Connect with us

    Politik

    Kenapa Kulit Susah Putih? Ini Dia Sederetan Faktor Penyebabnya

    Published

    on

    Kulit Susah Putih

    IndoJurnal – Kulit cerah dan putih sering kali menjadi standar kecantikan yang diidamkan oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang memiliki kulit yang secara alami cerah, dan banyak yang bertanya-tanya, “Kenapa kulit susah putih?”

    Simak artikel ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi warna kulit dan memberikan tips perawatan untuk mencapai kulit yang lebih cerah.

    Faktor-faktor yang Memengaruhi Warna Kulit

    Faktor genetika, paparan matahari dalam aktivitas sehari-hari, perubahan hormon pada tubuh, serta penuaan, berpotensi membuat kulit susah putih. Berikut ini penjelasannya.

    1. Genetika

    Genetika memainkan peran besar dalam menentukan warna kulit seseorang. Setiap individu memiliki tingkat melanin yang berbeda dalam kulit mereka.

    Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, dan semakin banyak melanin yang dimiliki seseorang, semakin gelap warna kulitnya.

    Advertisement

    Jadi, jika orang tuamu memiliki kulit yang cenderung gelap, kamu mungkin juga memiliki kulit yang serupa.

    2. Paparan Matahari

    Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Sinar UV dapat merangsang produksi melanin dalam kulit sebagai mekanisme perlindungan alami terhadap sinar UV yang merusak.

    Oleh karena itu, jika kamu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, kulitmu akan cenderung lebih gelap.

    3. Perubahan Hormon

    Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi, dapat memengaruhi warna kulit.

    Beberapa orang memiliki kondisi hiperpigmentasi, yang membuat kulit menjadi lebih gelap, sementara yang lain mengalami hipopigmentasi, yang membuat kulit lebih terang.

    Advertisement

    4. Penuaan

    Proses penuaan alami juga dapat memengaruhi warna kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin dalam kulit cenderung berkurang, yang dapat membuat kulit tampak lebih terang.

    BACA JUGA :  Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit, Ini 9 Resepnya Buat Kamu

    Namun, penuaan juga dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik penuaan atau kerutan yang dapat memengaruhi penampilan kulit.

    5. Penggunaan Produk Tertentu

    Paparan zat kimia dalam produk perawatan kulit tertentu, seperti pemutih kulit yang mengandung bahan kimia seperti hydroquinone, dapat mengubah warna kulit.

    Penggunaan produk ini tanpa pengawasan medis yang tepat dapat mengakibatkan perubahan warna kulit yang tidak sehat.

    Tips Perawatan untuk Kulit Lebih Cerah

    Menjadikan kulit lebih putih dan cerah tak melulu harus melalui tindakan medis. Ada beberapa langkah sederhana berikut ini yang bisa kamu coba. Namun tentu saja, untuk keamanan penggunaan skincare, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.

    1. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

    Salah satu langkah terpenting dalam mencapai kulit yang lebih cerah adalah melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari.

    Advertisement

    Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi setiap hari, bahkan saat cuaca mendung, dan kenakan pakaian yang melindungi kulitmu dari sinar UV. Hindari paparan berlebihan dan jangan lupa memakai topi.

    BACA JUGA :  Sunscreen untuk Kulit Kering, Ini 5 Rekomendasinya Buat Kamu

    2. Perawatan Kulit Rutin

    Rutinitas perawatan kulit yang baik dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, asam kojic, atau asam glikolat, yang dapat membantu mencerahkan kulit.

    Konsultasikan dengan seorang ahli dermatologi untuk produk yang sesuai dengan jenis kulitmu.

    3. Diet Sehat

    Asupan makanan juga dapat memengaruhi warna kulit. Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran segar. Air putih juga sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

    4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

    Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak kulit dan membuatnya lebih gelap. Maka, hindari kedua kebiasaan ini jika kamu ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat.

    Advertisement

    5. Konsultasikan dengan Ahli Kecantikan

    Jika kamu memiliki masalah kulit yang kompleks atau memerlukan perawatan khusus, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang ahli kecantikan atau dermatologis.

    Para ahli ini dapat memberikan saran dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

    Jadi, meskipun ada faktor-faktor yang memengaruhi warna kulit yang tidak dapat diubah seperti genetika, masih ada banyak cara untuk merawat kulitmu dan mencapai kulit yang lebih cerah dan sehat.

    Apabila diperlukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News
    Advertisement

    Trending