Connect with us

    Politik

    Nonton K-Pop ke Korsel Pakai Visa On Arrival, Mulai Kapan?

    Published

    on

    Korea Selatan

    IndoJurnal, Seoul – Kabar baik bagi pecinta musik Korea Selatan (Korsel) atau K-Pop, pasalnya pemerintah Indonesia sedang berupaya untuk mengajukan kebijakan visa on arrival.

    Permintaan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, saat bertemu Wakil Perdana Menteri Korsel yang juga merupakan Menteri Keuangan, Choo Kyung-Ho, di Seoul pada Kamis (23/3/2023).

    “Dalam hal ini kami ingin membahas kemungkinan Korea untuk mempertimbangkan Visa on Arrival bagi WNI (Warga Negara Indonesia) yang berpergian dengan paspor elektronik,” ujar Luhut dikutip dari Antara.

    BACA JUGA: Debut Solo Jisoo Blackpink Pecahkan Rekor Pre-Order Tertinggi

    Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Korsel dinilai Luhut sudah berjalan dengan baik. Kedua negara sudah menjalin persahabatan selama 50 tahun.

    Advertisement

    Dengan adanya Visa on Arrival tentu akan memberikan kemudahan bagi wisatawan Indonesia dan juga wisatawan Korsel. Apalagi sebelumnya Indonesia dan Jepang juga sudah memberlakukan kebijakan Visa on Arrival.

    BACA JUGA :  Golkar Persiapkan Putri Akbar Tanjung Jadi Penerus Gibran Rakabuming

    BACA JUGA: 6 Manfaat Kurma, Si Hitam Manis yang Menyehatkan

    Budaya K-Pop dan Drama Korea

    Menurut data yang dirilis oleh Korea Tourism Organization (KTO), pada tahun 2019. Ada sekitar 276.242 wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi Negeri Ginseng. Sebuah angka kunjungan yang tinggi.

    Namun angka itu sempat mengalami penurunan di tahun 2020 karena dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Kunjungan wisatawan Indonesia ke Korsel turun sekitar 70 persen atau hanya mencapai 82.108 wisatawan.

    BACA JUGA: Sedih! Israel Larang Warga Palestina Ibadah di Masjid Al-Aqsa

    Advertisement

    Kini setelah pandemi Covid-19 berakhir, KTO terus berupaya mempromosikan pariwisata Korsel ke masyarakat Indonesia. Budaya K-Pop dan drama Korea menjadi daya tarik bagi wisatawan Indonesia untuk mengunjungi Korsel.

    Banyak dari pecinta K-Pop asal Indonesia yang ingin datang ke Korsel untuk bertemu dengan idolanya. Ataupun mereka ingin sekedar mengikuti tren yang sedang terjadi di Korsel.

    BACA JUGA :  Kenapa Kulit Susah Putih? Kenali Faktor dan Tips Perawatannya!

    Lain lagi dengan pecinta drama Korea, alasan mereka mengunjungi Korsel salah satunya karena ingin melihat lokasi syuting idolanya. Datang ke tempat ikonik di drama Korea tentu menjadi impian mereka. (IndoJurnal/Vitalis Yogi Trisna)

    Trending