Connect with us

    Politik

    Jelang Piala Dunia U-17, Jakpro Optimalkan Perawatan Rumput JIS

    Published

    on

    Perawatan Rumput JIS

    IndoJurnal – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berupaya menyempurnakan Jakarta International Stadium (JIS) dengan menerapkan metode perawatan rumput yang optimal di lapangan utama menjelang gelaran internasional Piala Dunia U-17 yang rencananya akan berlangsung pada 10 November – 2 Desember mendatang.

    JIS akan menjadi arena utama Piala Dunia U-17 di mana akan menjadi tempat dua grup berlaga, termasuk sebagai kandang Timnas U-17 Indonesia.

    Proses perawatan rumput di stadion utama yang sedang berjalan saat ini memiliki beberapa tahapan yang di antaranya adalah penggulungan rumput yang dilakukan secara manual untuk menjaga keutuhan akar, dipindahkan ke lokasi nursery (pembibitan rumput), dan kemudian proses perawatan yang berlangsung di lokasi pembibitan.

    “Proses penggantian rumput ini ke depannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, ada yang dua kali sehari atau tiga kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut,” ucap Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin pada Kamis (31/8/2023).

    Iwan mengatakan ke depannya akan ada lebih dari satu nursery. Hal ini digunakan sebagai sarana pendukung apabila sewaktu-waktu rumput utama dipindahkan dan agar memastikan rumput pengganti sesuai yang direkomendasikan oleh FIFA.

    Advertisement

    Proses perawatan rumput lapangan JIS dilakukan supaya rumput bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna. Selain itu, proses perawatan ini juga berfungsi untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak karena intensitas tinggi dari pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 akhir tahun nanti.

    BACA JUGA :  Hadapi Myanmar di SEA Games, Pasukan Timnas Indonesia U-22 Tebar Optimisme

    “Proses perawatan yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumput-rumput yang mengalami stres karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita perawatan di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan pemulihan dan tumbuh normal kembali,” jelas Iwan.

    Selain bertempat di JIS, turnamen dunia antar pesepak bola muda itu juga akan digelar tiga tempat lainnya yaitu Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

    BACA JUGAMelaju ke Babak 16 Besar, Rehan/Lisa Tantang Peringkat 1 Dunia

    Piala Dunia U-17 Berjalan Sesuai Target

    Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan segala persiapan terkait pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Indonesia berjalan sesuai target.

    Erick menjelaskan persiapan kini terfokus pada penambahan lapangan latihan dan fasilitas stadion, khususnya di Jawa Barat, Jakarta, dan Solo.

    Advertisement

    “Untuk di (kota) Solo sendiri memang kita ada tambahan beberapa lapangan latihan karena di sana juga akan digunakan untuk pertandingan final, semifinal, dan babak delapan besar,” kata Erick Thohir.

    BACA JUGA :  Tradisi Tahun Baru di Seluruh Dunia, Bersama Rayakan Harapan

    Selain Solo, Jawa Barat dan Jakarta juga menambah lapangan latihan untuk peserta Piala Dunia U-17. Di Jakarta, lapangan latihan yang dipersiapkan sebagai lokasi tambahan adalah Stadion Sumantri Brojonegoro dan Lapangan Banteng.

    Erick pun mengajak seluruh pihak tak berpolemik soal segala proses perbaikan terkait Piala Dunia U-17. Menurutnya saat ini bukan waktunya untuk berdebat melainkan bekerja sama demi kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

    “Saya belum cek lapangan mengenai pembangunan akses dari JIS ke Ancol untuk penyeberangan parkir. Tapi saya mohon kerja samanya, saat ini bukan waktunya kita berpolemik,” kata Erick.

    “Yang penting kita sebagai tuan rumah harus mempersiapkan ini dengan baik. Dan saya memohon maaf kalau dipikir sebelumnya saya mengada-ngada, saya tidak mengada-ngada. Saya justru ingin supaya kita menjadi tuan rumah yang baik,” lanjutnya.

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending