Connect with us

    Politik

    Mahfud MD Pilihan Brilian dari Koalisi Pengusung Ganjar Pranowo

    Published

    on

    Mahfud MD

    IndoJurnal – Analis politik, Mikhael Raja Muda Bataona, mengatakan, pilihan terhadap Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo oleh Megawati dan pimpinan parpol koalisi ini brilian, mengejutkan dan berkelas sebab langsung mengubah peta politik Pilpres secara keseluruhan.

    “Pilihan ini langsung mengubah peta politik Pilpres secara keseluruhan karena Mafhud ini seorang magnet elektoral supra wilayah,” kata Bataona di Kupang, NTT pada Rabu (18/10/2023).

    Supra wilayah karena Mahfud adalah tokoh politik yang tidak hanya disukai oleh pemilih tradisional Jawa dan NU, tapi juga semua lapisan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia,” lanjutnya.

    Bataona yang juga pengajar ilmu komunikasi politik dan teori kritis pada FISIP Universitas Wira Mandira itu mengemukakan pandangannya berkaitan dengan sosok Mahfud Md yang dipilih untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

    Menurut dia, Mahfud Md adalah sosok yang diterima oleh segmen pemilih multi kultur, multi etnis, dan multi ideologi.

    Advertisement

    “Inilah kelebihan sosok Mafhud sehingga menurut saya, pilihan terhadap Mafhud adalah guncangan politik yang cukup berhasil menaikkan peringkat pemberitaan Ganjar hari ini,” katanya.

    Ia menambahkan Mafhud sejak lama diapresiasi banyak kalangan karena keberanian dan keberpihakannya pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

    Ia berani dan lugas dalam membela kepentingan negara, dan dalam berbagai persoalan sosial, hukum, dan politik, Mahfud sering memberi terobosan yang membantu masyarakat kecil. Inilah kelebihannya.

    Mafhud juga seorang tokoh yang menjadi besar karena proses alamia dari bawah, bukan hasil karbitan.

    BACA JUGA :  Banyak Orang Batak Jadi Pengacara, Ini Ternyata Alasannya

    “Sehingga dalam bacaan saya, publik rupanya melihat track record Mafhud ini yaitu karakter, kepribadian dan keberpihakannya adalah pembeda. Itulah yang menghantar Mahfud terus diapresiasi menjadi seorang tokoh politik berintergitas di republik ini,” katanya.

    Advertisement

    Karena itu, pilihan Megawati dan para Ketum Parpol koalisi ini disambut positif dan langsung menjadi tranding topik di media sosial karena kelebihan Mahfud ini.

    Sosoknya memang selama ini diapresiasi di arus bawah sehingga saat diumumkan, langsung menjadi tranding topik karena disukai. Di media sosial dan ruang-ruang publik virtual, pilihan Megawati ini diapresiasi karena mereflekasikan harapan masyarakat.

    Bukan harapan elit. Hal ini bisa dilihat dari reaksi masyarakat setelah pengumuman pagi jam 10 tadi di mana nama Mafhud dan Ganjar langsung menjadi tranding topik.

    “Tentu saja majunya Mahfud akan membuat kubu Prabowo berhitung ulang dengan cermat tentang siapa sosok cawapres yang paling pas untuk mengimbangi Prabowo,” katanya.

    Mahfud MD Dianggap ‘Pendekar’ Hukum dan Pembela Wong Cilik

    Sebelumnya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan Mahfud MD merupakan sosok intelektual dan berpengalaman dalam mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024.

    BACA JUGA :  Thomas Doll Ungkap Dirinya Tinggalkan Persija

    “Sosok intelektual mumpuni karena pengetahuan di bidang hukum dan sangat cocok serta penuh pengalaman,” kata Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta pada Rabu (18/10/2023).

    Advertisement

    Ia mengatakan Mahfud merupakan sosok pengalaman yang lengkap di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Menurut dia, Mahfud merupakan ‘pendekar’ hukum dan pembela rakyat kecil atau wong cilik.

    “Saya bilang ke beliau, hukum ini jangan semuanya pada bungkam. Ya untuk apa ada aturan kalau semua diam,” katanya.

    Sebelumnya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

    “Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta pada Rabu (17/10/2023).

    Pengumuman Mahfud sebagai bacawapres tersebut dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

    Advertisement

    Para ketum tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hari Tanoesoedibjo.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending