Connect with us

    Berita

    Johny G Plate, Politisi Nasdem di Kabinet Indonesia Maju

    Published

    on

    Johnny G Plate

    IndoJurnal, Jakarta – Johnny G Plate adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dalam Kabinet Indonesia Maju.

    Kabinet Indonesia Maju dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Beliau dilantik pada 23 Oktober 2019. Ia menggantikan Rudiantara yang sebelumnya menjabat sebagai menkominfo.

    Sebelum menjadi menteri, Johnny G Plate merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem. Pria asal Ruteng, Nusa Tenggara Timur, ini juga sempat menjabat sebagai sekretaris jenderal di Nasdem.

    Menjabat sebagai menkominfo, Johny G Plate, mengambil sejumlah langkah strategis. Mulai dari mendorong percepatan pembangunan infrastruktur digital, seperti pembangunan Palapa Ring, dan Program 100.000 Desa Digital.

    BACA JUGA: Viral di Media Sosial, Yuk Kenalan sama Aplikasi Sound of Text?
    Kebijakan Perlindungan Data

    Johnny G Plate juga mengeluarkan kebijakan untuk melindungi data pribadi warga negara Indonesia dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Kominfo No. 20/2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

    Advertisement

    Kemudian ia juga mengembangkan ekosistem start-up dan teknologi informasi di Indonesia melalui Program NextICorn yang bertujuan mempercepat pertumbuhan start-up di Indonesia.

    BACA JUGA :  Tanggapi Pernyataan Anies Baswedan, Dede Budhyarto: Capres Bela Koruptor?

    Selain itu Johny juga mengembangkan program Pengembangan Talenta Digital Indonesia (PTDI) yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi.

    Ketika masih menjabat sebagai legislator, Johny menjabat sebagai wakil ketua Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, olahraga, pariwisata, dan kebudayaan.

    Johny G Plate tercatat sebagai salah satu inisiator pembentukan Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

    BACA JUGA: Mau Lapor Pajak? Ini Cara Cek Nomor Pokok Wajib Pajak
    Kasus Korupsi Pengadaan Tower

    Dalam beberapa bulan terakhir, nama Menkominfo Johny G Plate sedang menjadi sorotan. Namanya terus dikaitkan dengan kasus dugaan korupsi pengadaan tower base transceiver station (BTS).

    Advertisement

    Namun hingga kini, Kejaksaan Agung masih belum menentukan status dari Johny. Rencananya kelanjutan kasus ini baru akan diekspos setelah Hari Raya Idul Fitri.

    BACA JUGA :  Jusuf Kalla Nilai Anies Baswedan Punya Rekam Jejak yang Baik

    Sebelumnya pada bulan Februari 2020, Johny juga menjadi sorotan media setelah meminta agar penyedia layanan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menutup akun-akun yang dinilai provokatif dan hoax.

    Permintaan tersebut kemudian direspon oleh beberapa pihak. Banyak yang menilai hal tersebut sebagai tindakan yang dapat mengancam kebebasan berekspresi dan hak asasi manusia.

    BACA JUGA: Xiaomi Redmi Note 10, Fitur Menarik dengan Harga Menengah

    Selain itu, pada bulan Maret 2021, Johnny G Plate juga mengeluarkan peraturan yang melarang penyiaran iklan rokok di media sosial dan internet.

    Namun, kebijakan ini juga menuai kontroversi karena beberapa pihak menilai bahwa larangan ini dapat berdampak negatif pada sektor usaha dan lapangan pekerjaan di industri rokok.

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending