Connect with us

    Berita

    Membaca Hubungan Ganjar Pranowo dengan Presiden Jokowi

    Published

    on

    Hubungan Ganjar Pranowo dengan Jokowi

    IndoJurnal – Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan mentor dari sisi pemerintah dan sosok yang membuka banyak akses kepada dirinya.

    Dia mengaku sering berdiskusi bagaimana pembangunan Indonesia yang sudah dilakukan di masa pemerintahan Presiden Jokowi, harus dilanjutkan di pemerintahan berikutnya.

    “Maka tugas saya kalau amanat yang diberikan, tentu kita harus membereskan. Dan Pak Jokowi memberikan ‘clue-clue’ itu, dalam banyak hal saya selalu berkonsultasi dengan Pak Jokowi,” kata Ganjar pada Minggu (28/5/2023).

    Ganjar dalam beberapa safari politiknya ke berbagai wilayah di Sulawesi, Sumatera, dan Banten, banyak menyampaikan terkait visinya dalam mengembangkan pembangunan yang sudah dimulai Presiden Jokowi.

    Dia mengaku bahwa Presiden Jokowi memberikan semacam “grand design” pembangunan yang sudah ada, dan “roadmap” menuju titik tujuan pembangunan.

    Advertisement

    Ganjar mengatakan banyak menyampaikan pertanyaan kepada Presiden Jokowi dan seringkali pertanyaan disampaikan melalui Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi.

    “Karena beberapa pekan yang lalu saya juga sempat ngobrol berdua dengan beliau, dan beliau sampaikan banyak hal tentang pembangunan, kenapa beliau ‘keukeuh’ soal hilirisasi,” ujarnya.

    Karena itu menurut dia, menjadi tugasnya adalah menuntaskan sampai pada konsep industrialisasi sehingga hilirisasi tidak akan berhenti di tengah jalan namun dituntaskan.

    Ganjar mengatakan Presiden Jokowi juga membicarakan soal infrastruktur yang dibangun di masa pemerintahannya.

    “Beliau sampaikan dengan catatan yang sangat luar biasa, maka saya menangkap itu ‘oh berarti tugas saya adalah menambah atau memanfaatkan secara fungsional nilai tambah itu’,” katanya.

    Advertisement

    Gubernur Jawa Tengah itu menilai infrastruktur itu tidak hanya berhenti pada “output” menjadi jalan, jembatan, dan pelabuhan namun ada nilai-nilai di dalamnya.

    BACA JUGA :  Ganjar Pranowo Rebound, PDI Perjuangan Bakar Semangat Juang
    Baca Juga: Bukan AHY, Pengamat Sebut 3 Cawapres Ideal untuk Anies Baswedan

    Selain itu menurut dia, diskusi berlanjut apakah itu masuk dalam satu sistem jaringan sampai pada pusat-pusat industri, pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di level provinsi, di level kabupaten/kota, dan banyak sektor.

    “Bahkan saya minta ‘pak presiden setelah G20, setelah Asean, dan kemarin ke G7 ya, kira-kira dunia seperti apa’, lalu beliau ceritakan satu persatu plus aktor-aktornya. Presiden ini seperti apa, presiden itu seperti apa, saya beruntung aja, karena beliau (Jokowi) membuka akses yang luar biasa, dan ‘so far’ beliau selalu jadi mentor saya konteks pembangunan itu,” ujarnya.

    Ganjar menilai posisi Jokowi sebagai mentor, sama seperti posisi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Dia mengaku menemui Megawati untuk berkonsultasi dari sisi ideologi kepartaian, sementara Jokowi dari sisi pemerintahan.

    Baca Juga: Hadapi Palestina dan Argentina, Shin Tae-yong Panggil 26 Pemain

    Relawan Jokowi Mania Berubah Menjadi Prabowo Mania 08

    Di sisi lain, tim relawan pendukung Joko Widodo selama Pemilihan Presiden pada tahun 2014 dan 2019 bernama Jokowi Mania, kini bertransformasi menjadi Prabowo Mania 08 yang mendukung pencapresan Prabowo Subianto di 2024.

    Advertisement

    Prabowo Mania 08 Kabupaten Bogor dideklarasikan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan dipimpin oleh Ketua Umum DPP Jokowi Mania (kini DPP Prabowo Mania 08) Immanuel Ebenezer.

    “Jadi hari ini tugas kita Prabowo Mania, coba di benak kita 2024 yang menang adalah Pak Prabowo, kita tularkan kepada semua orang,” kata Immanuel.

    Ia meminta kepada pengurus Prabowo Mania 08 yang baru dilantik untuk menularkan dukungan terhadap Prabowo Subianto mulai dari keluarga, tetangga, hingga rekan kantor.

    Baca Juga: 7 Lagu Melow BLACKPINK yang Bisa Membuatmu Galau

    “Ini menjadi sinergi dan semangat baru dan kemudian tidak akan lama lagi pendukung Jokowi yang militan itu akan hijrah untuk mendukung Pak Prabowo juga,” ujarnya.

    BACA JUGA :  Ini Kondisi yang Bikin Batal Puasa Saat Ramadan, Apa Saja Ya?

    Immanuel meyakini Prabowo sebagai sosok berintegritas dengan latar belakang jenderal TNI.

    Advertisement

    “Pak Prabowo tidak ada lagi yang kiranya secara manusia, soal harta beliau sudah cukup, soal jabatan juga sudah selesai, manusia ini, Pak Prabowo ini adalah manusia yang sudah selesai dengan hidupnya,” tutur Immanuel.

    Membaca hubungan Ganjar Pranowo dengan Presiden Jokowi memang tak mudah. Banyak juga relawan Jokowi yang malah bergeser untuk mendukung Prabowo.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending