Connect with us

    Berita

    Penting, Kenali 7 Konsep dan Manfaat Belajar Matematika Dasar

    Published

    on

    Matematika Dasar

    IndoJurnal – Matematika dasar adalah ilmu yang penting dipelajari. Pasalnya hal itu menjadi modal awal sebelum mempelajari cabang ilmu lain seperti fisika, ekonomi, akuntansi, manajemen, biologi hingga kedokteran serta teknologi dan informasi.

    Bahkan menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim mempelajari matematika dapat membantu masa depan seseorang saat bekerja, apapun profesinya.

    Oleh karena tak mengherankan bila ilmu matematika sudah mulai diajarkan SD. Bahkan sejumlah orang tua telah mengenalkannya sejak anak masih berusia dini atau duduk di bangku TK.

    Sebenarnya apa saja sih, konsep matematika dasar yang perlu dipelajari dan apa manfaatnya? Simak jawabannya lewat ulasan berikut ya!

    Konsep matematika dasar

    Berikut beberapa konsep matematika dasar yang perlu kamu pelajari:

    Advertisement

    1. Bilangan

    Bilangan merupakan salah satu konsep dalam matematika dasar. Hal ini mencakup bilangan bulat atau positif dan negatif, pecahan, desimal serta irasional seperti akar kuadrat.

    2. Operasi matematika

    Matematika dasar yang satu ini meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Lewat operasi ini, kamu bisa melakukan penghitungan dasar.

    3. Persamaan dan pertidaksamaan

    Ada sejumlah tanda yang dilibatkan dalam konsep matematika dasar ini. Misal persamaan (=), pertidaksamaan bisa menggunakan tanda lebih besar dari (>), lebih kecil dari (<), lebih besar dari sama dengan (≥) dan lebih kecil dari sama dengan (≤).

    Matematika Dasar

    Ilustrasi anak yang belajar matematika. (Freepik)

    4. Geometri dasar

    Geometri dasar mencakup konsep seperti titik, garis, sudut, segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, dan sejenisnya. Kamu akan mempelajari sifat dan hubungan antara objek tiap geometri tersebut.

    5. Pengukuran

    Pengukuran melibatkan konsep panjang, luas, volume, berat, waktu, dan lain-lain. Nantinya yang dipelajari tentang satuan pengukuran, konversi satuan, dan cara mengukur berbagai objek.

    6. Rasio, proporsi dan persentase

    Rasio menggambarkan hubungan antara dua kuantitas. Kemudian proporsi adalah memperbandingan antara beberapa kuantitas.

    Advertisement

    Sedangkan persentase adalah bagian dari seratus. Nantinya ketiga konsep dalam matematika dasar itu akan dipakai untuk memecahkan masalah atau soal.

    7. Statistik dasar

    Statistik dasar mengenai pengumpulan, penyajian dan interpretasi data. Dalam hal ini, konsep yang dipelajari adalah rata-rata, median, modus, rentang dan diagram batang.

    Baca Juga: Butuh Rekomendasi Universitas Islam di Jakarta? Ini Pilihannya

    Manfaat mempelajari matematika dasar

    Ada berbagai manfaat bila kita mempelajari ilmu matematika, berikut uraiannya:

    1. Mengembangkan logika

    Bila kita berbicara tentang ilmu matematika, artinya pemikiran yang dipakai logis. Pasalnya segala sesuatu diukur menurut perhitungan yang tepat.

    Berkat logika berpikirnya bagus, maka keputusan yang diambil pun akan matang. Efek lainnya adalah tidak akan mudah terpengaruh informasi palsu.

    Advertisement

    2. Terbiasa berhitung

    Kebiasaan berhitung baik dilatih sejak kecil. Sebab kebiasaan ini membuat seseorang bisa berhitung dengan cepat dan tepat.

    3. Teliti, sabar dan cermat

    Matematika kerap kali dianggap sebagai pelajaran sulit. Pasalnya soal disajikan  dalam bentuk cerita panjang dan rumit.

    Sehingga dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam menyelesaikan soal tersebut. Apalagi rumus dan jawabannya salah, otomatis perlu menghitung ulang dari awal.

    4. Membuat kesimpulan secara deduktif

    Salah satu soft skill yang perlu dimiliki, namun tidak pernah disadari adalah berpikiran secara objektif. Nah, mempelajari matematika dasar menjadi salah satu cara melatih otak agar mampu melihat suatu persoalan secara objektif.

    5. Berpikir sistematis

    Menjawab soal matematika harus dilakukan secara perlahan-lahan. Terlebih jika rumus yang digunakan lebih dari satu.

    Advertisement

    Dengan rutin mempelajarinya, otak seseorang secara otomatis akan diajak untuk berpikir secara sistematis atau teratur. Pola pikir itu, dapat membuat kamu lebih mudah saat mengatur sesuatu.

    Sumber: Edumaster, Detik.com

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending