Connect with us

    Politik

    Ini 7 Pilihan Obat Jerawat Alami yang Efektif dan Aman Dipakai

    Published

    on

    Obat Jerawat Alami

    IndoJurnal – Meskipun tidak mengancam jiwa, jerawat dapat mengganggu kepercayaan diri dan kesehatan kulit. Untungnya, ada berbagai obat jerawat alami yang dapat membantu kamu.

    Karena alami, beberapa bahan ini tentunya aman dan kecil kemungkinannya untuk menyebabkan efek samping merugikan. Terutama jika kamu gunakan dengan benar.

    Apa saja obat jerawat alami yang bisa mengatasi masalah kulit ini? Yuk cek rekomendasinya!

    Berbagai Pilihan Obat Jerawat Alami

    Untuk mengatasi jerawat, kamu tidak perlu selalu mengandalkan produk-produk kecantikan mahal. Ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami dan efektif. 

    Berikut ini beberapa obat jerawat alami yang bisa kamu coba di rumah:

    Advertisement

    1. Tea Tree Oil

    Tea tree oil telah lama terkenal sebagai cara alami dan cepat menghilangkan jerawat. Minyak ini sering digunakan dalam produk kecantikan penghilang jerawat karena memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan yang efektif. 

    Namun, perlu kamu perhatikan bahwa penggunaan tea tree oil harus kamu lakukan dengan hati-hati. Karena beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti iritasi kulit. 

    Kamu dapat mencoba membuat masker alami penghilang jerawat dengan mencampur sedikit tea tree oil dengan minyak pelarut seperti minyak zaitun, minyak jojoba, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

    2. Lidah Buaya

    Gel lidah buaya juga merupakan obat jerawat alami berkat kandungan asam salisilat dan sulfur di dalamnya. 

    Cara menggunakannya cukup mudah, kamu bisa mengambil gel lidah buaya langsung dari tanamannya, dan mengoleskannya pada area wajah yang sudah dibersihkan. 

    Advertisement

    Alternatifnya, kamu dapat menggunakan gel lidah buaya yang ada di pasaran, pastikan untuk memilih yang kandungannya 100%. 

    Kamu juga dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan bahan alami lain seperti kunyit dan teh hijau untuk mengendalikan produksi minyak dan kulit yang sensitif.

    BACA JUGA :  Mengenal dan Memahami Fungsi Chipset di Dunia Teknologi

    3. Madu

    Madu adalah bahan alami lain yang efektif dalam menghilangkan jerawat. Bahan ini mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran di wajah dan mencegah penyumbatan pori-pori. 

    Selain itu, obat jerawat alami ini bersifat antibakteri dan memiliki kemampuan untuk membantu penyembuhan luka. 

    Kamu dapat mengoleskan madu langsung ke kulit menggunakan kapas steril atau mencampurnya dengan kunyit sebagai masker untuk jerawat dan bekasnya. 

    Advertisement

    4. Air Perasan Lemon

    Air perasan lemon mengandung asam sitrat yang efektif dalam menghilangkan jerawat. 

    Kamu dapat menggunakannya dengan merendam kapas steril dalam perasan air jeruk lemon dan mengusapkannya pada area kulit yang berjerawat. 

    Namun, perlu kamu ingat bahwa air lemon dapat menyebabkan iritasi pada kulit, jadi jika kamu merasa perih, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

    5. Teh Hijau

    Manfaat teh hijau untuk kulit berasal dari antioksidan polifenol bernama katekin. Teh hijau membantu menghilangkan kotoran dan bahan yang dapat merusak sel kulit, termasuk jerawat. 

    Kamu dapat mengonsumsi teh hijau sebagai obat jerawat alami, atau menggunakannya sebagai produk kecantikan. 

    Advertisement
    Obat Jerawat Alami

    Ilustrasi teh hijau. (Freepik)

    6. Putih Telur

    Putih telur bisa digunakan untuk mengencangkan kulit dan mengurangi minyak, mencegah penyumbatan pori-pori, serta meredakan peradangan akibat jerawat. 

    Cukup oleskan putih telur ke area kulit yang berjerawat, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. 

    7. Cuka Apel

    Cuka apel adalah obat jerawat alami, karena mengandung asam sitrat yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit yang memiliki bekas jerawat. 

    Kamu dapat mencampur cuka apel dengan air, membersihkan wajah terlebih dahulu, dan mengoleskan campuran ini ke kulit. 

    BACA JUGA :  Mudah, Begini Cara Gadai BPKB Mobil BCA dan Persyaratannya

    Pastikan untuk memperhatikan reaksi kulit kamu, karena cuka apel bisa menyebabkan iritasi pada beberapa orang.

    Tips Tambahan untuk Mengatasi Jerawat

    Selain menggunakan obat jerawat alami yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu kamu mengatasi jerawat secara efektif:

    – Jaga Kebersihan Wajah

    Cuci wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan atau setelah berolahraga. Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

    Advertisement

    – Hindari Memencet Jerawat

    Meskipun terasa menggoda, hindari untuk memencet jerawat. Hal ini dapat memicu terjadinya infeksi dan bekas jerawat yang sulit hilang.

    – Gunakan Pelembap

    Pastikan kamu menggunakan pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Pelembap membantu menjaga kulit tetap sehat.

    – Minum Air Putih

    Konsumsi cukup air putih setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit kamu dari dalam.

    – Jaga Pola Makan Sehat

    Makan makanan bergizi dan hindari makanan berlemak serta berminyak. Konsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran.

    – Hindari Stres

    Stres dapat memicu jerawat. Cobalah teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.

    Advertisement

    Itulah beberapa obat jerawat alami dan tips tambahan yang bisa kamu ikuti. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, kamu dapat mengatasi jerawat secara efektif tanpa harus mengandalkan produk kimia. 

    Namun, ingatlah bahwa setiap kulit berbeda, jadi penting untuk selalu memperhatikan reaksi kulit kamu. Jika jerawat kamu tidak kunjung membaik atau ada masalah kulit lainnya, konsultasikan dengan dokter kulit, ya!

    Baca berita IndoJurnal di Google News

    Trending