Connect with us

    Berita

    Indonesia Batal jadi Tuan Rumah, FIFA Bahas Kanjuruhan Bukan Israel

    Published

    on

    FIFA Bahas Kanjuruhan

    IndoJurnal, Jakarta – FIFA bahas tragedi Kanjuruhan setelah membatalkan status tuan rumah Piala Dunia U-20 di Indonesia. Pasca Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertemu Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023).

    Pembatalan tersebut diduga karena aksi penolakan beberapa ormas perihal kedatangan Israel ke Indonesia. Namun, jika membaca pernyataan FIFA soal pembatalan, sama sekali tidak menyinggung perihal Israel.

    FIFA bahas Tragedi Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 135 suporter pada Oktober 2022, menjadi penyebab pembatalan Piala Dunia U-20.

    Berikut isi lengkap pernyataan FIFA seperti dikutip di akun resminya fifa.com:

    “Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden (Ketua Umum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023”.

    “Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,”

    Advertisement
    BACA JUGA: Makin Akrab Nih! Boy William Cover Dance Bareng Anak Ayu Ting Ting

    “FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022”.

    “Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,”

    BACA JUGA: 3 Keutamaan Surat AL Baqarah, Umat Muslim Wajib Paham!
    Terancam Sanksi dari FIFA

    Indonesia terancam dijatuhi sanksi karena dianggap tak mampu menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, federasi sepak bola dunia itu belum menyebut sanksi apa yang bakal dijatuhi untuk Indonesia.

    Namun, jika mendapat sanksi, bisa dibilang ini bukanlah yang pertama kali sepak bola Indonesia dijatuhi sanksi.

    Pada 2015, Indonesia juga pernah mendapat sanksi karena campur tangan pemerintah kepada PSSI. Saat menjalani sanksi, sepak bola Indonesia vakum dari dunia internasional.

    Advertisement
    BACA JUGA: Terkait Transaksi 300 Triliun, Politisi Demokrat Sentil Mahfud MD

    Timnas Indonesia tak bisa berkompetisi di level internasional. Tidak hanya sepak bola, tapi juga beberapa cabang olahraga yang bernaung di PSSI, seperti futsal, sepak bola putri, dan sepak bola pantai juga terkena imbasnya.

    Kini, PSSI sedang menunggu sanksi apa yang akan dijatuhkan oleh federasi sepak bola dunia itu. Pengurus PSSI juga sedang melakukan pendekatan kepada federasi sepak bola dunia usai dicabut status tuan rumahnya. (IndoJurnal/Gerry Putra)

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending