Connect with us

    Politik

    Penting, Ketahui 4 Tips Diet Ibu Menyusui yang Aman dan Sehat

    Published

    on

    Tips Diet Ibu Menyusui

    Indojurnal – Setelah melahirkan sebagian besar wanita mengalami perubahan bentuk tubuh yang signifikan. Hal itu membuat para ibu menyusui, berpikir untuk menjalani diet agar kembali ke berat badan idealnya.

    Namun apakah bisa menjalani diet saat sedang memberikan ASI eksklusif?

    Sebelum menjalaninya, ibu menyusui sebaiknya mengetahui aturan diet sehat dan aman. Simak pembahasan selengkapnya sekaligus tips diet ibu menyusui disini.

    Apakah bisa diet saat menyusui?

    Ibu menyusui boleh melakukan diet, kok. Hanya saja di masa ini, diet yang dijalani tidak boleh ekstrim.

    Pasalnya ibu menyusui perlu nutrisi yang cukup demi menunjang produksi ASI. Apalagi menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asupan kalori yang dibutuhkan ibu menyusui lebih banyak ketimbang saat hamil.

    Advertisement

    Maka itu diet yang dipilih haruslah sehat dan seimbang. Bila khawatir salah memilih cara diet yang tepat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi.

    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru

    Apa dampak diet ekstrim saat menyusui?

    Hindarilah diet ekstrim atau drastis saat sedang menyusui. Sebab akan menimbulkan dampak negatif bagi ibu dan bayi.

    BACA JUGA :  Gelar Kongres III, NasDem Akan Undang Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto

    Berikut beberapa dampak yang mungkin terjadi:

    1. Produksi ASI menurun
    • Melakukan diet ekstrim saat menyusui bisa mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi sehingga produksi ASI menurun. Hal itu akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi.
    2. Risiko infeksi tinggi
    • Ibu menyusui yang menjalani diet ekstrim berisiko terkena infeksi lebih tinggi, seperti flu dan demam. Alhasil infeksi ini bisa saja ditularkan ke bayi.
    3. Kekurangan energi
    • Sang ibu bisa merasa kelelahan dan tidak bersemangat saat merawat bayi. Padahal bayi baru lahir perlu perawatan dan menyusu secara intens.
    4. Risiko gangguan makan
    • Diet ekstrim ternyata bisa meningkatkan risiko gangguan makan  seperti anoreksia atau bulimia. Kondisi ini berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik ibu menyusui.
    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!

    Apa tips diet ibu menyusui yang aman?

    Menyusui sebenarnya juga dapat membantu penurunan berat badan. Pasalnya menyusui juga dapat membakar kalori dalam tubuh.

    Akan tetapi agar diet berjalan semakin maksimal dan aman ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Berikut beberapa tips diet ibu menyusui:

    BACA JUGA :  5 Rekomendasi Aplikasi Stiker WA Terbaik Biar Chat Makin Seru
    1. Konsumsi makanan sehat dan seimbang
    • Utamakan konsumsi buah-buahan, sayuran, protein dan karbohidrat kompleks secara seimbang. Dan pastikan asupan yang masuk kaya akan nutrisi.
    2. Konsumsi banyak air
    • Pastikan asupan cairan harian ibu menyusui tercukupi. Tentunya agar tubuh terhidrasi dan produksi ASI tetap tercukupi.
    3. Hindari makanan dan minuman merugikan
    • Makanan berkafein, beralkohol, tinggi gula dan garam akan mempersulit proses penurunan berat badan. Disamping itu, hindari pula makanan pencetus masalah pencernaan atau berisiko menimbulkan alergi pada bayi.
    4. Konsumsi suplemen tambahan
    • Sebagian ibu menyusui menambahkan suplemen dalam asupan hariannya agar nutrisi bayi tercukupi. Bila membutuhkannya lakukan konsultasi terlebih dulu supaya suplemen yang dipilih tepat.
    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Itu tadi beberapa tips diet ibu menyusui yang bisa kamu coba terapkan dirumah. Kalau ragu tunda dulu dietnya, yang penting pilih asupan kaya nutrisi dan fokus mengASIhi bayi.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending