Connect with us

    Politik

    Hasil Survei Cawapres Terbaru: Elektabilitas Erick Thohir Ungguli Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil

    Published

    on

    Elektabilitas Erick Thohir

    IndoJurnal – Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

    Nama Menteri BUMN Erick Thohir, berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 17,1 persen sebagai bakal cawapres Pilpres 2024.

    Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menjelaskan, peta elektabilitas bakal cawapres untuk 10 nama yang tertinggi adalah Erick Thohir 17,1 persen, Sandiaga Uno 15,5 persen, Ridwan Kamil 13,5 persen.

    Ada juga nama-nama lain yang masuk dalam survei tersebut, seperti Menko Polhukam Mahfud MD sebesar 7,8 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono​​​​​​​ 7,7 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa 6,8 persen.

    BACA JUGA: 3 Ponsel Dewa yang Memiliki Performa Kencang, Cocok untuk Gaming

    Kemudian, nama Ketua DPR Puan Maharani sebesar 3,5 persen, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di angka 3,1 persen, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar 3 persen, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa 2,5 persen.

    Advertisement

    Menurut Hanta, ada tiga bakal cawapres yang memiliki perolehan elektabilitas di atas 10 persen, namun sampai saat ini belum ada yang dominan mencapai 30 persen seperti elektabilitas bakal calon presiden (capres).

    BACA JUGA :  Bertemu Romo Magnis, Ganjar Pranowo Mendapatkan Hadiah Buku 'Etika Politik'

    “Tapi memang cawapres biasanya tidak setinggi capres elektabilitasnya,” kata dia.

    Ia melihat elektabilitas cawapres banyak dipengaruhi oleh partai-partai politik, seperti Erick Thohir oleh PAN, Sandiaga Uno oleh PPP dan Ridwan Kamil yang kerap kali disebut usai bergabung dengan Golkar.

    BACA JUGA: Cara Daftar SMS Banking di Bank Mandiri, Memberikan Kemudahan Transaksi
    Elektabilitas Erick Thohir Stabil

    Jika melihat tren, elektabilitas Erick Thohir dinilai cukup stabil meski cenderung mengalami kenaikan walaupun tipis. Hanta melihat elektabilitas Erick Thohir stabil sejak Oktober 2021 hingga April 2023.

    “Pak Erick Thohir, selain menteri BUMN, merupakan Ketua Umum PSSI menjadi variabel sosialisasi yang beririsan dengan isu-isu politik,” tutur Hanta.

    Advertisement

    Sementara itu, untuk capres terlihat semakin mengerucut kepada tiga nama, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Kondisi ini akan membuat peran sosok cawapres menjadi semakin penting.

    BACA JUGA :  Cak Imin 'Bajak' Sandiaga Uno: Kirain Udah Pasti PPP, Masuk PKB Dijamin Berkah
    BACA JUGA: Tahapan Pemilu 2024, Pesta Demokrasi Hanya Tersisa Hitungan Bulan

    Survei Poltracking Indonesia dilakukan pada 9 hingga 15 April 2023 usai momentum batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dan sebelum deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDI Perjuangan (PDIP).

    Survei ini melibatkan 1.220 responden terpilih pada Februari, Maret, dan April 2023 untuk dilakukan wawancara tatap muka langsung.

    Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error + 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending