Connect with us

    Berita

    Jokowi Respon Santai Tuduhan SBY Soal Cawe-Cawe Pilpres 2024

    Published

    on

    Presiden Jokowi

    IndoJurnal – Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menerbitkan buku berjudul ‘Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi’.

    Dalam buku itu, SBY mengaku khawatir Jokowi melakukan abuse of power dan penggunaan fasilitas negara untuk memenangkan salah satu kandidat pada pemilu 2024 nanti.

    Menanggapi buku SBY itu, Jokowi pun meresponnya dengan santai dan penuh senyum.

    “Saya kira sudah berulang kali saya sampaikan, bahwa penyelenggara pemilihan umum itu adalah KPU,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, (3/7/2023)

    Mengenai tuduhan itu, Jokowi mengaku sudah meminta agar TNI/Polri serta PNS untuk bersikap netral pada pemilu 2024 ananti.

    Advertisement

    “Jadi saya rasa tak ada yang perlu dikhawatirkan dari pelaksanaan Pemilu 2024,” ujarnya.

    Sebelumnya, pada 18 Juni 2023, SBY menerbitkan artikel yang berisi 5 poin informasi mengenai Pilpres 2024 dan cawe-cawe Presiden Jokowi.

    BACA JUGA :  Pasha Ungu Berharap Prabowo Temui Organisasi Sayap Koalisi

    Dalam artikelnya, SBY mengaku mendapatkan informasi bahwa Jokowi akan cawe-cawe dalam Pilpres 2024 serta berkehendak bahwa pasangan capres-cawapres hanya ada dua.

    Selain itu, SBY turut mendapatkan informasi bahwa Jokowi tidak suka dengan bakal capres Anies Baswedan dan tidak ingin Anies maju nyapres.

    Dalam artikelnya, SBY juga mendapatkan informasi bahwa Jokowi akan memberikan endorsement terhadap sosok tertentu untuk jadi capres-cawapres.

    Advertisement

    Pada akhir artikel, SBY menyampaikan sejumlah disclaimer. Dia menjelaskan, narasi yang dibangun dalam artikel ini berdasarkan percakapan di ruang publik dan informasi dari berbagai sumber terpercaya.

    Kendati demikian, SBY menyebut informan tersebut meminta agar identitasnya sementara ini tidak dibuka.

    Sumber: Tempo

    Trending