Connect with us

    Politik

    Penjajakan Koalisi PAN dan PDI Perjuangan, Bagaimana Hasilnya?

    Published

    on

    Koalisi PAN dan PDI Perjuangan

    IndoJurnal – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), mengatakan akan ada pertemuan lanjutan dengan PDI Perjuangan sebagai tindak lanjut dari pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, pada Jumat (2/6/2023), untuk bersilaturahmi dan membahas penjajakan kerja sama koalisi.

    “Dan kami akan melakukan pertemuan-pertemuan lanjutan,” kata Zulhas usai pertemuan dengan PDI Perjuangan dilangsungkan.

    Zulhas menyebut akan melakukan melakukan diskusi di internal partainya untuk membicarakan pembahasan PAN dengan PDI Perjuangan pada hari ini.

    “Karena ini baru pertemuan pertama, tentu nanti akan kami diskusikan di PAN,” ucapnya.

    Dia menyebut bahwa pertemuan PAN dengan PDIP kali ini merupakan pertemuan pertama kali, usai dua tahun pandemi COVID-19 melanda.

    Advertisement

    “Ini baru pertama kali resmi ketemu seperti ini. Oleh karena itu, banyak hal yang kami diskusikan, saling pengertian, saling memahami satu dan yang lain karena baru pertama kali,” ujarnya

    Baca Juga: Kota Ende, Saksi Perjuangan Bung Karno dan Lahirnya Pancasila

    Dia mengatakan bahwa pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan jajarannya mendiskusikan banyak hal.

    BACA JUGA :  PPP: Dana Abadi Pesantren Bukan Program Baru Pemerintah

    “Kami sangat panjang berdiskusi tentu terkait berbagai hal yang mengenai kebangsaan kita, dan tentu juga tujuan pokok hari ini adalah tentang kontestasi Pilpres 2024 mendatang,” kata Menteri Perdagangan itu.

    Zulhas juga menyinggung kedekatan PAN dengan PDI Perjuangan, sehingga membuat jalannya diskusi kedua partai menjadi penuh kekeluargaan dan persahabatan.

    “Mbak Mega itu dengan PAN baik sekali, teman-teman media mungkin enggak tahu, bahwa kami ini sering dibantu dengan Mbak Mega, dan juga Puan dengan kami sebetulnya punya ikatan. Dia dari daerah yang sama, jadi dekat sebetulnya juga. Oleh karena itu, PDIP dan PAN itu tidak jauh, dekat,” kata dia.

    Advertisement
    Baca Juga: 5 Idol K-Pop Hiatus tapi Keluar dari Grup, Siapa Saja Mereka?

    Kode dari Ganjar Pranowo

    Sebelumnya, Kamis (1/6/2023), Ganjar Pranowo mengatakan segara mengumumkan partai politik (parpol) pendukung baru yang akan mengusung dirinya untuk Pilpres 2024.

    BACA JUGA :  Politisi PDIP Apresiasi Pertamina Terkait Penanganan Kebakaran Plumpang

    “Soal partai yang mengusung, partainya yang mana, kami tunggu dalam dua hari ini akan mendapatkan beritanya,” kata Ganjar dalam konferensi pers di Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan Ganjar Presiden 2024, Jakarta Pusat.

    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan

    Sementara pada Rabu (31/5/2023), Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, mengatakan arah dukungan partainya ialah mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo sebagai bakal capres serta Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden.

    Yandri pun menyebut keputusan terkait penentuan arah dukungan yang akan diberikan PAN pada Pilpres 2024 itu akan diumumkan dalam waktu dekat.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News
    Advertisement

    Trending