Connect with us

    Liburan

    Pantai Sawarna, Si Cantik Berjuluk ‘Hidden Paradise Banten’

    Published

    on

    Pantai Sawarna

    IndoJurnal – Pantai Sawarna merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan asal Jabodetabek yang ingin menikmati suasana pantai.

    Sebab, pantai yang dijuluki ‘Hidden Paradise Banten’ ini terletak tidak jauh dari ibu kota. Jaraknya hanya berkisar 200 kilometer di sebelah barat Jakarta.

    Meski dikenal dengan nama Pantai Sawarna Jakarta, sebenarnya pantai ini tidak terletak di Jakarta.

    Melainkan berada di wilayah Kabupaten Lebak, Banten tepatnya di Jalan Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Bayah, Lebak, Banten. Keindahan Pantai Sawarna pun tidak kalah dari pantai-pantai lainnya.

    Sawarna menawarkan kombinasi sempurna antara sinar matahari, pasir yang halus serta air laut yang segar.

    Advertisement

    Selain itu, Sawarna juga memiliki berbagai daya tarik wisata lainnya mulai dari goa, air terjun dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dicoba. Berikut penjelasannya!

    Daya Tarik Pantai Sawarna

    Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik Sawarna diantara:

    1. Terdapat 7 Pantai

    Sawarna memiliki delapan pantai yang berlokasi di daerah sekitar Desa Sawarna diantaranya Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir (Pasir Putih), Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Beureum, Pantai Goa Langir, Pantai Karang Bokor dan Pantai Pulo Manuk.

    Masing-masing pantai punya pemandangan yang memukau.

    2. Terdapat 5 Goa

    Selain pantai yang asri, Sawarna juga punya destinasi wisata goa yang menembus tebing. Ada sekitar lima goa yang terdapat di kawasan Sawarna. Goa itu adalah Goa Langir, Goa Seribu Candi, Goa Kanekes, Goa Harta Karun dan Goa Lalay.

    Advertisement

    Di mana, keempat goa yakni Goa Langir, Goa Seribu Candi, Goa Kanekes dan Goa Harta Karun berada di satu kawasan di sekitar Pantai Goa Langir.

    Lokasi goa-goa itu tepat di bawah tanjakan Cariang. Sementara Goa Lalay terletak di Kp. Cipanas Desa Sawarna.

    3. Wisata Menarik Lain

    Di sekitar Sawarna juga terdapat objek wisata menarik lainnya, seperti Air Terjun Cimarinjung dan Tanjung Layar.

    Kedua lokasi itu merupakan ikon pantai ini. Air Terjun Cimarinjung memiliki kolam yang bisa dipakai untuk berenang atau berendam.

    Sedangkan Tanjung Layar merupakan tebing batu kapur yang mirip dengan layar kapal yang menjulang di tepi pantai. Di mana, lokasi Tanjung Layar memberikan pemandangan yang spektakuler bagi para pengunjung.

    Advertisement
    Pantai Sawarna

    Suasana keindahan karang yang ada di Pantai Sawarna.

    4. Berbagai Aktivitas

    Selain berenang, tracking goa dan menikmati indahnya sunsrise dan sunset, Sawarna juga kerap dipakai untuk aktivitas surfing atau berselancar.

    Ombak yang tinggi di Sawarna menjadi daya tarik bagi para peselancar yang ingin mencoba olahraga pantai.

    Selain itu, Sawarna juga menawarkan wisata adat tradisional serta lingkungan pedesaan yang masih kental. Di mana, penggunjung bisa merasakan Indah dan rukunnya suasana desa, mulai dari sawah yang terhampar, saung-saung tradisional serta melihat aktivitas para petani.

    BACA JUGA: Gunung Slamet, Keindahan dan Keunikan yang Penuh Sejarah

    Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

    Dikutip dari situs resminya, harga tiket masuk lokasi Pantai Sawarna sebesar Rp5.000 per orang. Namun harga tersebut di luar tarif parkir kendaraan pengunjung.

    Umunya, tarif parkir yang dikenakan berkisar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sawarna Jakarta dibuka selama 24 jam. Jadi, pengunjung bisa dengan bebas untuk datang kapan saja.

    Untuk pengunjung yang tidak puas satu hari main di Sawarna, tersedia penginapan dan tempat makan yang bisa dapat memfasilitasi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana.

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending