Connect with us

    NEWS

    Menteri Luhut Turun Tangan! Siapkan 5 Cara Atasi Polusi Udara

    Published

    on

    Polusi Udara

    IndoJurnal – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan semakin gencar dalam penanganan polusi udara di kawasan Jabodetabek. Ia pun menyampaikan arahan sebagai tindak lanjut terhadap instruksi Presiden Joko Widodo.

    Melalui rapat ‘Upaya Peningkatan Kualitas Udara Kawasan Jabodetabek’ lintas kementerian/lembaga (K/L) serta Pemda DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten lintas kementerian/lembaga (K/L) serta Pemda DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten di kantornya, berikut ini arahan yang disampaikan Luhut.

    Arahan Luhut Binsar untuk Atasi Polusi Udara

    Kepada Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menhub Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Jawa Barat Ridwan Kamil, ini sederet strategi yang disampaikan Luhut.

    1. Modifikasi Cuaca

    Luhut menyebut dampak polusi udara bisa saja jarang dirasakan secara langsung. “Namun akan terasa jangka panjang, menyebabkan penurunan kualitas kesehatan masyarakat, kualitas hidup, hingga meningkatkan beban kas negara,” kata Luhut, Jumat (18/8/2023).

    Sebagai penanganan awal, Luhut mengatakan modifikasi cuaca penting untuk dilakukan. Tujuannya, untuk membasahi serta meminimalisir polutan udara.

    Advertisement

    2. Pengurangan PLTU Batu Bara

    Luhut mengungkapkan, jumlah PLTU batu bara akan dikurangi sebagai bentuk pengendalian emisi. Selain itu, uji emisi kendaraan akan semakin digencarkan dalam waktu dekat.

    3. Pengaturan Ulang Jam Kerja

    Saat ini, kata Luhut, pemerintah akan menyampaikan kepada seluruh perusahaan di wilayah Jabodetabek untuk membagi jam kerja. Dengan demikian, tingkat kemacetan dan polutan yang dihasilkan akibat aktivitas lalu-lintas, bisa dikurangi.

    4. Pemakaian Transportasi Publik

    Sebagai upaya lain, pemerintah terus mendorong penggunaan transportasi publik di jam sibuk. Rencananya, akan ada insentif bagi pengguna transportasi umum, agar beralih dari pemakaian kendaraan pribadi.

    5. Percepatan Elektrifikasi Kendaraan

    Luhut menyebut, saat ini pemerintah juga mendukung kemajuan kendaraan listrik, disertai pengawasan komprehensif. Ia pun mengungkapkan bahwa setiap kebijakan memerlulkan pengawasan dan kontribusi masyarakat.

    BACA JUGA: Kalau Didukung, Luhut Binsar Siap Jadi Ketum Golkar

    Luhut Binsar dan Puan Maharani Lakukan Pertemuan

    Pada kesempatan terpisah, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani baru-baru ini terlihat bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Momen tersebut diunggah Puan melalui akun Instagram miliknya, @puanmaharaniri.

    Advertisement

    “Senang bisa lihat Opung @luhut.pandjaitan tersenyum bahagia…,” tulis Puan dalam unggahan tersebut, Sabtu (19/8/2023).

    Dalam foto tersebut, Puan terlihat mengenakan kemeja kasual bernuansa hitam dan putih. Sementara itu, Luhut memakai polo shirt berwarna hitam dipadu jeans berwarna biru gelap.

    Netizen pun memberikan berbagai komentar. “Spill dong Bu Puan, sebenernya apa yang lagi dibicarakan dengan Opung Luhut.. kita penasaran nih,” kata pemilik akun @raqhu***.

    Pemilik akun @suciwatiabdul*** juga penasaran dan menduga-duga. “Wah sepertinya Bu Puan dan Pak Luhut sedang bertukar pikiran dan berbagi pengalaman,” tulis pemilik akun tersebut.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending