Connect with us

    Berita

    Kehidupan Misterius di Palung Marina, Laut Terdalam di Dunia

    Published

    on

    Laut terdalam di dunia. (Steemit)

    IndoJurnal – Semua pasti ingin mengetahui di manakah laut terdalam di dunia berada? Apalagi laut, di balik keindahannya, menyimpan banyak misteri yang belum diketahui.

    Bicara laut terdalam, mungkin dari kita masih menerka-nerka. Tidak jarang pula orang menyebut segitiga bermuda yang menjadi laut terdalam.

    Namun dirangkum dari berbagai sumber, laut terdalam ada di Palung Mariana. Tempat itulah yang merupakan laut terdalam di dunia.

    Ya, laut terdalam di dunia adalah Palung Mariana, yang terletak di lepas pantai Guam dan dikenal sebagai titik terdalam di Bumi.

    Palung Mariana memiliki kedalaman maksimum sekitar 11 kilometer di bawah permukaan laut. Wilayah ini memiliki tekanan yang sangat tinggi dan suhu yang rendah, sehingga sulit untuk melakukan eksplorasi di dalamnya.

    Advertisement

    Meskipun demikian, ilmuwan telah menemukan kehidupan unik yang dapat bertahan hidup di kondisi ekstrem di dasar Palung Mariana.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Sosok Tepat untuk Ganjar dan Prabowo, Ini Alasannya!

    Palung Mariana tempat yang ekstrem

    Palung ini memiliki kedalaman maksimum sekitar 11 kilometer di bawah permukaan laut dan merupakan salah satu tempat paling ekstrim di Bumi.

    Wilayah ini terkenal karena tekanan yang sangat tinggi, suhu yang rendah, dan kegelapan total di kedalaman dasarnya.

    Palung Mariana terbentuk oleh lempeng tektonik yang saling bertabrakan, yang memaksa kerak bumi turun dan membentuk palung dalam di dasar laut.

    Kondisi yang ekstrem di palung ini membuatnya menjadi tempat yang menarik bagi ilmuwan dan penjelajah untuk melakukan penelitian dan eksplorasi.

    Advertisement

    Meskipun kondisinya sulit bagi kehidupan, ilmuwan telah menemukan organisme unik yang dapat bertahan hidup di lingkungan Palung Mariana.

    Organisme ini memiliki adaptasi khusus untuk bertahan hidup dalam tekanan yang sangat tinggi, suhu yang rendah, dan kurangnya cahaya matahari di dasar laut.

    BACA JUGA :  Kebelet Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Telantarkan BUMN

    Palung Mariana juga merupakan tempat yang menarik bagi penjelajah dan penggemar diving, meskipun hanya para ahli dan pelaut berpengalaman yang dapat melakukan penyelaman ke dalam palung ini.

    BACA JUGA: Gerindra Terus Menanjak, NasDem Terancam Gagal ke Senayan

    Hewan hidup di laut terdalam Palung Mariana

    Meski menjadi tempat yang ekstrem, namun ada beberapa hewan yang mampu bertahan di laut terdalam Mariana.

    Para ilmuwan telah menemukan beberapa organisme unik yang dapat bertahan hidup di kedalaman dan tekanan yang sangat tinggi di dalamnya.

    Advertisement

    Beberapa hewan yang hidup di Palung Mariana antara lain:

    1. Cacing Palung Mariana

    Hewan ini adalah organisme multiseluler yang hidup di dasar Palung Mariana dan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam tekanan yang sangat tinggi dan kurangnya cahaya.

    Cacing ini memiliki panjang hingga 2,5 meter dan mampu menghasilkan panas untuk bertahan hidup di lingkungan yang sangat dingin.

    2. Udang Pistol Palung Mariana

    Udang ini merupakan udang yang relatif kecil, namun memiliki kemampuan untuk menembakkan suara yang sangat keras untuk melumpuhkan mangsa atau untuk melarikan diri dari predator.

    Udang pistol Palung Mariana hidup di kedalaman yang sangat dalam dan bertahan hidup dalam tekanan yang sangat tinggi.

    Advertisement
    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno
    3. Ikan Dumbo

    Ikan ini mendapatkan namanya dari telinga besar yang mirip dengan telinga Dumbo, seekor gajah dari film animasi Disney.

    Ikan dumbo hidup di kedalaman yang sangat dalam dan memakan sisa-sisa organisme yang mati di dasar laut.

    4. Anemon Kolam Api

    Ini adalah anemon laut yang hidup di sekitar palung dengan kondisi ekstrem. Mereka hidup di dalam lingkaran gas vulkanik dan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan yang sangat beracun.

    BACA JUGA :  Langkah Skincare Basic untuk Pemula, Ini Tipsnya Untuk Kulitmu
    5. Kepiting Palung Mariana

    Kepiting ini hidup di lingkungan Palung Mariana yang dingin dan gelap. Mereka memiliki cakar yang kuat dan beradaptasi dengan sangat baik dalam tekanan yang sangat tinggi di kedalaman palung.

    Kehidupan yang menarik di Palung Marina

    Organisme-organisme ini memberikan contoh kehidupan yang sangat menarik dan unik di lingkungan yang ekstrem di Palung Mariana.

    Advertisement

    Meskipun sangat sulit untuk mengeksplorasi lingkungan ini, studi dan penelitian yang terus berlanjut akan memberikan wawasan baru tentang kehidupan di Bumi dan adaptasi organisme dalam menghadapi kondisi yang ekstrem.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending