Connect with us

    NEWS

    Megawati Disebut Percaya Klenik, Sekjen PDIP Bantah Ade Armando

    Published

    on

    Megawati Disebut Percaya Klenik

    IndoJurnal, Jakarta – Dalam sebuah program di Cokro TV, akademisi Ade Armando, sempat menyebut kalau Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, percaya klenik sehingga menolak Israel di Piala Dunia U-20 2023.

    Pernyataan itu langsung mendapatkan bantahan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Menurutnya pernyataan yang dilontarkan oleh Ade itu tidak rasional.

    “Jadi tidak ada klenik. Saya menilai sikap Bung Ade yang biasanya mengajak berpikir rasional, kok justru terkesan tidak rasional?” ungkap Hasto melalui siaran pers pada Rabu (4/4/2023).

    Hasto menyebut alasan PDI Perjuangan menolak keikut sertaan Israel di Piala Dunia U-20 karena faktor ideologi, konstitusi, sejarah, hukum internasional dan kemanusiaan.

    BACA JUGA: Aplikasi Satu Sehat, Cek Kesehatan dalam Satu Layanan

    “Sikap para kader PDI Perjuangan menolak Israel itu berdasarkan pemahaman terhadap pemikiran Bung Karno. Hasilnya enam alasan penolakan, yakni ideologi, konstitusi, sejarah, hukum internasional dan kemanusiaan universal, serta kekuasaan sayap kanan Israel,” terangnya.

    Advertisement

    “Kami juga berdiskusi dengan gubernur Lemhannas dan beberapa pakar hubungan internasional. Lalu dilakukan lobi sebanyak tiga putaran di tahun 2022 hingga 2023,” kata Hasto.

    Jadi apa yang disampaikan Ade soal Megawati percaya klenik itu sama sekali tidak benar. Hasto menerangkan kalau penolakan ini sudah dipertimbangkan sejak lama.

    BACA JUGA: Sejarah THR, Bentuk Apresiasi Pengusaha terhadap Pekerja
    Sikap Tegas Ganjar Pranowo

    Sikap dari PDI Perjuangan kemudian diikuti oleh para elit partai berlambang banteng tersebut. Termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang ikut menolak kedatangan timnas Israel.

    “Kami sepakat kami punya pemikiran yg sama dan kami harus ber-statement bersama,” ucap Ganjar ketika ditanya apakah sikapnya karena arahan dari partai.

    “Saya tidak pernah betemu ibu Mega pada soal ini. Tapi rasa-rasanya saya lihat dari media dan bagaimana sekjen juga menyampaikan saya kira kita punya persamaan keputusan dan pemikiran soal ini,” ungkap Ganjar.

    Advertisement
    BACA JUGA: Cara Melihat Kata Sandi Email dari Laptop dan Ponsel

    Sama seperti Hasto, Ganjar juga menyebut pertimbangan ini sudah dibahas sejak Israel memastikan lolos ke Piala Dunia U-20. Politisi dari PDI Perjuangan itu kemudian berharap PSSI bisa melakukan lobi-lobi dengan FIFA.

    “Maka dalam pernyataan itu sebagai kader partai saya menyampaikan cerita bagaimana kesejarahannya. Bagaimana potensi-potensi yang kemudian mungkin akan merugikan kita. Maka kami dorong agar U-20 bisa berjalan dan terselenggara tanpa Israel,” lanjutnya.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending