Connect with us

    Berita

    Kenali, Gentamicin Salep Mujarab untuk Infeksi Kulit Akibat Bakteri

    Published

    on

    Gentamicin Salep Kulit

    IndoJurnal – Salah satu penyebab infeksi yang terjadi pada kulit adalah bakteri. Masalah kesehatan ini dapat menimbulkan penyakit kulit seperti, bisul, impetigo, selulitis, dan kusta.

    Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan obat Gentamicin Salep Kulit.

    Seseorang yang mengalami infeksi kulit akibat bakteri dapat menunjukkan gejala yang beragam dengan intensitas yang ringan hingga berat.

    Misalnya, bisul memiliki gejala kulit yang bengkak dan memerah, biasanya terjadi pada wajah, leher, dan paha. 

    Selain itu, benjolan bisul akan terasa nyeri jika tersentuh, dapat pecah dan mengeluarkan nanah, dan bisa muncul sendiri atau juga berkelompok.

    Advertisement

    Tanpa penanganan, kondisi ini tentu dapat membuat aktivitas terganggu. 

    Gentamicin Salep Kulit untuk Infeksi Kulit karena Bakteri

    Gentamicin salep kulit merupakan antibiotik berbentuk salep yang bermanfaat untuk mengobati infeksi pada kulit yang terjadi karena bakteri.

    Obat ini bekerja dengan cara mengganggu proses produksi protein yang dibutuhkan bakteri untuk membangun dinding sel. 

    Dengan begitu, dinding sel bakteri akan rusak dan bakteri pun akan mati. Gentamicin salep kulit mengandung Gentamicin sulfate 0.1% dan termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter.

    Obat ini tersedia dalam kemasan tube 5 miligram, dengan harga kisaran harga Rp15 ribuan.

    Advertisement

    Aturan Pakai

    Obat ini membantu mengatasi infeksi kulit akibat bakteri, seperti bisul, impetigo, selulitis, dan kusta. Penggunaanya juga cukup mudah dengan cara mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi.

    Bisa untuk orang dewasa dan anak dengan mengikuti petunjuk dokter.

    Perhatikan bahwa kamu harus menjaga kebersihan ketika menggunakan obat ini. Cucilah tangan sebelum menggunakan obat, lalu bersihkan dan keringkan area kulit yang terinfeksi obat.

    BACA JUGA :  Sabun untuk Penyakit Scabies, Ini Pilihan Produknya untuk Kamu

    Selanjutnya, oleskan Gentamicin salep kulit secara merata dan tipis pada kulit yang terinfeksi. 

    Hindari menggunakan obat ini jika kamu memiliki alergi terhadap gentamicin, atau obat golongan aminoglikosida lain. Jika ada luka sayat, lecet, atau terbuka pada area kulit yang terinfeksi, tanyakan pada dokter.

    Advertisement

    Perhatikan pula penggunaannya pada ibu hamil, terlebih pada dosis besar atau pemakaian lebih lama. 

    Gentamicin Salep Kulit

    Produk Gentamicin.

    Dosis Penggunaan

    Oleskan obat Gentamicin salep kulit dengan dosis sebanyak 3 sampai 4 kali sehari hingga area kulit yang terinfeksi sepenuhnya sembuh.

    Dosis ini juga bisa kamu sesuaikan dengan petunjuk dokter, baik penambahan maupun penurunan pemakaian. 

    Penggunaan obat yang tidak sesuai dengan aturan pemakaian dan resep dokter dapat berujung pada efek samping yang serius.

    Selain itu, penggunaan obat juga memiliki dosis yang tidak sama untuk jenis penyakit kulit yang memerlukan penanganan. Baik itu bisul, selulitis, maupun kusta. 

    Setelah itu, area yang terinfeksi atau sakit bisa kamu tutup dengan menggunakan perban.

    Advertisement

    Namun, perhatikan bahwa obat ini tidak bisa untuk pemakaian penyakit kulit yang terjadi karena infeksi jamur maupun virus. 

    Interaksi Gentamicin Salep Kulit terhadap Obat Lain

    Interaksi dapat terjadi ketika pemakaian obat bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat tersebut.

    Akan sangat penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang kamu pakai atau konsumsi, bila perlu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat Gentamicin.

    BACA JUGA :  Prestasi dan Hidup Penuh Keprihatinan Kurnia Meiga

    Kamu juga perlu menghindari mengoleskan Gentamicin salep kulit bersamaan dengan produk perawatan kulit maupun obat oles lainnya, kecuali jika sudah mendapatkan persetujuan dari dokter.

    Jangan lupa, tanyakan pula pada dokter apabila kamu sedang menggunakan produk atau suplemen herbal guna menghindari terjadinya interaksi obat.

    Efek samping Gentamicin Salep Kulit

    Pemakaian obat pada umumnya memiliki efek samping tertentu dan tergantung pada masing-masing orang.

    Advertisement

    Efek samping yang bisa terjadi pada kulit yang mendapatkan penanganan dengan Gentamicin salep kulit adalah iritasi yang bersifat sementara. 

    Biasanya, kondisi ini muncul dengan gejala berupa kulit kemerahan dan gatal, serta kemerahan. Segeralah hubungi dokter jika efek samping tersebut tidak membaik atau justru semakin parah.

    Selain itu, penggunaan obat antibiotik topikal dalam jangka panjang seperti ini juga dapat menyebabkan jamur atau bakteri yang kebal tumbuh berlebihan atau bersifat resisten. Jadi, perhatikan aturan pakai yang sudah dianjurkan oleh dokter.

    Infeksi akibat bakteri pada kulit dapat kamu atasi dengan menggunakan Gentamicin salep kulit. Meski begitu, jangan abaikan aturan dan petunjuk penggunaan dari dokter guna mengurangi efek samping yang mungkin terjadi.

    Terlebih karena obat ini masuk dalam kelompok salep obat keras yang dapat memicu munculnya komplikasi jika salah pakai.  

    Advertisement

    Perhatikan pula bahwa obat ini juga merupakan kelompok obat antibiotik. Jika tidak sesuai penggunaannya dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi antibiotik.

    Konsultasikan dengan dokter dalam penggunaannya dan segeralah lakukan pemeriksaan jika terjadi efek samping yang tidak kunjung membaik setelah menggunakan obat. 

    Baca berita IndoJurnal di Google News

    Trending