaraan-pembicaraan itu juga mesti dilakukan untuk memasukkan usulan itu,” kata dia.

    Advertisement
    BACA JUGA: 5 Rekomendasi Game Pertanian Offline, Ada Hayday!

    Sebelumnya, Jumat (19/5/2023), Prabowo melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka selama sekitar satu jam secara tertutup yang kemudian dilanjutkan bertemu dengan 15 kelompok relawan Gibran secara terbuka.

    BACA JUGA :  Ganjar Pranowo Rebound, PDI Perjuangan Bakar Semangat Juang

    Prabowo dalam acara tersebut merasa kaget karena telah disambut luar biasa oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama 15 kelompok relawan dari Jateng dan Jatim yang mendukungnya maju Capres 2024.

    “Kami bersama 15 relawan mas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sama-sama berkomitmen ingin Indonesia kuat, aman, dan sejahtera,” kata Prabowo.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending