Connect with us

    Berita

    Mateus Pato Hengkang, Ini 4 Kandidat Top Skor Liga 1 Indonesia

    Published

    on

    Top Skor Liga 1

    IndoJurnal – Bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 ditandai dengan laga pembuka antara Bali United vs PSS Sleman di Stadion I Waya Dipta, Gianyar pada Sabtu (1/7/2023).

    Duel itu  juga menjadi tanda dimulainya kembali persaingan di kalangan para pemain. Mereka harus menunjukan penampilan terbaik saat membela klub masing-masing demi mencetak banyak gol dan menjadi top skor di musim 2023/2024.

    Memasuki pekan keempat Liga 1 2023/2024 persaingan memang belum terasa begitu tajam. Sejumlah klub bahkan masih berusaha menemukan bentuk permainan terbaiknya demi tampil konsisten di sepanjang musim.

    Tapi dengan adanya format baru di musim 2023/2024, semua pemain dari 18 tim yang tampil punya kesempatan sama besar untuk mengumpulkan pundi-pundi gol.

    Apalagi dalam format baru akan ada 34 pekan reguler yang ditambah babak play-off untuk menentukan gelar juara. Ada beberapa nama yang diprediksi bakal meramaikan persaingan top skor musim 2023/2024.

    Advertisement

    Kandidat top skor Liga 1 Indonesia

    1. David da Silva

    Pemain Persib Bandung ini menjadi nama yang patut diwaspadai oleh pemain lain dalam persaingan top skor musim 2023/2024. Sejak menginjakkan kaki di Indonesia pada 2018 lalu, Da Silva langganan masuk jajaran lima besar pencetak gol terbanyak.

    Sayangnya Da Silva masih belum beruntung untuk membawa pulang sepatu emas dari kompetisi kasta tertinggi Tanah Air musim lalu. Meski demikian, ambisi besarnya untuk gelar tersebut bisa jadi dibuktikan pada musim ini.

    Pasalnya, Mateus Pato yang jadi pesaing di musim 2022/2023 resmi meninggalkan Borneo FC demi bergabung ke klub China, Shandong Taishan FC.

    Pada musim 2022/2023 David da Silva dan Matteus Pato bersaing ketat dalam perburuan top skor, tapi trofi sepatu emas justru didapat Pato yang unggul satu gol.

    Sementara Da Silva di musim lalu harus puas menempati posisi runner up dengan total 24 gol.

    Advertisement
    David Da Silva

    Striker Persib Bandung, David da Silva.

    2. Marko Simic

    Marko Simic yang kembali reuni dengan mantan timnya, Persija Jakarta, juga jadi kandidat. Simic sendiri merupakan pemain yang menyabet gelar top skor di Liga 2018/2019 dengan koleksi 28 gol.

    Meski sempat satu tahun menganggur, tapi ketajaman pemain berpaspor Kroasia itu tak bisa disangsikan. Terbukti saat kembali memperkuat Macan Kemayoran duet mautnya dengan Riko Simanjuntak masih berjalan baik.

    Tuah kehadiran Simic bagi Persija langsung terasa di pekan ke-3 saat menghadapi Bhayangkara FC. Pemain 35 tahun itu mencetak gol pertama di musim ini yang sekaligus menjadi gol ke-100 nya untuk tim Ibu Kota.

    3. Ramadhan Sananta

    Ramadhan Sananta yang membela Persis Solo juga muncul dalam jajaran calon top skor musim 2023/2024. Sananta merupakan striker muda yang juga berstatus pemain lokal, tapi ketajamannya di lapangan bisa timbul sebagai ancaman.

    Musim lalu Sananta yang masih berseragam PSM Makassar dengan catatan 11 gol. Sananta sejatinya bukan pemain yang mencolok bagi Juku Eja karena mereka juga memiliki Fernando Rodriguez yang jadi andalan lini serang.

    Tapi pemain 20 tahun ini kemudian sukses mencuri perhatian setelah berhasil menghantarkan timnas meraih medali emas di SEA Games 2023.

    Advertisement

    Performa Sananta mulai diperhitungkan dan digadang-gadang jadi kandidat kuat top skor musim ini dengan status pemain lokal.

    Baca Juga: JIS Tidak Standar FIFA, Buro Happold: Tak Sesuai Panduan Kami!

    4. Bruno Soares

    Calon top skor Liga 1 2023/2024 selanjutnya adalah Brono Soares dari Persebaya Surabaya. Ia kembali setelah sempat meninggalkan tim pada 1 Juli 2022 untuk bergabung dengan klub Yunani, Niki Volou.

    Kehadiran Soares menjadi angin segar bagi Bajul Ijo, performanya juga terbukti tajam saat dipercaya tampil di pekan pertama Liga 1 2023/2024.

    Dalam laga kontra Persis Solo, Soares mencetak dua gol untuk kemenangan 3-2 timnya dan kini ada di posisi ketiga dengan koleksi tiga gol.

    Sumber: Berbagai Sumber

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending